KUFI MUROBBA SEJARAH DAN KAIDAH KAIDAHNYA

Kufi Murobba' atau yang dianggap Kufi Satranji (catur) adalah satu jenis kaligrafi Kufi yang menonjolkan karakter geometrik. Murobba' sendiri artinya kubus. Kufi Murobba' dibuat dengan cara mengisi bidang bidang kubus pada media, sehingga terbentuk sebuah huruf atau kata atau ungkapan. Kufi murobba' adalah kaligrafi rekayasa arsitektur. Siapapun mampu membuatnya dalam waktu singkat, asalkan banyak berlatih. Tidak seperti kaligrafi lain yg buat menguasainya butuh latihan bertahun tahun.

Kufi murobba' termasuk peninggalan kuno. Tapi dia seperti lahir buat rakyat terkini. Sangat cocok buat dibentuk logo atau simbol. 

Berasal Dari Pembakaran Batu Bata


Mengenai sejarah Kufi Murobba', tidak terdapat data niscaya tentang semenjak kapan dia berkembang. Prof. Mahmud Sya'ban yang sudah banyak melakukan penelitian tentang kufi murobba'. Ia  mengeliliki seperempat negara Mesir untuk mengumpulkan gambar kufi murobba' berdasarkan dokumen dokumen usang, prasasti prasasti, pilar pilar masjid serta bangunan kuno seperti benteng.  Ia memastikan bahwa Kufi Murobba' bukan temuan warga modern, melainkan peninggalan usang. 


Kamil Salman Al Jaburi dalam buku Mausu'ah al khat memiliki teori, bahwa kufi murobba' asal menurut loka pembakaran batu bata. Batu bata yang ditumpuk tumpuk membentuk ilham karya seni yg kemudian diklaim Hazar Baf. Yaitu seni dekorasi menurut batu bata yang dibakar dengan kadar kehangusan tidak sinkron beda (al mukhtalif al harqi). Seni ini berkembang pada Iraq serta Iran .


Hazar Baf




Banna'i


Seni Hazar Baf dan seni Banna'i adalah seni dekorasi menurut batu bata dengan cara menyusunnnya secara geometri sebagai akibatnya menciptakan goresan pena tulisan atau bentuk bentuk eksklusif.  Bila batu bata itu dibentuk muncul serta seperti anyaman, maka dianggap Hazar Baf. Jika nir, maka diklaim Banna'i. Seni dekorasi ini asal menurut Iraq dan Syiria pada abad ke 8. Yaitu pada era Timurid dan Seljuq.

Kaidah Kufi Murobba'


Khat Kufi Murobba' nir memiliki poly kaidah untuk dipelajari. Yang krusial si penulis bisa mengikuti alur kotak kotak yang tersedia. Keberanian pula diperlukan, lantaran ruang yang tersedia terbatas. Bisa jadi engkau akan menulis alfabet alfabet saling jungkir kembali mengikuti kotak yang tersedia. Tidak usah takut jika akhirnya karyamu sebagai sulit dibaca. Lantaran Kufi Murobba' ini adalah hiasan. Adapun pesan kandungannya, relatif engkau cantumkan kabar dibawahnya. 

Untuk menulis Kufi Murobba' engkau wajib menyediakan kitab kotak, atau kertas milimeter. Kamu bisa jua membuatnya memakai komputer menggunakan Adobe Illustrator atau bahkan Excel. Yang penting berukuran row dan columnnya dibuat sama. 

Selanjutnya silahkan diperhitungkan atau pada sketch buat memilih mana bagian yang diwarnai, mana bagian yg dikosongkan. Jika bagian isi serta bagian kosong ukuran sama (misalnya sama sama satu kotak), umumnya karyamu jadi sulit dibaca. Semakin tebal bidang isinya serta semakin tipis bidang kosongnya, semakin gampang buat dibaca.

Berikut ini kaidah kaidah Kufi Murobba' hasil susunan  Muhammad Munir Ribat : 


Huruf Huruf Alif, Ba' Dan Jim



Huruf Dal Dan Ro


Huruf huruf Sin, Syin Shod dan Tho




Huruf Ain serta Qaaf





Huruf huruf Qaaf serta Kaaf



Huruf huruf Laam Mim Nun




Huruf alfabet Ha' Wawu Ya



Artikel ini ditulis dengan memperhatikan sumber sember tertera dibawah ini.all artworks are properties of their respective owners If you own the hak cipta to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.

Comments