LAYAR IPHONE TIDAK BERPUTAR BEGINI CARA MEMPERBAIKINYA

Layar iPhone dan perangkat iOS lainnya seperti iPad mampu mengubah orientasi sendiri berdasarkan cara kamu memegang perangkat. Fitur ini dinamakan auto-rotate alias rotasi otomatis. Jika engkau memutar iPhone 90 derajat, layar akan menyesuaikan buat menampilkan lebar daripada tinggi.
Namun terkadang, saat engkau memutar iPhone, iPad, atau iPod touch layar nir berputar buat mencocokkannya. Apabila ini terjadi tentunya mampu menciptakan perangkat kamu sulit digunakan. Bahkan mungkin menciptakan kamu berpikir ponsel kamu rusak. Ada beberapa alasan mengapa layar nir sanggup berputar - dan sebagian akbar bukan perkara yang relatif serius. Inilah yg umumnya terjadi dan cara memperbaikinya.

Rotasi Layar Dikunci

IPhone mempunyai pengaturan yg dianggap Screen Rotation Lock. Seperti yg mungkin kamu duga berdasarkan namanya, ini mencegah iPhone, iPad, atau iPod touch engkau memutar layar.
Untuk mengusut apakah kunci rotasi layar dihidupkan, lihat pada sudut kanan atas layar pada samping indikator baterai buat melihat ikon panah melengkung pada lebih kurang kunci. Apabila kamu melihat ikon itu, kunci rotasi layar dihidupkan.
Untuk mematikan kunci rotasi, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Di iOS 7 atau lebih tinggi, geser ke atas dari bagian bawah layar buat membuka Control Center. Ikon di paling kiri - ikon kunci dan panah - disorot buat memperlihatkan bahwa itu dihidupkan. (Pada iPhone X, atau pada iPad yang menjalankan iOS 12 dan lebih tinggi, geser ke bawah berdasarkan sudut kanan atas.)
  2. Ketuk ikon itu buat mematikan kunci rotasi.
  3. Setelah terselesaikan, tekan tombol home atau geser buat menutup Control Center dan kamu akan kembali ke home screen.

Setelah selesai, coba putar pulang iPhone engkau . Layar harus berputar kali ini. Apabila nir, terdapat hal lain yang perlu dipertimbangkan.
Pada versi iOS yg lebih lama , kunci rotasi sanggup ditemukan pada Fast App Switcher, yg bisa kamu buka dengan mengklik dua kali tombol Home dan lalu menggesek dari kiri ke kanan.

Beberapa Aplikasi Tidak Dapat Berputar

Sementara banyak pelaksanaan mendukung rotasi layar, tetapi tidak semuanya. Home screen pada kebanyakan model iPhone dan iPod touch tidak dapat diputar (meskipun itu memungkinkan di iPhone 6 Plus, 6S Plus, 7 Plus, dan 8 Plus) serta beberapa pelaksanaan dibuat buat hanya berfungsi pada satu orientasi.
Jika engkau menghidupkan perangkat serta layar tidak berubah arah, periksa buat melihat apakah kunci orientasi diaktifkan. Jika nir diaktifkan, pelaksanaan mungkin didesain buat tidak dirotasi.

Display Zoom Memblokir Rotasi Layar

Jika kamu mempunyai iPhone 6 Plus, 6S Plus, 7 Plus, atau 8 Plus, engkau bisa memutar rapikan letak home screen bersama aplikasi. Jika home screen nir rotasi, dan Screen Rotation Lock tidak aktif, Display Zoom bisa jadi penyebabnya.  Opsi ini bermanfaat memperbesar ikon dan teks pada layar yg supaya lebih besar menurut standar nya buat membuatnya lebih mudah dipandang. Apabila kamu tidak bisa memutar home screen pada perangkat ini, nonaktifkan Display Zoom menggunakan mengikuti langkah-langkah ini:
  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk Display & Brightness.
  3. Ketuk Viewdi bagian Display Zoom.
  4. Ketuk Standard.
  5. Ketuk Set.
  6. Ponsel akan restart dalam pengaturan zoom baru serta home screen akan dapat dirotasi.

Accelerometer Ponsel Kamu Rusak

Jika aplikasi yg engkau pakai benar-sahih mendukung rotasi layar, dan orientation lock dan Display Zoom dalam perangkat engkau dimatikan namun layar masih tidak berputar, mungkin ada masalah dengan perangkat keras perangkat kamu.
Rotasi layar dikontrol oleh Accelerometer perangkat - sensor yang melacak pergerakan perangkat. Jika Accelerometer rusak, maka tidak akan sanggup melacak gerakan serta nir akan tahu kapan harus memutar layar. Jika engkau menyangsikan adanya perkara perangkat keras menggunakan ponsel engkau , segera bawa ke service center Apple terdekat buat memeriksanya.

Screen Rotation di iPad

Meskipun iPad menjalankan sistem operasi yang sama menggunakan iPhone dan iPod touch, rotasi layarnya berfungsi sedikit berbeda dalam beberapa contoh. Pertama, home screen dalam seluruh contoh dapat berputar. Untuk yg lain, pengaturan dikontrol sedikit tidak sama dalam beberapa model.
Jika kamu mempunyai iPad lebih awal berdasarkan iPad Air atau iPad kecil tiga, kiat ini berlaku buat kamu. Di aplikasi Settings, ketuk General dan engkau akan menemukan pengaturan yang diklaim Use Side Switch to: yang memungkinkan kamu memilih apakah tombol mini di sisi pada atas tombol volume mengontrol fitur bisu atau kunci rotasi.
Pada model iPad yang lebih baru - iPad Air 2, iPad mini 4, serta semua contoh iPad Pro - gunakan Control Center misalnya yg dijelaskan sebelumnya di bagian atas artikel.
Apakah artikel mengenai cara memperbaiki layar iPhone tidak berputar ini membantu kamu? Jangan ragu buat memberi memahami kami di kolom komentar di bawah.

Comments