MEMBUAT SENDIRI PENGUPAS KABEL DARI CATUT GEGEP

Salah satu hal yang seharusnya dimiliki sang seorang yg menggeluti global elektronik adalah memiliki sebuah indera pengupas kabel. Seperti yang sudah diketahui sendiri, kabel adalah keliru satu komponen wajib yg terdapat pada seluruh benda elektronika. Bagi yg nir memiliki pengupas kabel seperti aku sendiri hehe, umumnya menggunakan gunting, cutter, atau korek buat mengupas kabel. Tetapi tentu hal ini buruk lantaran menggunakan cara tersebut biasanya masih ada kabel yg ikut terpotong.


Sebetulnya indera pengupas kabel sudah banyak yang jual juga pada toko-toko elektronika maunpun toko online. Namun tidak terdapat salahnya jika kamu mengkreasikannya sendiri dengan cara membuat indera pengupas kabel sendiri menurut catut atau gegep ini. Gegep atau catut yg biasa digunakan buat mengencangkan kawat bendrat dalam dunia pertukangan batu, kali ini akan kita ubah sebagai sebuah alata yang bermanfaat.


Gegep atau catut ini umumnya akan mengalami penumpulan dalam bagian pencatutnya sebagai akibatnya kadang akan sulit dipakai untuk mengencangkan kawat bendrat. Gegep catut yg bekas yang telah tum[ul ini lah yg akan kita ubah atau kia buat menjadi sebuah indera pengupas kabel sederhana tetapi mempunyai output kupasan yg mengagumkan dan nir membuat isi kabel serabut menjadi putus beberapa helai seperti apabila mengupasnya memakai gunting.

Bahan dan indera buat membuat alat pengupas kabel menurut catut gegep ini sebetulnya nir terlalu sulit dihasilkan, jika kamu mempunyai bengkel las sendiri di rumah wkwkwk. Ya memang dibutuhkan beberapa alat perkakas misalnya mesin las listrik dan mesin gerinda buat membuat pengupas kabel ini. Tapi tidak perkara, sekarang bengkel las atau orang yg mempunyai perkakas misalnya mesin las listrik serta mesin gerinda ini semakin poly, pastinya di sekitarmu juga terdapat, engkau mampu minta tolong padanya hehe.

Cara Membuat Sendiri Pengupas Kabel dari Catut Gegep


Pertama-tama yg perlu dilakukan buat membuat pengupas kabel menurut catut gegep ini adalah beri tanda pada galat satu gigi catut kira-kira sebesar 1cm seperti gambar pada bawah ini.

Selanjutnya dalam garis yg telah dibuat, pangkas menggunakan mesin gerinda.

Hasilnya akan misalnya ini.

Lubang dalam gigi catut tersebut akan dipakai buat loka pipa besi mini sebagai tempat masuknya kabel nantinya. Berikutnya ukur pipa besi kecil tadi pada catut serta pangkas kira-kira sepanjang 2cm.


Potong menggunakan mesin gerinda.

Berikutnya kita perlu memberi rabat belahan sempurna pada tengah pipa menjadi masuknya gigi catut. Lebih jelasnya engkau akan memahami pada tahap berikutny nanti. Sekarang beri garis dulu seperti gambar pada bawah ini.


Potong menggunakan mesin gerinda akan tetapi jangan sampai putus, hanya setengahnya saja seperti gambar pada bawah ini.


Berikutnya las pipa besi mini tadi dalam gigi catut yg sudah dilubangi tadi.

Asah gigi catut yg nir dilubangi memakai gerinda agar kabel mudah terkelupas.

Hasilnya setelah jadi akan seperti gambar di bawah ini.

Cara memakai alat pengupas kabel dari catut buatan sendiri ini pun jua gampang, tinggal tambahkan kabel pada pipa, rapatkan, dan...


...tarik kabelnya, secara otomatis nanti akan terkelupas dengan rapi. Keren kan?? :-D

Perlu diperhatikan kalau kamu benar-benar ingin membuat alat pengupas kabel menurut catut gegep ini di rumah, kamu harus di bawah pengawasan ahli atau profesional seperti tukang las yang tentunya kegiatan las-mengelas dan gerinda-menggerinda merupakan kegiatannnya sehari-hari. Ingat, selalu waspada dan utamakan keselamatan. Sekian tutorial cara flexi pengupas kabel dari catut gegep sederhana ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments