LAYAR LCD VS OLED VS AMOLED APA BEDANYA

Jika Anda meneliti layar atau display, terutama display smartphone serta HDTV, Anda akan tak jarang mendengar mengenai layar menggunakan fitur "AMOLED" sebagai selling point. Tapi apa sebenarnya arti menurut layar atau display ini?.

Layar LCD vs OLED vs AMOLED: Apa Bedanya?

Mari kita bahas satu per satu. Pertama, berikut adalah dasar menurut masing-masing jenis tampilan display atau layar ini.

LCD


LCD, atau Liquid Crystal Display, merupakan jenis tampilan dasar yang mengambil serta menggantikan standar CRT (tabung TV / monitor) usang. Ada banyak variasi panel LCD, termasuk panel LED-backlit (yg tak jarang diklaim panel LED, sebutan ini bikin galau semua orang), panel IPS, serta sebagainya. Ini adalah galat satu baku tampilan yg lebih banyak digunakan,  disini kita juga akan membahas di mana serta perangkat apa saja yang memakai LCD ini.
OLED


OLED, atau Organic Light-Emitting Diode, adalah teknologi display yang memanfaatkan senyawa organik serta pencahayaan spesifik piksel. Sifat-sifat ini bergabung buat mengaktifkan rona yg lebih hidup dan rona hitam yang jauh lebih gelap dalam gambar, OLeh karena itu pencahayaan per piksel OLED jauh lebih akurat daripada yg didapatkan di layar LCD LED-backlit.
AMOLED


AMOLED, atau Active Matrix OLED, ini sebenarnya display OLED, hanya saja terdapat beberapa fasilitas tambahan. Fasilitas tambahan ini mencakup konsumsi daya yang rendah dan fleksibilitas layar lebih banyak.

Layar LCD vs OLED vs AMOLED: kelebihan dan kekurangan 

Sekarang mari kita membahas kelebihan serta kekurangan buat setiap jenis tampilan display atau layar ini.

LCD
Kelebihan: Lebih murah, Lebih serbaguna - implementasi memungkinkan IPS dan 144hz memonitor keberadaannya pada ruang PC, memberi lebih banyak pilihan pada pengguna PC, Konsumsi daya terendah
kekurangan: Tidak ada per pixel backlighting = reproduksi warna yang lebih buruk dan hitam pada gambar
OLED
Kelebihan: Reproduksi warna indah berkat per pixel backlighting, Tidak semahal AMOLED
kekurangan: Konsumsi daya lebih tinggi menurut AMOLED atau LCD, Lebih mahal dari LCD
AMOLED
Kelebihan: Semua reproduksi warna yang mengagumkan menurut OLED, Konsumsi daya lebih baik menurut dalam OLED, Fleksibel menampilkan lebih lumrah
kekurangan: Lebih mahal menurut LCD atau OLED
LCD vs OLED vs AMOLED: Skenario Penggunaan Terbaik buat Masing-masing
Sekarang, mari kita bahas pada mana jenis tampilan layar ini paling baik dipakai.

LCD
LCD paling baik digunakan pada TV low-end, layar generik dan monitor PC dikarenakan memiliki kemampuan buat menerapkan panel TN dan IPS. Panel TN memungkinkan penyegaran lebih tinggi serta saat respons yg lebih rendah, ad interim panel IPS memungkinkan reproduksi warna lebih kaya dan sudut pandang yg lebih tinggi. Ragam standar LCD membuatnya ideal buat gaming PC.

OLED
OLED paling baik digunakan di teknologi layar TV atau tak jarang diklaim HDTV, di mana fleksibilitas layar tidak terlalu krusial dan kualitas gambarnya adalah raja. Sementara AMOLED akan lebih baik jika tersedia (lantaran hanya OLED yang disempurnakan), kemungkinan akan jauh lebih mahal pada setting yang sama.
AMOLED
AMOLED paling baik dipakai di smartphone, tablet, jam tangan, laptop - yang pada dasarnya bersifat portable dimana Anda menginginkan kualitas tampilan dan efisiensi daya yang akbar serta beberapa fleksibilitas layar. AMOLED adalah standar de facto buat display portabel yang indah dan kemungkinan akan permanen demikian buat masa yang akan tiba.
Nah..kini telah tahukan apa bedanya LCD, OLED, serta AMOLED. Semoga dengan membaca artikel ini mampu menambah wawasan serta ilmu anda, akhir kata terima kasih atas kunjungannya.

Comments