KEAMANAN WIFI MANA YANG HARUS DIGUNAKAN WPA2AES WPA2TKIP ATAU KEDUANYA


Banyak router menyediakan pilihan WPA2-PSK (TKIP), WPA2-PSK (AES), serta WPA2-PSK (TKIP / AES). Apabila kita keliru menentukan maka efeknya speed jaringan yg lebih lambat serta kurang aman.
Wired Equivalent Privacy (WEP), Wi-Fi Protected Access (WPA), dan Wi-Fi Protected Access II (WPA2) merupakan prosedur pemecahan keamanan primer yg akan Anda lihat ketika membuat jaringan nirkabel. WEP adalah yg siste keamanan yang paling tua dan terbukti rentan karena semakin banyak kekurangan keamanan yg ditemukan. WPA merupakan generasi selanjutnya, tetapi kini jua dipercaya rentan terhadap gangguan. WPA2, meski nir paripurna, waktu ini adalah pilihan yang paling aman. Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) dan Advanced Encryption Standard (AES) adalah dua jenis enkripsi yang berbeda yang akan Anda lihat digunakan pada jaringan yg diamankan menggunakan WPA2. Mari kita lihat bagaimana perbedaannya serta mana yang terbaik untuk Anda.
AES vs TKIP
TKIP serta AES merupakan 2 jenis enkripsi yang bisa dipakai sang jaringan Wi-Fi. TKIP sebenarnya merupakan sebuah protokol enkripsi yg lebih tua yang diperkenalkan dengan WPA buat mengganti enkripsi WEP yg sangat tidak kondusif dalam ketika itu. TKIP sebenarnya sangat mirip dengan enkripsi WEP. TKIP nir lagi dipercaya aman, dan kini telah tidak berlaku lagi. Dengan istilah lain, Anda seharusnya nir menggunakannya.

AES adalah protokol enkripsi yg lebih kondusif yang diperkenalkan menggunakan WPA2. AES bukanlah standar berderit yang dikembangkan spesifik buat jaringan Wi-Fi. Ini adalah baku enkripsi di seluruh global yg bahkan diadopsi sang pemerintah AS. Misalnya, ketika Anda mengenkripsi hard drive menggunakan TrueCrypt, anda sanggup menggunakan enkripsi AES. AES secara generik dianggap cukup aman, dan kelemahan utamanya merupakan agresi brute force (dicegah menggunakan memakai passphrase yang bertenaga) serta pada beberapa aspek WPA2 lainnya.

TKIP merupakan baku enkripsi yg lebih tua yang dipakai sang standar WPA. AES adalah solusi enkripsi Wi-Fi yg baru yg dipakai oleh standar WPA2 yang baru serta kondusif. Secara teori, ini sudah cukup kondusif. Tapi, tergantung router Anda.

Artikel pilihan buat anda:

Sementara WPA2 seharusnya memakai AES untuk keamanan optimal, pula dapat memakai TKIP dimana kompatibilitasnya menggunakan perangkat legacy diharapkan. Dalam keadaan misalnya itu, perangkat yg mendukung WPA2 akan terhubung dengan WPA2 serta perangkat yg mendukung WPA akan terhubung dengan WPA. Jadi "WPA2" nir selalu berarti WPA2-AES. Namun, pada perangkat tanpa opsi "TKIP" atau "AES" justru yg terlihat, WPA2 umumnya identik menggunakan WPA2-AES.

Dan apabila Anda bertanya apa itu "PSK"? PSK merupakan singkatan dari “pre-shared key”- pre-shared key umumnya adalah frasa sandi enkripsi Anda. Ini membedakannya menurut WPA-Enterprise, yang menggunakan server RADIUS buat membagikan kunci unik pada jaringan Wi-Fi perusahaan atau pemerintah.

Jenis Keamanan Wi-Fi
Berikut merupakan pilihan yang mungkin Anda lihat di router Anda:

Open (berisiko): Jaringan Wi-Fi terbuka nir mempunyai frasa sandi. Anda seharusnya tidak memasang jaringan Wi-Fi terbuka alias tanpa password, karena jika ada perangkat yg mendeteksi router anda maka secara otomatis terhubung dengan router wifi anda.
WEP 64 (berisiko): Standar protokol WEP yang usang rentan dan Anda benar-benar tidak boleh menggunakannya.
WEP 128 (berisiko): Ini WEP, akan tetapi dengan berukuran kunci enkripsi yang lebih besar .
WPA-PSK (TKIP): Ini memakai versi asli protokol WPA (dasarnya WPA1). Ini sudah digantikan sang WPA2 dan tidak kondusif.
WPA-PSK (AES): Ini menggunakan protokol WPA yang orisinil, tetapi menggantikan TKIP dengan enkripsi AES yang lebih terkini. Ini ditawarkan menjadi stopgap, semua perangkat yang didukung AES hampir selalu didukung WPA2, sementara perangkat yg membutuhkan WPA hampir nir akan pernah didukung enkripsi AES. Jadi, jangan pilih yang ini.
WPA2-PSK (TKIP): Menggunakan standar WPA2 terbaru menggunakan enkripsi TKIP yang lebih tua. Ini nir kondusif, jika Anda mempunyai perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan WPA2-PSK (AES), terdapat baiknya anda pilih yang ini.
WPA2-PSK (AES): Ini merupakan pilihan yg paling aman. Menggunakan WPA2, standar enkripsi Wi-Fi terkini, dan protokol enkripsi AES terbaru. Anda wajib menggunakan opsi ini. Pada beberapa perangkat, Anda hanya akan melihat opsi "WPA2" atau "WPA2-PSK." apabila Anda menentukan opsi ini, mungkin hanya menggunakan AES.
WPAWPA2-PSK (TKIP / AES): Beberapa perangkat menawarkan serta bahkan merekomendasikan opsi mode campuran ini. Pilihan ini memungkinkan WPA serta WPA2, baik menggunakan TKIP dan AES. Ini menyediakan kompatibilitas maksimum dengan perangkat kuno yg mungkin Anda miliki.

Anda sebaiknya memilih opsi WPA2-PSK (AES), lantaran jelas lebih kondusif dan lebih fleksibel.

Comments