KEUNGGULAN INVERTER VARIABLE FREQUENCY DRIVES VARIABLE SPEED DRIVES

Berbagai keunggulan menggunakan Inverter atau Variable speed drives
Penggunaan Inverter atau Variable Frequency Drive buat mengoperasikan Motor listrik AC 3 Phase LV (Low Voltage), waktu ini sudah banyak kita jumpai.
Khususnya pada dunia industri, Penggunaan Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) Memberikan berbagai laba dan kemudahan, baik menurut segi hemat, Teknis, maupun untuk lingkungan.
Inverter atau VFD biasa juga dianggap dengan VSD (Variable Speed Drives).

Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) AC tiga Phase

Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) merupakan keliru satu sistem untuk Starting Electro motor Listrik AC 3 Phase.
Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) merupakan suatu alat buat mengoperasikan Electro motor Listrik AC 3 Phase .
Inverter Atau VFD (Variable Frequency Drives) mengatur kecepatan putaran motor listrik AC tiga Phase menggunakan prinsip kerja mengatur Besaran nilai Frekwensi dan tegangan yang diterima Motor listrik tersebut.
Hubungan Frekwensi listrik menggunakan kecepatan putaran Motor listrik (RPM)
Kecepatan putaran suatu Motor Listrik sangat dipengaruhi oleh besaran Frekwensi listrik yang dipakai untuk mengoperasikan Motor listrik tersebut.
Semakin tinggi frekwensi listrik yg menyuplai suatu motor listrik, akan semakin akbar kecepatan putaran (Rpm) motor listrik tadi.
Rumus kecepatan putaran Motor listrik AC:
N = (f x 120) : P
Kecepatan putaran (RPM) motor AC sama dengan Frekwensi dikali 120 dibagi jumlah kutub medan magnet gulungan motor listrik AC tadi.
N = Kecepatan putaran (Rpm) Motor (Rotation perminute)
f = Frekwensi (Hertz)
P = Pole atau Kutub Motor
Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) mengatur besaran nilai menurut Frekwensi dengan tujuan buat mendapatkan kecepatan putaran sesuai dengan yang diinginkan, tetapi dengan Kemampuan Torsi (Torque) Motor listrik yang tetap. Dan meminimalkan lonjakan Arus start motor listrik.
Bagian – bagian pada Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives)

1. Converter
2. DC Link
3. Control Logic
4. Inverter
Prinsip dasar inverter atau VFD (Variable Frequency Drives)
Prinsip dasar inverter atau VFD (Variable Frequency Drives)pada mengatur akbar kecilnya nilai Frekwensi dan tegangan yg dialirkan ke motor listrk AC tiga Phase yaitu :
  • Tegangan listrik primer (Main Power) dalam bentuk tegangan AC (Arus bolak – balik ) dialirkan ke Inverter atau VFD, melewati bagian Converter, Converter berfungsi buat mengubah Tegangan primer AC diubah menjadi Tegangan Arus searah (DC).
  • Tegangan yg telah disearahkan (DC) tersebut akan ditampung dalam DC bus (capacitor bank) buat mendapatkan tegangan arus searah (DC) yg kontinu atau permanen.
  • Tegangan Arus searah (DC) tadi lalu dialirkan ke dalam bagian inverter buat dicacah dan dimodulasi oleh rangkaian flip-flop buat didapatkan tegangan AC (berupa gelombang pseudo-sine atau PWM) menggunakan frekuensi yg diinginkan.
PWM adalah : Pulse Width Modulation
Konverter

Konverter akan mengubah Tegangan AC 3 Phase menjadi tegangan DC serta dihaluskan oleh rangkaian induktor serta Capasitor.
Besarnya Nilai tegangan DC yg dihasilkan adalah 1,35 kali dari Tegangan input. Apabila tegangan masukan (Input Power) adalah 480 Volt, maka dirubah sebagai tegangan DC sebanyak 650 Volt.
Inverter

Inverter memakai suatu alat Elektronik yg diklaim IGBT.
IGBT atau Insulated Gate Bipolar Transistor.
IGBT mempunyai kemampuan switching yang sangat tinggi hingga ribuan kali per dtk, dimana dapat aktif kurang dari 400 nano dtk serta tewas dalam waktu 500 nano dtk.
IGBT dibangun oleh sebuah Gate , kolektor, dan emiter. Saat Gate diberikan tegangan positif (umumnya +15VDC), arus akan mengalir melalui kolektor dan emiter.
IGBT akan tewas waktu tegangan positif dihilangkan menurut gate. Selama kondisi tewas, tegangan gate IGBT akan ditahan dalam nilai tegangan negatif yang kecil sekitar -15VDC, hal ini bertujuan untuk mencegah supaya nir hayati atau menyala dengan sendirinya.
Pemakaian Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) sebagai sistem pengoperasion Motor Listrk mempunyai berbagai keuntungan dibanding dengan sistem Starting Motor listrik AC 3 Phase lainnya.
Berbagai Keuntungan penggunaan Inverter Atau VFD (Variable Frequency Drives), Antara lain:
  • Meminimalkan Lonjakan Arus starting Motor Listrik
Penggunaan Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) dapat menurunkan tingginya lonjakan arus starting Motor Listrik.
Dan sistem Starting Motor dengan Inverter atau VFD jauh lebih baik dibanding dengan sistem starting Motor lainnya, misalnya Sistem starting motor listrik AC tiga Phase dengan Direct On Line (DOL), Star Delta, Auto Transformer, serta sistem starting motor lainnya.
  • Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) dapat secara terus menerus mengatur kecepatan putaran motor listrik.
Tak hanya bermanfaat buat sistem starting dalam motor, Selain itu , Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) juga dapat secara terus menerus mengatur kecepatan putaran motor listrik. Serta diadaptasi menggunakan putaran yang dibutuhkan suatu proses.
  • Inverter atau VFD sangat baik digunakan buat proses automation pada Industri atau pabrik.
Inverter dapat digunakan sebagai pengatur sistem automatis, seperti sistem Automatis pada pompa air, Blower, Fan, serta lainnya. Untuk mendapatkan putaran motor listrik yg berubah – ubah sesuai menggunakan kebutuhan suatu proses.
  • Penggunaan Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) dapat menaruh aneka macam penghematan.
Hemat Energi Listrik
Karena Starting Motor listrik membutuhkan daya serta arus yang sangat tinggi, penggunaan Inverter atau VFD dapat meminimalkan pemakaian Daya dan Arus tersebut, sehingga pemakaian energi listrik bisa dihemat.
Disamping itu, pada beberapa aplikasi motor listrik yg tidak memakai Inverter atau VFD, kecepatan putaran (RPM) suatu Motor Listrik selalu berada dalam max speed (kecepatan Maksimal), sedangkan kebutuhan suatu mesin tidak selalu harus pada kecepatan penuh.
Dengan memakai Inverter atau VFD, bisa menyesuaikan kecepatan putaran (RPM) motor listrik sinkron dengan yang diharapkan suatu mesin / proses, sebagai akibatnya mencegah terjadinya energi putar yang terbuang sia- sia. Dan menghemat energi listrik.
Hemat biaya
Dengan memakai Inverter atau VFD buat sistem starting dan Control motor listrik, pemakaian berbagai material untuk pembuatan panel control motor (MCC) dapat diminimalkan.
Karena pada sistem starting Inverter atau VFD nir lagi membutuhkan Material yg biasa digunakan dalam panel MCC misalnya Magnetic Contactor, Thermal Overload Relay, Pilot Lamp, Push Button dan wiring. Sehingga dapat berhemat biaya pembuatan panel serta minimal perawatan.
  • Penggunaan Inverter atau VFD pula memiliki sistem pengaman yg sangat baik
Seperti , pengaman terhadap kebocoran listrik, Pengaman beban lebih, Pengaman gangguan tegangan, pengaman Tegangan lebih (Over Voltage) atau Tegangan kurang (Under Voltage).
Dengan sensitifitas proteksi pengaman yang bisa diatur sesuai kebutuhan.
Inverter atau VFD pula memberikan pengaman yang sangat baik terhadap motor listrik, sehingga dapat meminimalkan aneka macam gangguan yang menyebakan kerusakan terhadap motor listrik tersebut.
  • Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) memiliki berbagai kemampuan daya.
Tersedia berdasarkan ukuran daya (KW) kecil sekitar 0,37 kw hingga daya (KW) yg besar lebih kurang 500 kw atau lebih.
  • Dapat dihubungkan dengan aneka macam perangkat atau instrument
Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives memiliki kelebihan yaitu bisa dihubungkan ke banyak sekali instrument baik Analog input, Digital input serta juga dapat mengirimkan frekuwensi Analog Output serta Digital Output. Sehingga sangat mudah buat dirangkaikan dalam sistem sensor serta control system
Masih banyak lagi banyak sekali laba dan keunggulan lainnya yg bisa kita peroleh menggunakan menggunakan perangkat Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) ini.

Terdapat aneka macam orisinil pabrik atau Merek yang menghasilkan perangkat Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives), Salah satunya adalah produk Inverter, VFD atau VSD (Variable Speed Drives) menggunakan merek ABB.
Demikianlah sedikit penjelasan tentang aneka macam Keunggulan dan keuntungan penggunaan Inverter atau VFD (Variable Frequency Drives) sebagai sistem operasi buat Motor listrik AC tiga Phase.
Semoga dapat menaruh tambahan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi kita seluruh !
CARA FLEXI
Sumber : ABB LV AC Drives
dan banyak sekali sumber

Comments