KESEHATAN KEKUATAN PERNAPASAN PERUT

Ilmu Pengetahuan Dibalik Pernapasan Perut
Upanishad serta Veda dalam yoga berbicara mengenai kekuatan perut kita. Pusat kekuatan tubuh yaitu chakra pusar yang terletak pada perut dan bertanggung jawab buat menaikkan kreatif pada cara kerja sistem saraf, pernapasan, serta bahkan sistem kehidupan.
Cara sederhana tetapi efektif untuk bernafas dianggap pernapasan perut atau pernapasan diafragma. Diafragma terletak tepat di bawah paru-paru di daerah pusar. Pernapasan diafragma adalah prasyarat menurut meditasi serta pranayama yg berhasil.
Latihan pernapasan pulang ke zaman kuno. Para yogi lalu selamat hanya dengan menghirup udara dan tanpa makanan sama sekali. Ini hanya mungkin lantaran mereka 'memakan' prana vayu (kekuatan hayati udara) dan bertahan pada saat yang sama.
Namun, karena stres, hipertensi, serta banyak alasan lainnya, kita mulai secara nir sadar melatih pernapasan dada, yaitu naik serta turunnya dada daripada perut. Ini mempertinggi stres, ketegangan, serta kecemasan lebih lanjut.
Untuk menciptakan pernapasan diafragma serta mengurangi stres, para yogi memberi fokus lebih akbar pada pernapasan menurut perut.
Neuron, sel tubuh yg mentransfer impuls, sangat sensitif terhadap faktor eksternal apa pun yg memengaruhi kita. Setiap kali kita makan, tekanan diciptakan dalam perut yang memungkinkan neuron mengirimkan sinyal ke otak kita buat dicerna serta beristirahat.
Ketika kita bernapas menurut perut atau terus bernapas diafragma, diafragma membentuk tekanan dalam perut. Ini sekali lagi memungkinkan neuron memancarkan frekuwensi ke otak buat beristirahat, mencerna, dan tiba ke keadaan rileks.
Pusat pusar adalah penekanan dari poly disiplin spiritual. Para Taois mulai serta kembali ke sentra pusar saat berlatih orbit mikrokosmik. Nafas melingkar internal yg dimulai di pusar, turun ke depan ke dasar tulang belakang, naik ke belakang ke mahkota serta balik ke depan ke pusar.
Saat kita bernapas dengan sadar, kita menyampaikan tujuan yoga yang paling mulia. Saat kita bernapas secara sadar, kita memulai perjalanan spiritual kita; kita melintasi jembatan antara alam fisik serta alam spiritual.

Cara Kerja Pernapasan Perut

Selama berabad-abad, para guru yoga sudah berfokus pada bentuk pernapasan yg sahih. Tetapi, ada poly cara buat bernapas dalam yoga, yg akan kita bahas pada sini merupakan cara sederhana, yang wajib kita praktekkan setiap hari.

Luangkan saat sejenak buat memikirkan napas kita: Apakah dalam atau dangkal? Lambat atau cepat? 

Sangat menarik bahwa perlu ketika beberapa saat buat mengetahui pola pernapasan kita, meskipun itu adalah sesuatu yang selalu kita lakukan.

Alasan kebanyakan berdasarkan kita nir dapat menemukan dengan sempurna apa yang terjadi ketika itu adalah lantaran pernapasan terjadi secara nir sadar.

Ini adalah bagian berdasarkan sistem saraf otonom, yang memberi memahami organ internal kita (seperti diafragma serta paru-paru) berfungsi tanpa kendali kesadaran kita.

Namun tidak misalnya fungsi lain sistem saraf otonom kita mengatur — seperti pencernaan dan sirkulasi pernapasan pula bisa diatur secara sukarela.

Sebagai permulaan, mengatur nafas melalui teknik yang biasa diklaim “pernapasan perut” menciptakan lebih poly kapasitas buat merogoh napas yang lebih besar .

Sebelum belajar cara bernafas perut, terdapat baiknya tahu anatomi dasar nafas. Respirasi terjadi dalam dua fase: inspirasi (menghirup) dan kedaluwarsa (membuang napas).

Pernapasan normal, istirahat terutama menggunakan diafragma, sedangkan latihan atau pengerahan tenaga merekrut otot-otot aksesori pernapasan - otot interkostal serta otot toraks atas, dekat tulang rusuk dan dada, masing-masing buat memperluas dada.

Ketika kita menarik napas, diafragma kita berkontraksi, mendatar dan menekan perut, yang pada gilirannya mengembang dada.

Peningkatan volume pada dada ini nir hanya membuat ruang buat udara masuk ke paru-paru, itu pula mengganti tekanan atmosfer pada pada paru-paru, membangun ruang hampa yang sahih-benar menarik udara masuk.

Mempraktekkan Pernapasan Perut

Nafasmu  Adalah Kekuatan Supermu
  1. Berbaringlah menggunakan nyaman di tempat tidur kita atau di atas tikar atau lantai berkarpet. Posisikan diri kita menggunakan telapak kaki rata pada lantai dan lutut ditekuk (mengarah ke atas). Cukup ikuti pernapasan kita selama satu atau dua mnt dengan perhatian penuh. Lihat apakah kita bisa merasakan bagian-bagian tubuh mana yg kita hirup.
  2. Terus ikuti pernapasan kita waktu menggosok ke 2 tangan sampai menjadi hangat.
  3. Letakkan tangan kita (satu di atas yg lain) di perut kita, dengan pusat tangan bawah kita menyentuh pusar. Perhatikan bagaimana pernapasan kita merespons.
  4. Jika perut kita tampak kencang, gosok kedua tangan kita lagi hingga hangat serta lalu pijat perut kita, terutama pada kurang lebih tepi luar pusar. Perhatikan bagaimana perut kita mulai melunak dan rileks.
  5. Jangan mencoba melakukan apa pun. Cukup perhatikan serta rasakan waktu perut kita mulai hayati, meluas ketika kita menarik napas.
  6. Jika perut kita masih tampak terlalu kencang serta nir mau bergerak saat kita bernapas, tekan menggunakan tangan kita pada atas perut saat kita mengeluarkan napas. Kemudian saat kita menarik napas, lepaskan ketegangan secara sedikit demi sedikit. Coba ini beberapa kali. Perhatikan bagaimana perut kita mulai terbuka lebih poly waktu terhirup.
  7. Ketika kita siap buat berhenti, pastikan buat mencicipi seluruh area perut kita , perhatikan sensasi spesifik dari kehangatan, ketenangan, serta tenaga. Luangkan beberapa mnt buat membiarkan sensasi-sensasi ini menyebar ke seluruh sel-sel perut kita.
Latihan pernapasan perut yg aman dan sederhana ini akan sangat memengaruhi nafas kita, terutama jika kita melakukannya menggunakan lembut dengan pencerahan secara teratur.

Ingat bahwa kita dapat mencoba pernapasan perut setiap waktu, siang atau malam. Meskipun paling mudah bila kita berbaring, kita pula dapat melakukannya sambil duduk, berdiri, berjalan, dan sebagainya.

Ini adalah praktik yg sangat baik buat dicoba sebelum kita bangun dari tempat tidur di pagi hari. Ini pula adalah praktik yg sangat baik untuk bekerja menggunakan kapan pun kita merasa cemas atau tegang, karena itu akan membantu melemaskan ketegangan serta memusatkan tenaga Anda.

Apa Manfaat dari Pernapasan Perut?

 Ketika nafas disempurnakan, tidak terdapat penyakit yg dapat membahayakan kita.
 Berikut beberapa manfaatnya:
  • Mengurangi kecemasan, stres, serta gangguan mental.
  • Mengurangi kemungkinan kanker hingga 400persen
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Memperkuat api pencernaan dan menstimulasi organ-organ pada buat berkinerja lebih baik
  • Meningkatkan aliran darah serta mengencerkan darah karena ditambahkan oksigen sang pernapasan yg tepat
  • Mengurangi tanda-indikasi penuaan dan kerutan
  • Mengurangi risiko diabetes dengan memperkuat kadar insulin
  • Payudara insomnia serta menginduksi pola tidur yg sempurna
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh, menggunakan demikian memerangi penyakit sehari-hari
  • Meningkatkan konsentrasi, fokus, memungkinkan seorang buat bermeditasi menggunakan sahih

Comments