LANGKAH MUDAH MENANGANI LAYA TV CRT BLUR



CARA FLEXI - Televisi tabung menggunakan permasalahan, dalam saat pertama TV dihidupkan layar blur sedikit gelap, alias nir fokus akan tetapi selesainya panas gambar kentara. Permasalahan ini pada sertai cop flyback bocor. Berikut ini aku akan menceritakan penanganan yang saya lakukan tahab demi tahab buat anda yg mungkin saat ini sedang mencari perkara layar CRT blur.

1.  Membersihkan Casis menurut Debu
Langkah pertama biasakan bila membuka casing televisi niscaya kita akan melihat betapa kotornya mbord TV. Maka sebelum menyentuh atau mengecek ke bagian lainya kita wajib membersihkanya. Ini adalah langkah awal yg baik karena kotoran debu akan sangat mempengaruhi kinerja mboard televisi. Kadang juga gambar blur mampu di sebabkan oleh debu yang melekat dalam mesin televisi terutama dalam soket RGB.

2. Melihat, Mengamati Setiap Komponen serta Solderan 
Setelah mboard tebebas dari debu serta kotoran lainya kini melangkah ke pengamatan seluruh komponen apakah terdapat yg terbakar atau elco yg mengembung terutama pada  elco filter 180 volt penyuplay RGB  ini rawan sekali mekar atau kering sehingga tegangan 180 nir maksimal . Jangan lupa jua mengamati solderan pada blog pcb RGB terutama tv merek cina yag umumnya seringkali retak dan harus pada solder ulang. Cek pula kabel penekanan, coba di buka apakah ada kerak berwarna hijau yang menyebabkan putusnya kabel penekanan.

3. Penanganan
Pada tahab ke-tiga ini kita mampu memprediksi mana yang akan pada eksekusi terlebih dahulu yang terpenting artinya fokus pada blog kerja tabung CRT. Berikut merupakan beberapa komponen yg sering mengakibatkan layar CRT blur;

Soket CRT yang Berkarat
Hal ini tak jarang terjadi dalam TV yang telah berumur atau TV yg berada pada lingkungan yg lembap. Soket kadang mampu menipu penglihatan kita, sang karna itu kita wajib mengganti meskipun kondisinya masih rupawan. Yg perlu diingat waktu anda melihat soket CRT benar berkarat maka bersihkan jua pada besi katoda sedikit di amplas atau dibersihkan menggunakan cleaner anti zat oksidasi.

Kabel Fokus
yang terputus atau acapkali terjadi korosi pada bagian soldiran yang berada pada bagian pada sket RGB.

Elco dalam B+180 Volt 
penyuplay RGB  kemarau, short silahkan dicek jangan mengamati menggunakan kasap mata lantaran komponen ini seringkali menipu jika kita nir teliti. Sebelum membarui elco pastikan dioda penyearah 180 V dalam keadaan baik.

Elco filter B+ 115 Volt 
juga jangan luput menurut pengecekan. Dan teganganya jua di. Periksa keaslianya antara 110 Volt sampai 115 V buat 14" serta 120 maks untuk TV berukuran 21 -30 inc.

Flyback Rusak 
Ini jarang terjadi, umumnya menggunakan pada tandai penekanan adjuster nir fungsi. Tetapi saya lebih menentukan ini adalah solusi terakhir saat setelah penggantian komponen pendukung yang lainya sudah di pastikan normal seluruh.

Tabung Gambar Rusak
Setelah seluruh melaluie penggantian komponen tak pula membuahkan output, kini saatnya kita mefonis pada tabung gambar yang telah rusak. Perlu di ketahui bahwa sebelum memfonis tabung gambar pastikan terlebih dahulu semua yg ada hubunganya menggunakan sistim kerja tabung CRT. Seperti contohnya pada televisi Merek Polytron lawas yg acapkali mengalami gambar blur dan layar berwarna pelangi tidak fokus tapi fokus adjuster permanen berfungsi ternyata bukan tabung yang bermasalah tetapi sistim kerja vertikal terganggu bemasalah maka kita harus mengecek terlebih dahulu sebelum meastikan crt rusak. Bila tegangan penekanan seperti nir dapat masuk serta hanya memancar di luar tabung seperti flyback bocor ini sanggup di katakan CRT benar rusak.

Sebagai kesimpulan menurut masala layar blur pada televisi CRT bisa kita katakan bahwa penyebab paling acapkali terjadi adalah akibat erosinya soket tabung dimakan usia pula kelembapan lingkungan sekitar. Yang jarang terjadi artinya tabung dan flyback yg tewas. Baca juga:penyebab tv layar bergmbar pelngi

Itulah sedikit ulasan pengalaman saya menangani gambar blur dalam TV CRT. Jka terdapat pertanyaan tentang msalah ini monggo kita dikusikan pada kolom komentar.
*SalamSolder

Comments