KONDISI UMUM PERIKANAN SENDANG BIRU MALANG

Kondisi Umum sendang biru, malang
Salah satu wilayahyang mempunyai asal daya perikanan yg besar pada Jawa Timur merupakan perairan SendangBiru, Malang Selatan. 


Sendang Biru terletak di daerah perairan pesisir selatanJawa Timur yg berbatasan langsung dengan Samudera Hindia adalah galat satuwilayah menggunakan potensi kelautannya yg sangat besar , baik ditinjau dari segikeberlimpahan biotanya juga cakupan sebaran wilayahnya. Hal tadi nir bisadilepaskan menurut kesuburan perairannya.

KONDISI UMUM PERIKANAN SENDANG BIRU, MALANG


Secara administrasi perairan Sendang Biru berada diwilayah Desa Tambak Rejo,Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Sedangkan letak geografisnya adalah 08o37` - 08o41`LS serta 112o35` - 112o43` BT menggunakan ketinggian 0 – 100 mdi atas bagian atas laut. Secara administrasi perairan Sendang Biru beradadiwilayah DesaTambakRejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, KabupatenMalang. Sedangkan letak geografisnya adalah 08o37` - 08o41`LS dan 112o35` - 112o43` BT menggunakan ketinggian 0 – 100 mdi atas bagian atas laut.  Batas administrasi perairan Sendang Biru merupakan sebagaiberikut :
  • Sebelah Barat : berbatasan dengan DesaSitiarjo
  • Sebelah Utara : berbatasan dengan Desa Kedung Banteng
  • Sebelah Timur : berbatasan menggunakan DesaTambak Asri
  • Sebelah Selatan : berbatasan menggunakan Samudera Indonesia.      
Sendang Biru merupakan daerah pantai Selatan yangtidak terdapat landasan benua namun curam dan berkarang, menggunakan demikiangelombang yang terjadi adalah mulai dari gelombang sedang hingga gelombangbesar dan terjadi dua kali pasang surut menggunakan arus pasang yang bertenaga.sedangkan dasar perairan pantai berupa pasir, lumpur dan karang dengankedalaman 100 m. 

Secara umum wilayah daratan Sendang Biru memilikitopografi berbukit-bukit dengan medan berlereng sedang hingga curam padaketinggian 50-250 meter dari permukaan air laut. Kemiringan lereng pada kawasanstudi cukup bervariasi yaitu datar (<3%), relatif landai (tiga-8%), relatif curam(25-40%) dan sangat curam (>40%). 


Bagian pantai Sendang Biru sebagianmerupakan batuan kapur dan karang serta berdinding terjal, bagian lainmerupakan pantai yang relatif landai dengan panjang nisbi pendek (50-100m)terdapat di bagian Timur serta Barat. 


Di Sendang Biru masih ada dua macamjenis tanah yaitu Aluvial Kelabu yang subur dan komplek Litosol, Mediteraniadan Renzina yang mengandung kapur. Secara generik tanah di Sendang Biru merupakanlapisan kapur yg mudah tererosi serta nir fertile.


Potensi pesisir Sendang Biru yg paling menonjoladalah potensi perikanannya, khususnya jenis tuna serta cakalang.  hasiltangkapan tuna dan cakalang didaratkan pada TPI Pondok Dadap sang nelayansetempat maupun nelayan berdasarkan luar daerah serta dipasarkan hingga ke luar propinsiJawa Timur. 

Comments