KERUSAKAN TABUNG CRT YANG JARANG DI KETAHIU ORANG


CARA FLEXI - Hari ini aku menerima servisan TV dengan keluhan ketika TV dinyalakan layar hanya berwarna hijau blanking bergaris misalnya kitab akan tetapi kadang hilang. Hal ini belum pernah saya jumpai sebelumnya. Seme tara saya menduga konflik ini terjadi pada bagian diantara blog pemproses rona yaitu soket,tabung,ic,transistor.

Setelah pada ukur pada tegangan katode green DC Volt menerangkan nomor 70volt padahal tegangan aslinya kurang lebih 180 VDC. Ini telah mencurigakan pada tegangan. Sekarang saya mencoba mengubah transistor covling rona dalam bagian hijau, hasilnya tegangan masih drop dan masih menebak.
 
Beberapa jam pemeriksaan, timbul sebuah ilham buat memutus jalur Kilo Gram sehingga aku menerima tegangan 180volt dc yg tadinya hanya 70 volt, sebelum di putus dalam KG.  Setelah itu aku mencopot soket fcb tabung lalu menggunakan ohm meter x1 buat mengukur antara ground dan Kilo Gram, pada pengukuran ini aku menerima output bahwa Kilo Gram dan ground short, sehingga sanggup pada simpulkan apabila tegangan 180 volt ngedrop ternyata disebabkan shortnya antara ground serta katoda green.
Pada masalah ini ternyata katoda RGB apabila keliru satu short maka akan bermasalah warna akan lebih banyak didominasi berdasarkan keliru satu rona tadi di sertai garis-garis kitab ,akan tetapi suara normal.

kebingungan pun melanda ketika aku mencari solusi sebagaimana mengatasi perkara ini. Menurut teori yg saya ketahui terdapat 2 pilihan yaitu

1.  Menembak Tabung CRT (tabung snipper)
Solusi pertama adalah Solusi sistem tembak tabung dengan tabung sniper. Hal ini bertujuan buat merontokan kotoran yg menciptakan katoda short menggunakan ground. Selain memakai seniper kita pula bisa memanfaatkan sisa tegangan flybac yang masih ada dalam cop flybac. Cara ini relatif beresiko tehadap sang teknisi dan mungkin juga beresiko tabung tidak awet. Hal ini pada lakukan jika memang sahih-sahih paham terhadap kemungkinan yang akan terjadi. Memanfaatkan sisa tegangan flyback memang mudah kita cuma menghubungkan antara katoda yang short memakai kabel yang pada solder menggunakan katoda tadi, kemudian masukan kabel yang telah di beri obeng ke dalam cop flyback. Kita manfaatkan sisa tegangan yg terdapat di cop flyback buat merontokan kerak yang membuat short katoda tadi, Maka kita akan mendengar berdasarkan dalam leher tabung bunyi ciiiiiiit!!!. Selama beberapa dtk. 

PENTING UNTUK DI PAHAMI!!!!
Ketika memasang kabel pesawat pada keadaan off, pastika soket tabung RGB  sudah di lepas seluruh, pakai obeng berisolator tebal sebagai pegangan, dan pakai kabel sekitar dua meter. Teliti sebelum sahih-sahih melakukan hal ini.

2.mngganti CRT
Pilihan ke 2 adalah Dengan membarui tabung. Menganti tabung tentu akan lebih tidak beresiko. Secara kualitas pun akan lebih unggul jika pada bandingkan dengan menggunakan sistim tembak tabung. Kerusakan ini sebenarnya memang pada pengaruhi beberapa hal yaitu faktor usia tabung yg memang sudah tua sehingga pada dalam tabung terdapat kotoran yg bersumber berdasarkan penembak warna yang telah berkerak sebagai akibatnya mengakibatkan nilai resistensi terhadap galat satu katoda.
Menurut pengalaman aku ke-dua cara pada atas diterapkan sinkron kemampuan dan pengalaman oleh teknisi itu sendiri. Memilih menembak tabung tentu lebih hemat ,tapi mengubah tabung lebih tidak beresiko. Kalau saya menentukan cara menembak tabung bila gagal baru ganti tabung supaya  beresiko tidak punya penghasilan.

Itulah mungkin sedikit cerita pengalaman yg pernah aku lakukan menangani TV blanking bergaris kitab berwarna hijau ke putihan. Semoga berguna buat anda seluruh. Terima kasih

Comments