MEMBUAT FILE BATCH UNTUK MENJALANKAN PROGRAM TERTENTU DI WINDOWS 10

"File Batch" Apakah terdengar asing bagi Anda? Apabila Tidak merupakan jawaban Anda, Anda mungkin memahami mengenai hal itu. Tapi, jika jawabannya adalah Ya, Anda mungkin nir memahami apa itu serta apa yg bisa dilakukan oleh perintah windows ini.

Pada postingan kali ini kita akan belajar mengenai bagaimana Membuat File Batch Untuk Menjalankan Program Tertentu pada Windows 10, bagaimana menjalankan arsip batch di CMD, tentang arsip batch itu sendiri, perintah dasar dan beberapa hal yg berhubungan dengan file batch.

Apa itu File Batch?

File Batch adalah daftar perintah yg dieksekusi secara berurutan hingga semua perintah dieksekusi. Semua perintah yg ditulis dalam File Batch dijalankan oleh utilitas Windows inbuilt CLI buat Command Line Interpreter.

Anda mampu menulis perintah di Notepad atau Notepad ++, lalu simpan file menggunakan perluasan arsip .bat. Menyimpan file menggunakan perluasan ini menjadikannya file batch yang sanggup Anda klik dua kali buat menjalankan perintah yg tertulis pada dalamnya. Ini terbuka pada DOS, dan hasilnya akan ditampilkan.

Umumnya, orang memakai File Batch buat mengotomatisasi hukuman perintah yang dibutuhkan. Misalnya, bila Anda perlu menjalankan perintah DOS, ipconfig / flushdns buat menghapus cache DNS yg bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet, maka yang Anda lakukan adalah, buka Command Prompt, serta ketik perintahnya serta tekan Enter. Dan perintah itu dijalankan.

Tapi, bagaimana bila Anda perlu melakukan perintah-perintah tertentu setiap hari? Tidakkah anda merasa malas mengetik setiap saat? Di sini, file batch sanggup membantu Anda.

Cara Membuat File Batch di Windows 10
Buka Notepad, ketik perintah yg anda butuhkan, setelah itu simpan dengan nama apapun yg penting ektensinya .bat. Semisal ipconfig / flushdns, Sekarang, setiap kali Anda perlu flushing DNS, relatif klik 2 kali arsip .bat tadi, dan perintah akan dijalankan. Tidak mengetik manual lagi. Kode akan terlihat seperti ini:


Setelah perintah, saya menulis perintah lain "pause" lantaran saat Anda menulisnya, layar tetap menyala saat Anda mengklik 2 kali arsip batch. Tanpa perintah pause, layar terbuka dan tertutup, serta Anda nir bisa melihat apapun.


Ini adalah output dari perintah ketika dieksekusi.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan banyak hal seperti menghilangkan path yg ditunjukkan di cmd. Saya menambahkan @echo off di awal; maka path tidak akan terlihat pada CMD. Kode baru akan terlihat misalnya ini:

@echo off

ipconfig /flushdns

pause

Lihat hasilnya sekarang, hanya hasil yang ditampilkan, serta pathnya tidak ditampilkan.
Apa arti "@echo off"?
Ketika anda menambahkan "Echo Off" dalam perintah, maka saat Anda menjalankan arsip batch, nir akan menampilkan semua yg tertulis pada arsip .bat tapi hanya hasilnya saja.

Selanjutnya, pada posting ini, saya akan menyebarkan beberapa file batch keren yg sanggup Anda coba. Beberapa arsip Batch keren yang sanggup Anda coba serta rasakan:

1. File Batch buat shutdown pada PC Windows 10 Anda
echo off 

 msg * computer will shut down quickly 

 shutdown -c “sleep well” -s

Copy kode di atas, serta paste pada notepad, dan simpan sebagai shutdown.bat (Anda bisa bebas memberikannya nama apapun. Pastikan anda menyimpannya menggunakan ekstensi .bat). Setelah arsip dibentuk, Anda bisa menjalankannya dengan mengklik dua kali. Dan file batch ini akan memaksa personal komputer Anda untuk shutdown menggunakan cepat.


Selain itu, Anda jua dapat mengatur saat buat menjadwalkan shutdown sehabis file batch dijalankan, serta buat itu, Anda perlu menambahkan tulisan -t (saat pada dtk)

maka perintahnya sebagai seperti ini:
echo off

msg * computer will shut down quickly

shutdown -c “sleep well” -s –t 1000

2. Cetak Angka Acak dalam Matrix Style
Jika Anda pernah nonton film Matrix, Anda niscaya telah melihat string angka hijau / karakter yang timbul dalam waktu. Anda mampu melakukan hal yang sama menggunakan memakai File Batch jua.

@echo off

color 02

:start

echo %random% %random% %secara acak% %random% %random% %secara acak% %secara acak% %secara acak% %random% %secara acak%

goto start

Ketik kode diatas di Notepad, dan simpan itu menjadi matrix.bat. Sekarang, jalankan file batch pada komputer Windows Anda. Anda akan melihat ini:


Baca juga:

File Batch sangat berguna bagi aku . Yang perlu Anda ketahui adalah perintah yg harus Anda tambahkan di arsip tadi, serta menggunakannya apabila diharapkan. Apalagi Anda bisa menemukan kode arsip batch readymade di internet buat banyak sekali keperluan.

Saya menggunakan poly file batch buat menjalankan tugas tertentu dalam PC Windows 10 saya. Saya berharap postingan ini mampu memberi Anda wangsit yang lebih baik mengenai bagaimana menciptakan file batch pada Windows 10, bagaimana cara menjalankan arsip batch di CMD dan beberapa hal terkait lainnya.

Comments