MEMBUAT SENDIRI VOLTMETER MINI DIGITAL SEDERHANA

Bagi orang yg hobi pada dunia elektro, selain solder, salah satu alat yg wajib dimiliki merupakan voltmeter. Sebetulnya voltmeter yg banyak dimiliki di Indonesia ini lebih dari sekedar indera yg hanya bisa mengukur besaran tegangan saja, tetapi sanggup pula mengukur besaran arus dan ohm jua. Sebetulnya sebutan yang lebih tepat buat menyebut voltmeter ini adalah AVO meter. 


Kali ini saya akan mengembangkan sebuah tutorial membuat voltmeter digital dengan avr yg bisa kamu praktekan sendiri pada tempat tinggal . Lalu apa manfaatnya bagi orang yang nir merupakan pehobi elektronika? Kamu mampu memakai rangkaian voltmeter serta amperemeter ini buat sekedar mengecek apakah baterai remot TV yang engkau gunakan masih memiliki tegangan yg akbar apa tidak. Dengan model membuat amperemeter yang saya bagikan kali, bagi engkau yang tidak pernah bersentuhan dengan dunia elektro sekalipun akan bisa mengikutinya.


Saat ini harga voltmeter digital memang sudah lebih terjangkau bagi sebagian orang. Tetapi tetap terasa agak mahal bagi orang yg merasa voltmeter ini bukanlah kebutuhan hobi mereka. Namun menggunakan cara membuat amperemeter sendiri ini kamu nir perlu mengeluarkan uang banyak, sehingga nir akan terasa keberatan untuk menciptakan projek iseng ini hehehe. Pribadi saja ikuti cara membuat rangkaian multimeter digital ini dia.

Tutorial Cara Membuat Rangkaian Multimeter Digital


Pertama-tama ukur dulu akbar menurut baterai dan votlmeter digital pada kayu triplek seperti gambar di bawah ini.

Setelah seluruh dipotong sesuai dengan ukuran dan akbar yang sudah ditemtukan, selanjutnya lekatkan menggunakan memakai lem tembak.


Selanjutnya beri lubang dalam bagian atasnya sinkron menggunakan besar ukuran voltmeter digital serta saklar.

Selanjutnya sambungkan rangkaian kabelnya pada pin yang telah tersedia.

Terakhir buat sebuah konektor pengukur yang terbuat dari kabel tembaga besar .

Sudah siap digunakan buat mengukur tengan baterai atau power supply.



Dengan bentuk yang kecil dan sederhana, voltmeter digital mini DIY protesis sendiri ini bisa dibawa kemana-mana. Selain itu sumber daya yang dipakai sang voltmeter digital kecil DIY protesis sendiri ini adalah baterai kotak 9v yang mana kala habis mampu dengan mudah diganti menggunakan yg baru. Sekian tutorial cara flexi voltmeter kecil digital sederhana. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments