LANGKAH LANGKAH MEMBUAT KARYA KALIGRAFI



Langkah langkah membuat karya kaligrafi dijelaskan oleh kaligrafer belia dari Kuwait Jasim Mi'raj melalui video yang didokumentasikan berdasarkan sebuah workshop internasional.

Membuat sebuah karya seni kaligrafi yang halus serta latif, nir dilakukan menggunakan sekali gores eksklusif jadi. Ada beberapa tahapan langkah langkah yang wajib dilakukan. Langkah langkahnya mencakup merancang design, menciptakan qalib (master ), serta tasrtisy (finishing). Semuanya di jelaskan serta pada demonstrasikan oleh kaligrafer belia berdasarkan Kuwait bernama Jasim Mi'raj.

Berikut ini adalah tahapan tahapan menciptakan karya kaligrafi berdasarkan Jasim, yang saya ringkaskan menurut 4 butir video dia :
(buat menonton videonya kunjungi :  //www.mobda3.net/vb/showthread.php?T=24184

1.  Tahap Pertama, Mengumpulkan Ide

Cara yg sanggup dilakukan adalah dengan memilih ayat atau hadis yg hendak ditulis, kemudian fahami maknanya. Maka akan muncul pandangan baru pandangan baru yang sejalan dengan makna kandungan teks tadi. Ide tidak wajib sahih benar baru. Kamu sanggup melihat lihat karya orang lain buat menerima pandangan baru.



2.  Tahap Kedua, Merancang Design

Tuangkan seluruh ilham inspirasi yg terkumpul dalam bentuk coret coret. Tentukan shape yang hendak diwujudkan, apakah lonjong atau lingkaran. Kemudian rancanglah kaligrafinya. Bisa memakai pensil ataupun menggunakan pena kaligrafi mini . Temukanlah bentuk yg paling memuaskan. 


Merancang design


Merancang design menggunakan pensil


3.  Buatkan Qalib (Master Jiplakannya)

Rancangan yang sudah dipilih, kemudian di terjemahkan pada berukuran sebenarnya. Mungkin kamu akan membutuhkan poly kertas. Lantaran kaligrafer yang telah ahlipun terkadang butuh beberapa kertas buat menemukan bentuk yg diinginkannya. Gunakan pencil atau kapur tulis, agar mudah dihapus. Kemudian tebalkan menggunakan tinta. Hasil karya ini lalu dirapikan sekedarnya (tidak mesti halus dan rapi, lantaran ini fungsinya hanya menjadi master, bukan karya final). Yang penting bentuk kaligrafinya kelihatan. 
Setelah telah jadi, kamu sanggup melakukan 2 hal : 
pertama, menyelidiki hasilnya. Jangan hingga ada kesalahan besar (seperti kurang titik, atau kurang huruf). 
Setelah diperiksa, karya tadi sanggup pribadi dijadikan master jiplakan (qalib). Tetapi umumnya, para kaligrafer menyalinnya lagi diatas kertas kalkir. (Catatan, mereka jua umumnya pribadi merancangnya diatas kertas kalkir ). Kelebihan kertas kalkir adalah, beliau menerawang hampir transparan sebagai akibatnya memudahkan proses menjiplak. Ia juga kuat sehingga sanggup dipakai berkali kali.   

Menterjemahkan rancangan kepada berukuran yg lebih akbar.
Langsung menggunakan pena kaligrafi. Selanjutnya, hasilnya akan dipakai sebagai master.



4.  Tahap Tanfidz (Eksekusi)

Setelah qalib terselesaikan, kita bisa berkarya dengan aneka macam media yang diinginkan. Satu qalib bisa dipakai berkali kali. 
  • Ambillah media yg mengagumkan (mungkin kertas ahar, kayu, sticker atau artpaper)
  • Salinlah atau jiplaklah qalib diatas media. 
  • Bila bahannya tebal (misalnya kayu) maka kamu mampu menjiplaknya dengan kertas karbon. Letakkan karbon diatas media, kemudian letakkan qalib diatasnya lalu jiplaklah sampai terselesaikan. Supaya jiplakannya tidak lari kesana kemari, lengketkanlah menggunakan selotip. 
  • Bila bahannya tipis misalnya kertas, jangan dijiplak menggunakan karbon. Karena ada resiko kotor. Yang paling mengagumkan, menjiplaknya dengan cara meletakkan qalib dibawah kertas (lebih baik lagi bila dibawahnya diberi  lampu agar kaligrafinya terlihat kentara). Lalu mulailah menjiplak menggunakan pensil. Untuk kaligrafer yang telah ahli, umumnya beliau eksklusif menulisnya menggunakan pena kaligrafi dan tinta menggunakan mengikuti jiplakan yang menerawang itu. Mereka tidak butuh pensil. 
  • Para kaligrafer antik mempunyai metode jiplak yg dianggap ta'bir. Yaitu memakai tusuka tusukan jarum. 

Diberi selotip


Mulai dijiplak dengan pensil

Angkat selotipnya, serta singkirkan jiplakan (qalib)nya


Mulai menulis dengan pena beneran


Jangan lupakan lebih jelasnya 
(harokat, hiasan, tahun serta indikasi tangan)



5.  Tahap Tartisy (Finalisasi)

Setelah karya yg diinginkan terselesaikan, proses selanjutnya merupakan finishing (tartisy). Kegiatannya adalah membersihkan, menghaluskan serta menajamkan. 
  • Hapus bekas bekas pensil menggunakan penghapus karet (pastikan tinta kaligrafinya sudah kemarau)
  • Kerik tinta yang dianggap kurang rapi. Gunakan pisau spesifik atau cutter.
  • Haluskan menggunakan menambahkan tinta. Gunakan pena dengan ukuran mata mini .
Dikerik menggunakan pisau spesifik (pisau hobi)


Dihaluskan dan disempurnakan menggunakan pena ukuran kecil


Karya yang telah jadi


Selesai. Jadilah sebuah karya yang kaligrafi yg siap di pamerkan atau dipasarkan. 

Demikianlah langkah langkah menciptakan karya kaligrafi berdasarkan Jasim Mi'raj. Saya yakin tentu para pembaca sekalian mempunyai pengalaman yg berbeda beda. Mudah mudahan ada keuntungannya. 



Comments