MARI MEMBACA DAN MENULIS SEJAK DI SEKOLAH DASAR

Assalamu`alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, Wasyukurillah `ala ni`matillah.wassalatu wassalamu `alaRasulillah. Sayidina Muhammadin, waala alihi wasohbihi wamawalah.

Amma Ba`du
Pertama tama dan yg paling utama, marilah kita panjatkan puji sertasyukur ke hadlirat Allah SWT. Atas berkat rahmat serta karuniaNya, kita bisabersama sama berkumpul di tempat yg mulia ini dalam keadaan sehat wal afiat.shalawat dan salam, semoga tercurahlimpahkan kepada panutan kita, HabibanaWanabiyana Muhammad SAW. Kepada keluarganya, sahabatnya, para pejuang risalahIslam sepanjang masa serta seluruh umat muslim pada manapun berada. Semoga kitakelak mendapat safaat berdasarkan dia.

Dewan juri yg saya hormati, serta hadirin sekalian yang hadir di tempatyang mulia ini, perkenankan aku untuk membicarakan pidato dengan tema “ Marimembaca dan Menulis Sejak Di Sekolah Dasar”.

Ke warung beli lifebuoy
Uangnya disimpan di saku
Dari pada menonton Si Boy
Lebih baik membaca buku

Angkat tangan yg suka nonton Si Boy? .........wah, ternyata hampirsemua yang hadir disini adalah penggemar Si Boy. Sekarang angkat tangan yangsuka membaca serta menulis?.............lho, kok Cuma sedikit?

Rekan-rekan, bukan nir boleh menonton  televisi, bukan tidak boleh menonton sinetronSi Boy, akan tetapi alangkah baiknya utamakan aktivitas membaca dan menulis. Bacalahsehari minimal satu laman kitab . Dengan membaca sehari minimal satu halamansaja, Insya allah itu akan jauh lebih bermanfaat daripada menonton sinetronseharian.

Membaca adalah gerbang ilmu pengetahuan. Dengan membaca wawasan kita akanberkembang. Ilmu kita bertambah luas dan kita tidak akan gampang dibodohi olehorang. Membaca adalah gerbang menuju kemajuan. Siapa yang senang baca, maka iaakan menerima manfaat yang tidak terhingga.

Demikian jua menulis. Menulislah sehari minimal satu halaman. Denganlatihan menulis yg teratur, lama -kelamaan kita akan terbiasa. Menulis ituterasa susah bagi tidak terbiasa. Menulis terasa berat bagi yg malas. Namunsesungguhnya menulis itu mudah jika kita punya semangat. Menulis itu mudah biladibiasakan.

Belajar menulis serta membaca adalah hal yg baik yang perlu dilakukansejak SD. Inilah saatnya kita belajar membaca dan menulis. Jangansia-siakan kesempatan yang kita dapatkan. Mumpung terdapat kesempatan, mumungmasih kecil, marilah kita belajar membaca serta menulis.

Hadirin sekalian yang saya hormati

Mengingat betapa pentingnya keterampilan membaca dan menulis dalamkehidupan di global nyata, maka aku mengajak rekan-rekan semua, marilah kitabiasakan membaca serta menulis sejak kini . Tak ada kata terlambat. Masa-masasekolah di sekolah dasar adalah masa terbaik buat mengembangkan potensi yang kita miliki.

Rupanya hanya sekian pidato menurut aku . Mohon maaf apabila poly kesalahan.
Wabilahi taufik walhidayah,Wassalamu`alaikum Wr.wb.

Comments