MEMBUAT SENDIRI SOLDER UAP BLOWER

Pada postingan kali ini saya akan berbagai tutorial yang tentunya bermanfaat bagi kamu yg punya hobi elektro. Bagi yg nir memiliki honi elektro pun sebetulnya jua bisa bermanfaat sih, heheh. Kali ini saya mengembangkan tutorial cara membuat solder uap (blower) sederhana. Untuk menciptakan blower uap murah menurut solder biasa ini pula sangat gampang dan nir memerlukan banyak ketika. Selain itu, solder uap atau sanggup juga diklaim menggunakan blower hot air ini lebih panas sehinga cocok buat melepas komponen berdasarkan PCB.


Solder uap buatan sendiri ini cukup efektif dipakai buat melepas komponen misalnya IC dalam papan PCB ketimbang solder biasa. Seitem kerjanya yang menyemburkan udara panas dari ujung solder ini membuatnya diklaim dengan blower. Sehinga poly jua yang menyebutnya sebagai solder irda sederhana. Solder uap ini dibuat dari solder biasa, sebagai akibatnya engkau nir perlu mengeleuarkan uang buat membeli solder uap yg harganya cukup mahal dibanding solder biasa.


Untuk menciptakan solder uap sederhana (blower) ini pun jua sangat gampang, bahan serta alat yg dibutuhkan pula tidak sulit buat dicari, sehingga kamu bisa pribadi mempraktekannya jika engkau mau. Pertama buat menciptakan Sendiri Solder Uap (Blower) ini kamu wajib mempersiapkan bahan dan alatnya terlebih dulu. Seperti solder biasa (kalau sanggup yang gagang menurut kayu), selang infus, kecil air blower, alumunium foil dan kawat serabit serta besi kecil bekas antena.oke, pribadi saja ikuti Tutorial CARA FLEXI Solder Uap (Blower) berikut adalah.

Lepas terlebih dulu mata solder menurut elemen pemanasnya.

Selanjutnya lepas elemen pemenasnya serta lepas pula kabel, nantinya kabel ini akan disambungkan lagi.


Beli lubang pada gagang solder memakai bor yang akan digunakan sebagai pengganti lubang kabel lantaran lubang yang orisinil akan dipakai buat selang.


Siapkan selang infus, kamu sanggup mendapatkannya pada apotek (mungkin :p)

Pasang salah saju ujung selang pada gagang solder seperti ganbar di bawah ini.

Baca lainnya: Membuat Sendiri Lampu Sorot berdasarkan Kaleng Bekas
Pasangkan lagi kabel yg tadi dilepas berdasarkan elemen pemanas, jangan lupa bungkus dengan selotip supaya tidaj terjadi korsleting.


Bungkus besi elemen panas yg memilki poly lubang itu memakai alumunium foil serta ikat memakai kabel serabut.

Hasilnya akan misalnya ini.


Berikutnya siapkan besi antena yg besarnya sesuai dengan mata solder. Besi ini akan bermanfaat sebagai pengganti mata solder yg berfungsi menyemburkan udara panas.


Selanjutnya tingga kamu pasang ujung selang infus yang satunya pada mini blower dan solder siap digunakan. 


Pada tes pertama ini solder uap buatan sendiri menghasilkan panas yg mencapai hampir 300^0C.

Uji coba solder uap sederhana berdasarkan solder biasa untuk melepas komponen nano dalam PCB


Meskipun terbuat dari solder biasa yang berharga murah, solder uap protesis sendiri ini terbukti memiliki kemampuan seperti solder uap orisinil yang dijual menggunakan harga mahal mencapai ratusan ribu. Dengan begini, sanggup jua membuat solder lebih panas lantaran udara panas ditiupkan berdasarkan dalam ke luar melalui besi antena tersebut. Sekian tutorial cara Membuat Sendiri Solder Uap (Blower) ini semoga berguna, terimakasih.

Comments