KONSTRUKSI UMUM JARING TRAWL

Konstruksi generik jaring trawl -Pada dasarnya semua bentuk konstruksi trawl hampir sama. Yang membedakan adalah panjang sayap dan pengoperasiannya. Asal segi bentuk (konstruksi) 

KONSTRUKSI UMUM JARING TRAWL


Trawl ini terdiri dari bagian-bagian :

1)kantong (cod end)

Kantong ialah bagaian asal jarring yg adalah daerah terkumpulnya yang akan terjadi tangkapan. Pada ujung kantong diikat menggunakan tali untuk menjaga supaya dampak tangkapan tidak gampang lolos (terlepas).


2)badan (body)

Adalah bagian terbesar dari jaring, terletak antara sayap dan  kantong. Bagian ini berfungsi buat menghubungkan bagian sayap dan  kantong untuk menampung jenis ikan-ikan dasar dan  udang sebelum masuk ke dalam kantong. Badan tediri atas bagian-bagian mini yg ukuran mata jaringnya berbeda-beda.

3)sayap (wing).

Sayap atau kaki merupakan bagian jaring yg merupakan sambungan atau perpanjangan badan sampai tali salambar. Fungsi sayap merupakan buat menghadang serta  mengarahkan ikan supaya masuk ke pada kantong.

4) ekspresi (mouth)

Alat Tangkap Trawl mempunyai bibir atas dan bibir bawah yg berkedudukan sama. Pada bagian jaring ada:

A.pelampung (float): tujuan generik penggunan pelampung merupakan buat menyampaikan daya apung pada alat tangkap cantrang yg dipasang dalam bagian tali ris atas (bibir atas jaring) menjadi akibatnya bagian jaring bisa terbuka.

B.pemberat (sinker): dipasang pada tali ris bagian bawah memakai tujuan agar bagian-bagian yang dipasangi pemberat ini cepat tenggelam serta  permanen berada pada posisinya (dasar perairan) walaupun menerima pengaruh dari arus.

C.tali ris atas (head rope) : berfungsi menjadi tempat mengikatkan bagian sayap jaring, badan jaring (bagian bibir atas) dan pelampung.

D.tali ris bawah (ground rope) : berfungsi menjadi daerah mengikatkan bagian sayap jaring, bagian badan jaring (bagian bibir bawah) jaring dan  pemberat.

5) tali penarik (warp)

Berfungsi buat menarik jarring selama di operasikan.

Comments