MEMBUAT SENDIRI ALAT PIROGRAFI SEDERHANA DARI BATERAI

Kalau mengingat masa lalu ketika masih sekolah di SMP dulu, secara otomatis aku misalnya eksklusif teringa ketika saya diberi tugas oleh pengajar kesenian aku buat membuat sebuah karya seni. Jujur saja, aku bukanlah orang yang berbakat pada bidang seni, jadi tidak perlu diceritakanlah apa yg saya buat saat itu, hehehe. Yang ingin saya ceritakan justru karya seni buatan teman saya, kala itu beliau membuat sebuah lukisan dalam media kayu menggunakan alat lukis bakar, atau alat lukis bara barah.


Tentu saja pada saat itu aku sangat terkagum pada alat lukis bara api yang sekarang aku tahu namanya indera pirografi. Pada usia SMP tentu saja saya sangat ingin memiliki indera pirografi tadi, namun selalu terhalang dalam perkara yg sama, uang, hehehe. Setelah dewasa ini, saya jadi kepikiran buat membuat alat pirografi sederhana sendiri menggunakan barang yg sederhana juga. Pen Pyrography protesis sendiri tadi sangat gampang untuk dibentuk, ikuti Tutorial CARA FLEXI Alat Pirografi Sederhana dari Baterai ini dia.


Untuk Membuat Sendiri Alat Pirografi Sederhana dari Baterai ini, bahan yg dubuthkan juga sangat mudah buat didapat. Seperti baterai kotak 9volt dan konektornya, jarum injeksi, bisa memakai bekas injeksi printer, serta kayu mini mampu menggunakan sumpit atau pensil. Pertama potong jarum suntik menggunakan tanggem.


Dua jarum suntik bekas printer siap dijadikan pen pyrograpy untuk indera lukis bakar.

Setelah itu, ikat kedua jarum injeksi tadi pada batang kayu kecil. Bisa menggunakan sumpit atau mengunakan pensil.

Hasilnya sesudah jarum suntik diikat pada btg kayu akan misalnya gambar pada bawah ini.

Karena ujung jarmu injeksi ini akan sebagai bara api, beri lem super dalam ikatan benang tadi. Lem super ini sekaligus memperkuat ikatannya.

Seleha itu bengkokkan salah satu jarum sehingga bersentuhan dengan jarum yang lainnya. Hal ini dimaksudkan supaya nanti terjadi hubungan arus pendek listrik atau korsleting yg mengakibatkan bara barah dalam ujung pen pyrography ini.

Setelah itu solder kabel yg telah terhubung dalam kenektor baterai kotak 9volt pada pangkal jarum injeksi tadi.

Agar lebih rapi, bungkus menggunakan selotip bakar.

Sudah jadi deh Alat Pirografi Sederhana dari Baterai ini, buat menggunakannya, tinggal pasang konektor dalam baterai.

Dan hasilnya akan misalnya gamabr pada bawah ini. Ujung Alat Pirografi Sederhana berdasarkan Baterai ini akan menyala atau mengakibatkan bara api.

Dan siap deh dipakai untuk menulis atau melukis media kayu.

Baca lainnya: Membuat Sendiri Korek Api Elektrik berdasarkan Baterai 9v
Alat Pirografi Sederhana dari Baterai ini bisa kamu pakai selayaknya alat pen pyrography yg banyak dijual pada pasaran. Kelebihan berdasarkan Alat Pirografi Sederhana berdasarkan Baterai ini merupakan bisa digunakan di mana saja karena bersifat portabel. Selain menggunakan baterai, kamu juga sanggup membuat Alat Pirografi Sederhana berdasarkan USB 5v. Cara membuatnya sama, hanya saja sumber dayanya memakai USB. Sekian Tutorial Cara Alat Pirografi Sederhana menurut Baterai ini, semoga berguna, terimakasih.

Comments