KRITERIA ALAT PENANGKAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN

Kriteria Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan - pelabuhan perikanan pantai ( PPP ) tawang weleri mengadakan aktivitas pengenalan penggunaan alat tangkap ikan ramah lingkungan. Dalam program tersebut langsung dibuka oleh kepala pelabuhan bapak sihono. Hadir dalam kesempatan tersebut nara sumber dari BBPI, Semarang, HNSI serta BLH Semarang. 

Dalam diskusi antara nelayan dengan nara asal banyak pertanyaan pertanyaan dimana nelayan sebenarnya ingin buat memakai indera tangkap ikan yang ramah lingkungan. 


Problem di pantai utara jawa khususnya didaerah weleri, kendal perkara telah over fishing. Kegiatan penangkapan ikan telah berlangsung puluhan tahun tanpa adanya pemulihan sumber daya perikanan.  


Selain karena itu penggunaan indera tangkap yang tidak ramah lingkungan merupakan penyumbang terbanyak masalah over fishing. Pada dasarnya kriteria indera tangkap ramah lingkungan sudah jelas. 


Seperti purse seine itu termasuk alat tangkap ramah lingkungan tapi bila purse seine di gunakan menggunakan kedalaman jaring sama atau melebihi kedalaman fishing groud maka purse seine sanggup terbilang nir ramah lingkungan. 


Pancing merupakan indera tangkap yang paling selektif tetapi apabila menerima Hiu indera tangkap pancing telah mampu pada bilang tidak ramah lingkungan.

Kriteria Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan

Menurut Hudring selaku nara asal menyampaikan Untuk memenuhi kriteria ramah lingkungan maka wajib memenuhi sembilan kriteria. Namun kondisi nya nir terdapat satupun indera tangkap yang sanggup memenuhi  kriteria tersebut. Kriteria tadi diantaranya : 

1. Memiliki selektifitas tinggi


2. Tidak Mengganggu lingkungan


3. Tidak membahayakan lingkungan


4. Hasil tangkapan berkualitas tinggi


5. Produk tidak membahayakan konsumen


6. By catch rendah


7. Memberikan impak rendah terhadapa lingkungan


8. Tidak menangkap ikan spesies tertentu


9. Diterima secara sosial.

Harapan menurut aktivitas tersebut agar nelayan khususnya nelayan weleri bisa lebih mengerti dan memahami mengenai kelestarian asal daya ikan. Dan bisa mengaflikasikan alat tangkap yang bertanggung jawab dalam keberlangsungan asal daya ikan.

Comments