MEMBUAT SENDIRI LASER POINTER DARI KOREK DAN DVD PLAYER BEKAS

Seiring menggunakan semakin berkembangnya zaman, selain CD serta DVD yang tergeser fungsi serta kebutuhannya sang teknologi yang lebih maju, ternyata player atau pemutarnya pula telah tidak dibuthkan lagi waktu ini. Beberapa waktu yg kemudian saya perjalanan ke pinggiran kota dan melewati pusat jualan barang bekas, dan aku lihat di sana banyak sekali DVD player atau pun VCD player yang dijual bekas atau rongsokan lantaran telah dibuang oleh pemilik lamanya.


Yah memang hal ini tidak mampu dihindari mengingat memang teknologi pula semakin berkembang yang tentunya peralihan barang atau benda kebutuhan sehari-hari pun pula pastinya berganti. Seperti CD atau pun DVD bekas yang bisa didaur ulang menjadi benda lain yang bermanfaat, DVD player juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain loh. Ini tak hanya DVD player biasa, tetapi jua DVD RW pada PC personal komputer juga dapat didaur ulang sebagai benda bermanfat lainnya.



Dalam teknologi DVD player, masih ada pembaca optik yg bisa membaca data yang disimpan pada kepingan DVD. Pembaca optik ini menggunakn laser kelas 1 yang memiliki kualitas yang bagus. Namun jangan sampai kamu melihat pribadi cahaya yg ditembakkannya, karena bisa berbahaya. Jangankan laser kelas 1, laser atau bahkan lampu senter biasa aja pula berbaha apabila dicermati secara pribadi.

Pembacara optik berdasarkan laser tad dapat kita manfaatkan buat sebagai laser pointer yang sanggup dipakai untuk penunjuk pada saat presentasi. Sebetulnya beberapa ketika kemudian aku jua pernah menunjukkan tutorial mengenai cara menciptakan laser pointer dari USB OTG yang cara kerjanya sama menggunakan tutorial dalam artikel ini. Yang membedakan merupakan sumber listrik yang dipakai kali ini merupakan baterai kancing yang terdapat dalam korek barah yg terdapat senternya.

Cara Membuat Laser Pointer Buatan Sendiri berdasarkan Korek serta DVD Player Bekas Sederhana


Ikuti saja tutorialnya pada bawah ini, gampang kok. Bahan serta indera yg diperlukan juga mudah dihasilkan loh, seperti korek gas yg ada senternya poly dijual pada toko-toko, kemudian sebuah dvd bekas yg kemungkinan akbar seluruh rumah pada Indonesia punya, hehehe, karena memang zaman dulu waktu VCD player masih buming semua orang pada punya hehehe. Oke silakan ikuti tutorial cara menciptakan laser pointer dari korek serta DVD player bekas berikut adalah.

Langkah pertama buat menciptakan laser pointer ini merupakan lepas dulu komponen senter berdasarkan korek seperti gambar pada bawah ini.


Karena yang akan kita gunakan merupakan baterai serta nantinya akan kita pasang balik pada bodi korek apinya, maka perlu kita buang dulu lampu lednya menurut batareinya misalnya gambar pada bawah ini.


Pasang kabel dalam bagian bawah atau bagian negatif dari baterai. Kabel tambahan ini nanti akan berfungsi buat penyambung baterai menggunakan laser dari DVD player nanti.


Dari sebuah DVD player bekas seperti ini, kita bisa mengambil poly sekali komponen serta benda-benada lain yang bisa didaur ulang misalnya laser yang akan kita gunakan kali ini.


Ini lah komponen pembanca optik yg diambil berdasarkan DVD player bekas.
Baca lainnya: Daur Ulang CD Bekas Menjadi Hiasan Kerah Baju

Dari komponen player DVD bekas tadi dapat kita ambil sebuat Laser Diode pointer yang dapat kita manfaatkan menjadi laser pointer misalnya yg akan kita buat kali ini.


Sambungkan pin laser pinter pada baterai senter korek tersebut serta seolptip supaya aman serta rapi.

Pasang pulang dalam bodi korek serta laser pinter protesis sendiri berdasarkan korek barah dan DVD player ini pun sudah jadi serta siap dipakai pada ketika presentasi.


Karena terbuat menurut laser kelas 1, laser pointer ini pula dapat memecahkan balon loh. Caranya tinggal arahkan ke balon serta...


Doorrr,.. Pecah deh.. Tapi jangan lupa sekali lagi, jangan pernah mengarahkannya pada mata siapapun termasuk mata engkau sendiri loh ya...


Sekali lagi saya ingatkan, jangan pernah mengarahkan laser pointer ini pada mata siapapun, lantaran memang bukan hanya laser kelas 1 seperti ini saja yg sanggup berbahaya bagi mata, sorotan berdasarkan lampu senter bahkan lampu rumahan yg ada pada rumah engkau itu pula berbahaya loh jika dipandang secara langsung sang mata, jadi sekali lagi saya ingatkan, hati-hati ya,.. Sekian tutorial cara flexi laser pointer dari korek barah dan DVD player bekas ini, semoga berguna, terimakasih.

Comments