MEMAHAMI PENYIMPANAN SMARTPHONE

Saat memilih ponsel baru, jumlah ruang penyimpanan internal sering kali merupakan salah satu dari beberapa faktor utama yang memengaruhi keputusan buat membeli satu ponsel di atas yang lain. Namun tepatnya berapa banyak yg dijanjikan 16, 32 atau 64GB sebenarnya tersedia buat dipakai sangat bervariasi antar perangkat.
Ada poly diskusi panas seputar versi 16GB berdasarkan Galaxy S4 waktu ditemukan bahwa sebesar 8GB menurut nomor itu telah digunakan oleh OS serta pelaksanaan pra-instal lainnya (kadang-kadang disebut Bloatware.) Jadi seharusnya ponsel tadi dijual menjadi perangkat 8GB, bukan? Atau apakah adil bagi pembuat buat menduga bahwa pengguna percaya bahwa 16GB berarti jumlah sebelum aplikasi sistem diinstal?

Memori Internal Versus External

Ketika mempertimbangkan spesifikasi memori ponsel apa pun, penting buat tahu perbedaan antara memori internal dan eksternal (atau dapat diperluas). Memori internal merupakan ruang penyimpanan yg dipasang sang pembuat, umumnya 16, 32 atau 64GB, di mana sistem operasi, aplikasi yang telah diinstal sebelumnya, serta perangkat lunak sistem lainnya diinstal.
Jumlah total penyimpanan internal tidak dapat ditingkatkan atau diturunkan oleh pengguna, jadi bila ponsel engkau hanya memiliki penyimpanan internal 16GB serta tidak terdapat slot perluasan, inilah seluruh ruang penyimpanan yg akan kamu dapatkan. Dan ingat, beberapa ini sudah akan dipakai oleh aplikasi sistem.
Eksternal, atau dapat diperluas, memori mengacu dalam kartu MicroSD yg bisa dilepas atau serupa. Banyak perangkat yang menampilkan slot kartu MicroSD yg dijual dengan kartu yg sudah dimasukkan. Namun tidak semua ponsel akan memiliki ruang penyimpanan ekstra ini , serta tidak seluruh ponsel bahkan mempunyai fasilitas buat menambahkan memori eksternal. IPhone, contohnya, nir pernah memberi pengguna kemampuan buat menambahkan lebih banyak ruang penyimpanan dengan menggunakan kartu Sekolah Dasar.

Cloud Storage

Untuk mengatasi kasus ruang penyimpanan internal yg berkurang, beberapa smartphone kelas atas dijual menggunakan akun penyimpanan cloud perdeo. Ini mampu 10, 20, atau bahkan 50 GB. Meskipun Cloud storage adalah tambahan yg bagus, akan tetapi engkau wajib jangan lupa bahwa nir seluruh data dan arsip dapat disimpan ke penyimpanan cloud (pelaksanaan contohnya). Kamu juga tidak akan bisa mengakses file yg tersimpan di cloud apabila kalian tidak mempunyai koneksi Wi-Fi atau data seluler.

Cek Sebelum Kamu Membeli

Jika kamu membeli ponsel baru secara online, biasanya lebih sulit buat menyelidiki berapa poly penyimpanan internal yg sebenarnya tersedia buat dipakai, daripada waktu membeli berdasarkan toko. Toko ponsel spesifik wajib mempunyai handset sampel yang tersedia, serta perlu beberapa detik buat masuk ke menu pengaturan serta melihat bagian Storage.
Jika kamu membeli secara online, serta nir bisa melihat detail penyimpanan yang dapat digunakan pada spesifikasi, jangan takut buat menghubungi penjual serta tanyakan. Penjual yang mempunyai reputasi nir akan mempunyai kasus buat memberitahukan detail ini pada engkau .

Menghapus Penyimpanan Internal

Ada beberapa cara buat membuat extra space di penyimpanan internal kamu, tergantung pada ponsel yg kamu miliki.
  • Nonaktifkan Bloatware. Tidak semua smartphone akan membiarkan engkau melakukan ini, namun jika engkau memiliki ponsel Android yang menjalankan versi 4.dua atau lebih baru, prosesnya relatif gampang. Meskipun menonaktifkan pelaksanaan pra-instal 100MB tidak akan mengosongkan jumlah memori yg sesuai, akan tetapi itu akan menciptakan beberapa ruang ekstra.
  • Cadangkan serta Hapus Foto Kamu. Ini adalah praktik yang baik buat masuk ke bahkan jika ruang penyimpanan di ponsel kamu tidak menjadi masalah. Gunakan aplikasi sinkronisasi yg relevan menggunakan ponsel kamu untuk mem-backup foto engkau ke personal komputer engkau secara teratur. Kamu kemudian bisa memindahkan foto-foto itu ke kartu Sekolah Dasar atau menghapusnya menurut telepon kamu (atau setidaknya beberapa dari mereka) buat mengosongkan sebagian ruang.
  • Gunakan Aplikasi Cleaner. Aplikasi misalnya Cleanmaster adalah cara gampang buat menghapus arsip yg tidak diperlukan atau tidak diinginkan berdasarkan ponsel kamu, seringkali dengan satu sentuhan tombol. Sekali lagi, ukuran ini nir akan membebaskan ruang pada jumlah akbar, namun mampu membuat beberapa disparitas.
  • Hapus Beberapa Aplikasi. Periksa daftar pelaksanaan kamu dan hapus yg nir lagi engkau pakai. Ini mudah dilakukan melalui pilihan menu pengaturan semua jenis smartphone, atau dengan memakai aplikasi misalnya Cleanmaster.

Comments