MEMBUAT GERGAJI CHAINSAW MINI DARI DINAMO MOTOR 12V

Zaman sekarang ini, bagi anak-anak buat menerima kebahagiaan (kesenangan) wajib mempunyai smartphone terbaru yang mampu dipakai buat memainkan game mobile terbaru. Sampai-hingga sanggup menyita saat serta membuat lalai belajar. Tentu hal ini jelek buat kehidupan kedepan anak-anak. Berbeda dengan zaman waktu saya masih mini dulu, jangankan memainkan smartphone, melihat orang nebang pohon aja udah seneng banget wkwk😆.


Nah bicara tentang menebang pohon, pastinya tahu kan gergaji yang digunakan buat menebang pohon itu, jika orang-orang pada tempat aku seringnya dsebut dengan gergaji senso. Penyebutan senso ini sendiri sebetulnya adalah pelafalan lokal menurut nama inggrisnya yaitu chain saw. Seperti namanya, chainsaw ini memakai mata gergaji yang dipasang dalam rantai yg berputar dalam sebuah bilang berbentuk panjang serta lonjong dalam ujungnya.


Gergaji chainsaw ini memang sangat efektif buat dipakai sebagai alat penebang pohon. Selain membuat pengerjaannya menjadi lebih cepat, penggunaan chain saw juga sanggup jadi tontonan anak-anak hahaha😆. Sebetulnya gergaji chainsaw ini pula poly ragam jenisnya loh, contohnya disparitas pada panjang bilahnya, ada yang panjang banget sampai lebih menurut 1 meter, ada jua yg cuma 30 cm-an. Nah yg mini ini umumnya mampu buat kebutuhan tempat tinggal tangga, pekerjaan ringan.

Gergaji chain saw ini gak murah loh harganya, paling murah di atas 1 jutaan. Timbang beli mahal-mahal, kali ini aku akan membuatkan tutorial cara membuat gergaji chain saw mini berdasarkan dinamo 12v yang sahih-sahih sanggup engkau pakai buat memotong batang pohon yang kecil, atau dahan-dahan yg sudah perlu dipotong. Bahannya mungkin agak sulit dicari sih jikalau di pada negri, akan tetapi poly dijual kok di toko online yang mengimpor barang pribadi dari cina. Oke, pribadi saja...

Tutorial Cara Membuat Gergaji Chainsaw Mini dari Dinamo Motor 12v


Selain membutuhkan bilah gergaji chainsaw (chainsaw blade) kita juga membutuhkan penjepit gergaji (saw clap shaft 5mm) yang akan dipasang pada motor 12 volt ini. Saw clamp ini akan dipasang gear rantai chain saw. Lantaran bentuknya gak sama, jadi perlu sedikit diadaptasi misalnya gambar pada bawah ini.


Setelah bentuk serta ukurannya disesuaikan, bentuknya akan seperti gambar di bawah ini.

Berikutny ukur kayu yg akan digunakan sebagai dudukan gergaji ini.

Setelah diukur serta dipotong akan seperti ini.

Beri lubang menggunakan bor untuk loka motor 775 nya.

Kemudian baut motor 775 12v tadi dalam lubang yang sudah disiapkan.

Beri lubang pula pada ujung satunya buat dipasang gear san beltnya.

Hasilnya misalnya gambar pada bawah ini.

Kemudian tinggal pasanga bilah gergajinya saja sebetulnya. Namun lantaran jarak antara kayu dudukan serta bilang gergaji cukup lebar, perlu ditambah rabat kayu supaya sanggup pas.


Lem san baur supaya bertenaga.

Setelah ada tambahan kayu kini tinggal pasang bilah gergajinya saja.

Beri penutup bagian gear serta belt dengan memakai lempangan alumunium.

Selain berfungsi menjadi penutup atau pelindung gear dan belt, alumunium ini pula berfungsi menjadi tempat menempelkan baterai 12voltnya. Untuk baterai relatif direkatkan menggunakan selotip saja.


Berikutnya buat pegangan menurut pipa PVC yg sebelumnya sudah diberi saklar pasa galat satu ujungnya seperti gambar di bawah ini.


Kemudian pasang dalam bagaian atasnya.

Solder kabel dengan motornya dan beri tutup dari popa PVC.

Beri tutup pelindung jua pada bagian gear rantai gergajinya.

Sekarang tinggal dicoba saja buat memotong dahan pohon.

Bisa pula dipakai buat memotong papan lembaran misalnya ini.


Projek menciptakan gergaji chainsaw mini menurut dinamo motor 12 volt ini termasuk dalam projek yg memerlukan perlengkapan keselamatan, jadi saya ingatkan bagi yang ingin mencoba membuatnya di rumah untuk mengutamakan keselamata. Saya tidak bertanggung jawab, atas seemua kecelakan yg terjadi berdasarkan projek yg terinspirasi berdasarkan blog ini. Jadi tetap hati-hati dan utamakan keselamatan ya.. Sekian tutorial cara membuat gergaji chainsaw mini berdasarkan dinamo motor 12 volt ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments