MEMBUAT MESIN PEMISAH KOIN OTOMATIS DARI KARDUS

Di tahun tahun 2018 ini sepertinya nilai mata uang kita semakin menurun saja, bagaimana tidak, coba perhatikan apakah uang koin dengan nominal mini misalnya Rp100,- atau Rp200,- masih banyak digunakan buat indera beli? Kenapa mampu sampai uang dengan nominal mini sporadis bahkan nir digunakan lagi? Lantaran kini telah nir ditemui lagi barang yg dijual menggunakan harga sebesar nominal tadi, sekarang paling murah merupakan Rp1000,-.


Saya masih ingat sekali ketika aku kecil dulu dimana mampu jajan hanya dengan uang Rp100,- telah mendapatkan 2 keping opak. Saat itu Rp100,- juga telah mampu mendapatkan es lilin yang enaknya gak habis-habis. Oke sampai sini aja nostagianya, kita balik ke projek DIY yang akan kita untuk kali ini, yakni cara membuat pemisah koin otomatis dari kardus. Memang mungkin mesin inigak akan begitu berguna di zaman kini karena uang koin sudah jarang ditemui, tapi saya kira perlu jua lah berbgai tutorial ini hehe.


Mesin pemisah koin otomatis dai kardus ini akan secara otomatis bisa memisahkan atau menyortir koin sesuai menggunakan besar nilainya masing-masing. Jadi meski engkau tambahkan banyak koin sekaligus dengan besar nilai yg bhineka, nantinya akan secara otomatis terpisah serta tersortir menggunakan baik. Oke eksklusif ikuti saja tutorial cara menciptakan mesin pemisah koin otomatis dari kardus berikut adalah.

Tutorial Cara Membuat Mesin Pemisah Koin Otomatis berdasarkan Kardus


Langkah pertama yang perlu dilakukan buat membuat mesin pemisah koin otomatis ini adalah menggunakan cara menciptakan penggetarnya terlebih dulu. Kenapa perlu penggetar, karena apabila poly koin ditaruh poly secara eksklusif, nanti koinnya akan sulit keluar, makanya perlu penggetar buat melancarkan munculnya koin. Cara membuat penggetar ini merupakan menggunakan cara menempelkan sebuah mur dalam as dinamo misalnya ini.


Setelah itu rangkai menggunakan kabel dan baterai serta saklar.

Coba nyalakan dan lihat, motor dinamo ini akan bergetar.

Pasang dalam sebuah lembaran kardus yg telah dibuat seperti ini.

Kemudian teruskan menggunakan menutupnya begini.

Selanjutnya pasang kaki berdasarkan kardus pula misalnya ini.

Bila dilihat menurut atas akan terlihat seperti ini.

Langkah berikutnya kita akan membuat penyaris koin buat memastikan nanti yang keluar adalahnya satu-persatu. Caranya pasang potongan stik es krim dalam kardus misalnya ini, serta pastikan ruang yg dibauat merupakan setebal 1 koin saja.


Perhatikan gambar pada bawah ini, bila koin tertumpuk seperti ini, koin bagian atas nir akan sanggup masuk ke lubang tersebut kerana ketebalan yang dibuat hanya buat 1 koin saja.


Setelah itu, tempelkan pada bodi yang sudah kita untuk di step sebelumnya.


Berikutnya adalah membuat pemisah koin berdasarkan nilainya, caranya buat lubang dalam kardus misalnya ini menggunakan berukuran sinkron dengan diameter dari koin tersebut. Diameter koin pasti tidak sinkron antara satu menggunakan lainnya, jadi kamu tidak perlu risi nanti akan tercampur.


Susun lagi kardus misalnya gambar di bawah ini.

Beri nomor menurut akbar nilai koin seperti ini.

Masukkan koin dalam wadah misalnya ini.

Nyalakan motor, serta secara otomatis, koin akan berjatuhan serta terpisah sesuai menggunakan akbar nilainya.


Mesin pemisah koin ini sangat berguna sekali buat meningkatkan kecepatan memisahkan atau menyortir koin sesuai dengan akbar nilainya. Jadi engkau tinggal mengambilnya sesuai dengan nilai yang kamu butuhkan tanpa perlu memilih atau memilahnya terlebih dulu. Sekian tutorial cara membuat mesin pemisah koin otomatis dari kardus ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments