KOMPONEN TV CRT YANG MENYIMPAN MUATAN LISTRIK MESKI TV DALAM KEADAAN MATI

Beberapa komponen tv yg masih menyimpan muatan tegangan tinggi meski pada keadaan meninggal.

Berbahaya bila anda menjadi seorang pemula di dunia servis tv CRT belum mengetahui mana saja yg masih menyimpan tegangan meski tv dalam keadaan mangkat .

Perlu anda ketahui bahwa beberapa komponen dalam sebuah tv masih menyimpan muatan tegangan meski tv pada keadaan meninggal. Berikut ini akan aku sebutkan beberapa komponen yang meski anda waspadai saat akan mengukur komponen atau akan mencabut komponen waktu tv pada keadaan meninggal.

!

1. Flyback
Pertama merupakan flyback pada bagian cop. Biasanya yang menyimpan tegangan adalah lubang CRT bukan flyback nya. Ini terbukti saat saya kesetrum waktu flyback telah di copot dari lubang CRT, ternyata sehabis aku sentuh pada bagian lubang CRT tadi masih nyetrum meski flyback sudah dilepas.

2. Elco 180 volt
Elco ini terdapat dalam bagian penguat video/rona. Tegangan 180 volt berasal menurut flyback. Agar anda bisa mudah mencari tegangan ini cari elco yg berukuran lebih dari 200 volt dalam beberapa televisi meletakan elco ini dalam bagian pcb soket CRT. Namun jua terdapat yang meletakkan pada bagian dekat flyback. Jika anda ingin mencopot elco pada bagian penguat video hendaknya periksa dulu apakah terdapat tegangan atau nir.

3. Elco regulator 450v
Elco utama dalam bagian regulator yang masih menyimpan umumnya dialami oleh tv yg mengalami mangkat total nir disertai reaksi apapun waktu dicolokan ke listrik. Jika anda ragu maka short kan dulu menggunakan cara yang kondusif.

4. Elco b+115 v
Muatan masih tersimpan dalam elco filter400v b+ sporadis terjadi bila akses menuju beban nir putus. Namun apabila jalur menuju beban /flyback putus umumnya elco ini masih menyimpan tegangan tinggi. Daripada ragu lebih baik cek menggunakan volt dc meter.

Nah buat mengshortkan aku sudah membahas pada artikel cara membuang residu tegangan tinggi yg masih tersimpan pada perangkat tv.

Semoga berguna, semoga anda terhindar sengaja tegangan dari komponen yg masih menyimpan muatan listrik. Selain keselamatan anda sendiri pula menjaga keselamatan multitester anda.

Comments