KISAH MENARIK PERANG TROYA

Perang Troya merupakan galat satu peristiwaterpenting yang sudah diceritakan pada mitologi Yunani. Itu merupakan perang yangterjadi antara orang-orang Achena (orang-orang Yunani) dan kota Troy. Narasiyang paling terkenal menurut kisah ini adalah puisi epik Iliad, yg ditulis olehHomer.
Zeus percaya bahwa jumlah insan yangmenempati bumi terlalu tinggi dan memutuskan sudah waktunya untukmenurunkannya. Apalagi, lantaran ia mempunyai berbagai urusan dengan wanita fanadan anak-anak 1/2 tuhan, ia pikir akan lebih baik menyingkirkannya. Diamembentuk sebuah planning sehabis beliau mengetahui 2 nubuat, nubuat yang pertamamengatakan bahwa beliau akan diturunkan tahta oleh salah seorang anaknya, sepertiyang sudah dia lakukan dengan ayahnya sendiri, Cronus. Nubuat yg lainmenyebutkan bahwa nimfa laut Thetis, yang kepadanya Zeus sudah jatuh, akanmelahirkan seorang putra yang akan melampaui ayahnya dalam kemuliaan. Jadi,Zeus tetapkan buat menikahi Thetis dengan Raja Peleus.


Dewa yang kuasa mengadakan sebuah pesta besar dalamperayaan pernikahan raja Peleus dan Thetis, pada mana seluruh yang kuasa serta tokohpenting diundang, kecuali dewi perselisihan, Eris. Sang dewi berhenti di depanpintu Hermes, menyebalkannya. Sebelum beliau pulang, dia melemparkan hadiahnya ketengah para tamu; Apple of Discord, sebuah apel emas pada mana kata-istilah"yg paling indah" sudah ditulis. Hera, Athena, serta Aphrodite mulaibertengkar mengenai siapa yang wajib menjadi orang yg merogoh apel itu, danmenuntut supaya Zeus menetapkan perkara ini. Zeus tahu bahwa bila dia membuatpilihan, beliau akan mengakibatkan kemarahan dua lainnya yg nir dipilih, danmemutuskan buat menjauhkan diri; Sebagai gantinya, beliau menunjuk Paris,pangeran muda Troy, menjadi hakim. Paris tidak mampu merogoh keputusan, bahkansetelah melihat ketiga dewi itu telanjang, maka mereka mulai menyuapnya. Heramengatakan bahwa beliau akan mendapatkan kekuasaan politik serta sebagai penguasabenua Asia. Athena akan memberinya kebijaksanaan serta keterampilan hebat dalampertempuran, dan Aphrodite menawarinya wanita tercantik di dunia, Helen ofSparta. Paris memberi apel itu ke Aphrodite, dan kembali ke Troy.
Raja Peleus dan Thetis mempunyai seorang putrayaitu Achilles. Tethis menggetahui ihwal 2 nubuat yang di peruntukan untukputranya tersebut, Salah satu nubuatnya merupakan bahwa dia akan menjalanikehidupan yang indah namun panjang, atau yang mulia akan tetapi beliau akan mati muda dimedan perang. Nubuat yg lain merupakan bahwa tanpa bantuannya, kota Troy tidakakan pernah jatuh. Lantaran takut akan kehidupan anaknya, Thetis memutuskan untukmemberikan keabadian kepadanya. Ketika masih bayi, beliau membawanya ke RiverStyx, galat satu sungai yang melintasi Dunia Bawah, dan mencelupkannya ke air,sebagai akibatnya membuatnya kebal. Namun, Thetis nir menyadari bahwa tumit anaklaki-laki itu, yg darinya beliau menahannya, nir menyentuh air serta tetaphidup. Ini nantinya akan menjadi malapetaka Achilles, dan adalah berasal mulafrase modern "Achilles 'heel", yg mengindikasikan titik rawan. Setelahritual tersebut, beliau mendandani dia menjadi seorang gadis dan menyembunyikannyadi istana Raja Lycomedes berdasarkan Skyros.
Sementara itu, perempuan tercantik pada duniayaitu Helen, adalah putri Raja Tyndareus dari Sparta, dan poly pelamar muliatelah tiba buat mengklaim tangannya pada pernikahan. Tyndareus tidak inginmembuat pilihan lantaran takut mengakibatkan ketegangan politik, serta menundakeputusan tadi. Salah satu pelamar, Odiseus, menunjukkan diri buat membantumenyelesaikan situasi, meminta imbalan buat Penelope, Tyndareus putusan bulat, danOdiseus meminta supaya seluruh pelamar bersumpah bahwa mereka akan melindungipasangan itu tidak peduli siapa calon pengantin pria itu. Setelah sumpahdiambil, Tyndareus memungut Menelaus menjadi suami putrinya, yg secaraefektif menjadikannya penerus takhta Spartan melalui Helen. Namun, Menelausmenyebabkan kemarahan Aphrodite, sehabis gagal mengorbankan seratus ekor lembuuntuknya misalnya yg beliau janjikan. Inilah sebabnya mengapa Aphroditememutuskan buat membantu Paris memenangkan hati Helen. Sang dewi membuatrencana dan menyamarkan Paris menjadi utusan diplomatik. Dia lalu pergi keSparta, pada mana Helen menyambutnya, sementara suaminya pergi ke Kreta untukmenguburkan pamannya. Pada saat itu, yang kuasa cinta, Eros, menembak panah kearahnya, sehingga menyebabkan beliau jatuh cinta pada pangeran Trojan. Keduakekasih itu melarikan diri serta pulang ke Troy.
Menelaus pulang ke tempat tinggal serta menyadari apayang sudah terjadi. Seiring dengan Odiseus, mereka pergi ke Troy untukmengembalikan Helen, akan tetapi semua bisnis diplomatik gagal. Jadi, Menelausmemanggil Sath of Tyndareus, dan dibantu sang saudaranya Agamemnon, memanggilsemua pemimpin Achaean yang sebelumnya merupakan pelamar Helen buat memenuhisumpah mereka. Mereka juga membutuhkan pertolongan Achilles, karena mereka tahunubuat bahwa Troy hanya akan jatuh dengan bantuannya. Odiseus, Telapak Ajax danPhoenix pergi ke Skyros dimana mereka memahami Achilles disamarkan menjadi perempuan .di sana, mereka juga meniup sebuah warhorn, yang menurutnya Achilles adalahsatu-satunya perempuan yg mengambil tombak pada tangan; atau mereka ada sebagaipedagang yg menjual perhiasan serta senjata, serta Achilles merupakan satu-satunyawanita yg tertarik dalam yang terakhir ini.
Setelah Achilles bersama mereka, semuapemimpin berkumpul di pelabuhan Aulis. Pengorbanan dilakukan ke Apollo, dantuhan mengirimkan tanda, orang-orang Achena melihat seekor ular muncul darialtar yang meluncur ke sarang burung, pada mana dia memakan bunda dan sembilananaknya sebelum dipukul menjadi batu. Pelihat Calchas berkata bahwa iniberarti Troy akan jatuh pada tahun kesepuluh dari perang tadi. Orang-orangAchaun berlayar menuju Troy, meski nir terdapat yg memahami jalannya. Dengankesalahan, mereka tiba di Misia, diperintah sang Raja Telephus; Setelahpertempuran, di mana Achilles melukai raja, kapal-kapal Achaean berlayar tapisebuah badai menebarkan mereka. Luka telephus nir akan sembuh, dan nubuatmengatakan kepadanya bahwa itu akan disembuhkan sang orang yang menimpanya.ketika Telephus menghadapi Achilles, dia mengatakan bahwa beliau nir memilikipengetahuan medis, Odiseus kemudian mengusulkan agar tombak yg menyebabkanluka itu mampu membantu, sehingga rabat logam dipakai serta luka itu sembuh.telephus kemudian memberitahu mereka bagaimana mereka akan sampai pada Troy.
Karena badai yg memisahkan armada, parapemimpin Achaean akhirnya berkumpul pada Aulis lagi delapan tahun kemudian.namun, mereka tidak mampu berlayar karena nir terdapat angin. Calchas menyadaribahwa ini adalah hukuman menurut dewi Artemis, yg sangat marah dalam Agamemnonkarena membunuh seekor rusa suci. Artemis menuntut agar anak perempuanAgamemnon, Iphigenia dikorbankan. Meskipun awalnya Agamemnon menolak, akhirnyadia menggunakan enggan sepakat, serta menipu istrinya Clytemnestra serta Iphigenia untukpergi ke Aulis, mengatakan bahwa Iphigenia akan menikahi Achilles. Ketikamereka sampai pada Aulis dan mengerti apa yg sedang terjadi, Clytemnestramengutuk Agamemnon serta adalah alasan mengapa beliau membunuhnya sehabis perangusai. Iphigenia dengan manis mendapat nasibnya dan menempatkan dirinya dialtar; Namun, tepat ketika Calchas hendak mengorbankannya, Artemis menggantikanwanita itu dengan seekor rusa serta membawanya ke Tauris di mana beliau menjadipendeta agung sang dewi. Meskipun demikian, tidak terdapat yg melihat apa yangterjadi di altar kecuali Calchas, yg tidak mau mengungkapkan apapun.
Angin kembali bergemuruh sesudah pengorbanandan armada Achaean akhirnya mampu berlayar. Mereka berhenti pada pulau Tenedos,tempat Achilles membunuh raja, yang adalah putra ilahi Apollo. Mereka telahmemperingatkan anaknya buat nir membunuh raja, agar jangan dibunuh oleh tuansendiri. Ini pula merupakan ramalan nasib oleh pahlawan. Sementara di pulauitu, orang-orang Yunani mengirim misi diplomatik ke Troy buat meminta Helen,akan tetapi ditolak ke kota. Jadi armada itu berlayar pada akhir perjalanannya.


Ketika armada datang, mereka seluruh engganturun, karena sebuah nubuat menyampaikan bahwa orang Yunani pertama yg menginjaktanah Trojan akan sebagai yg pertama yang mangkat pada perang tadi.akhirnya, Odiseus tetapkan untuk turun terlebih dahulu; Namun, diamelemparkan perisainya ke tanah dan menginjaknya, sementara Protesilaus yangmengikutinya mendarat di tanah. Begitulah Protesilaus yg mati lebihdulu, dalam satu pertempuran melawan pangeran Trojan Hector.
Pengepungan Troy berlangsung sembilan tahun,namun tidak lengkap, Troy masih sanggup mempertahankan interaksi dagang dengankota-kota Asia lainnya, serta menerima bencana bantuan. Pada akhir tahunkesembilan, tentara Achaean memberontak serta menuntut supaya mereka pulang kerumah, tetapi akhirnya Achilles meyakinkan mereka buat tinggal lebih usang.
Pada tahun kesepuluh, pastor Apollo, Chryses,pulang ke Agamemnon serta meminta kembalinya putrinya Chryseis, yang telah diambilsebagai selir. Agamemnon menolak, dan Chryses berdoa pada Apollo, yangmenyebabkan tentara Yunani menderita endemi penyakit. Agamemnon mengembalikanChryseis ke ayahnya, akan tetapi malah merogoh selir Achilles buat dirinya sendiri.achilles, yang murka , berkata bahwa dia tidak akan lagi bertengkar dantinggal pada tendanya. Meskipun orang-orang Achaa pada awalnya memenangkanbeberapa pertempuran, penolakan Achilles buat melawan mengakibatkan serangkaiankekalahan, hingga-sampai Trojans hampir membakar kapal-kapal Yunani. Kemudian,Patroclus, seorang teman dekat Achilles, mengambil alih komando tentaraMyrmidon, namun dibunuh pada pertempuran oleh Hector. Achilles, yang marahkarena duka cita, bersumpah membalas dendam; Agamemnon mengembalikan gundik itukembali kepadanya dan ke 2 pemimpin tersebut berdamai. Tentara Yunani kembalimenang, dan Achilles akhirnya berhasil membunuh Hector; dia menolak menyerahkantubuh Hector ke Troya buat dimakamkan, dan sebaliknya beliau menajiskannya denganmenyeretnya dengan kereta pada depan tembok kota. Dia akhirnya sepakat untukmengembalikannya, selesainya King Priam of Troy memohon penguburan anaknya yangtepat.
Achilles lalu meninggal karena panahberacun yg ditembak Paris terhadapnya. Anak panah itu dipandu oleh dewaApollo dan menabrak Achilles pada tumitnya, yang merupakan satu-satunya tempatyang rentan menurut tubuh pahlawan tersebut. Achilles dibakar di atas api unggunpemakaman dan tulang-tulangnya bercampur aduk rata menggunakan teman dekat Patroclus.paris dibunuh lalu sang Philoctetes, menggunakan busur Herakles.
Odiseus merancang sebuah planning untukmengakhiri perang demi selamanya. Dia meminta agar dibangun kuda kayu yangberlubang di dalamnya. Tentara bersembunyi pada pedalaman kuda, yg dibawa didepan gerbang kota, berkata bahwa itu merupakan hadiah berdasarkan orang-orang Yunani,menerangkan penarikan tentara Yunani serta akhir perang. Trojans dengan senanghati menerima serta membawa kudanya ke pada kota. Mereka lalu mulai berpestadan merayakan kemenangan. Pada malam hari, tentara Yunani keluar menurut kuda danmulai membunuh Trojans yg mabuk. Dalam pertempuran yg diikuti, sejumlahbesar tentara meninggal namun akhirnya, Troy jatuh. Orang-orang Yunani membakarnyadan menggerebeknya, pada waktu bersamaan melakukan pelanggaran terhadap banyakdewa, menggunakan menghancurkan kuil serta tempat-tempat suci. Meski menang,kebanyakan pahlawan serta tentara Yunani tidak pernah balik ke rumah ataukembali sehabis mengalami poly petualangan, karena para yang kuasa itu marah.
Menurut Hesiodus, perang Troya menandaiberakhirnya Era Heroik Manusia menurut transisi dunia ke Zaman Besi. Zeus mencobauntuk merubuhkan bumi serta membunuh sejumlah demigods dan pahlawan terbuktiberhasil.

Comments