MEMBUAT SENDIRI KABEL OTG DARI USB BIASA

Dengan semakin besarnya kapasitas penyimpanan yang terdapat di smartphone semakin membuatnya menjadi perangkat termutakhir saat ini. Bagaimana tidak, selain kepintaran yang dimiliki smartphone waktu ini yang telah kita lihat serta rasakan, ternyata ada sisi kemanfaatan lain yang mungkin tak terfikirkan oleh kita, yakni smartphone menjadi media penyimpanan data. Seperti yang kita memahami, hampir semua smartphone waktu ini sudah mendukung USB OTG yang sangat besar keuntungannya.

tutorial cara flexi kabel OTG menurut USB biasamudah
(Gambar: youtube.com/watch?V=_Kv5lJKJhDg)

Salah satu manfaat dari OTG selain buat membaca file yang terdapat dalam flashdisk, USB OTG juga mampu digunakan buat mengoperasikan beberapa perangkat lain misalnya buat menyalakan kipas kecil OTG, Laser pointer USB OTG, bahkan digunakan buat menyalakan bor mini USB pun jua sanggup. Nah beberapa alat tadi memakai konektor mocro USB yag langsung colok ke smartphone, kemudian bagaimana dengan perangkat yang memakai konektor USB standart biasa?


Saking canggihnya smartphone, sebetulnya USB dalam smartphone juga mendukung buat perangkat akbar misalnya Hardisk eksternal, printer, bahkan juga dapat digunakan buat koding Arduino melalui USB OTG. Tetapi buat memakai perangkat besar seperti printer bahkan DVD eksternal, diperlukan tambahan asal daya berdasarkan charger yg umumnya memakai USB OTG jenis USB Y. USB Y ini sebetulnya USB OTG biasa namun dengan colokan tambahan buat charger. Untuk cara menciptakan kabel otg Y akan aku bagikan lain saat, In Syaa Allah.

Kabel OTG sendiri ketika ini poly sekali dijual pada konter-konter menggunakan harga beragam dari yang mahal sampai yg paling murah hanya 4ribuan saja. Namun tentu saja dengan harga yang murah OTG tersebut akan cepat rusak. Kali ini aku akan berbagi cara flexi kabel USB OTG berdasarkan USB biasa yg mampu engkau tiru sendiri di rumah. Lantaran membuatnya sendiri engkau mampu memilih kabel USB menggunakan kualitas cantik.

Membuat Sendiri Kabel OTG menurut USB Biasa


Pertama-tama buat menciptakan kabel OTG sendiri berdasarkan USB biasa ini siapkan sebuah kabel USB biasa dengan kualitas mengagumkan. Pilih menggunakan model kepala yg yang sanggup dilepas ya, lantaran buat mengubahnya perlu dibuka dulu kepalanya.


Setelah itu buka konektor pada sampai bagian pin kakinya terlihat seperti gambar pada bawah ini.

Pin kaki konektor menurut USB mempunyai jalur seperti gambar di bawah ini. Untuk menciptakan kabel OTG yg perlu dilakukan hanyalah menyambungkan pin Gnd dan pin Sence.

Untuk menyambungkannya, hanya perlu menyoldernya saja sedikit sudah cukup.

Setelah pin Gnd dan pun Sence dihubungkan menggunakan solder sampai sebagai OTG mode.

Pasangkan kembali konektor dalamnya.

Dan pasangkan juga tutup luarnya.

Selanjutnya pangkas USB dengan panjang lebih kurang 5cm.

Sambungkan kabel potongannya dengan USB Female sinkron dengan rona kabel di bawah ini.

Bungkus dengan selotip bakar serta panaskan menggunakan korek.

USB OTG protesis sendiri dari USB biasa pun sudah siap dipakai. Pada percobaan pertama dipakai buat menghubungkan mouse, terlihat lampu mouse yg menyala serta berarti terhubung dengan baik.


Meskipun terbuat berdasarkan usb biasa, kabel OTG protesis sendiri ini justru mempunyai kelebihan yakni terbuat dari kabel yg berkualitas jika dibanding menggunakan OTG yang kamu beli pada konter dengan harga murah yg cepat rusak itu. Lantaran bila menggunakan OTG murahan yg memiliki kualitas pas-pasan dapat merusak perangkat USB misalnya flashdisk juga HDD eksternal. Untuk itu memang perlu membuat sendiri kabel OTG dari USB biasa seperti ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments