KAPAL FERRY RO RO

Ro-ro adalah singkatan buat Roll-on/roll-off. Roll-on/roll-off kapal merupakan kapal yg dipakai buat membawa kargo roda. Kapal ro-ro tidak selaras menurut lo-lo (lift on-lift off) kapal yang memakai crane buat memuat kargo. 

Kendaraan di kapal dimuat dan dibongkar melalui built-in landai. Biasanya ini dibentuk landai menuju (belakang) buritan kapal. Dalam beberapa kapal, mereka pula ditemukan pada sisi busur (depan) dan sisi. Kapal dapat menurut kedua jenis militer serta sipil.

Kapal ro-ro sedang dibangun dalam abad ke-19 buat transportasi kereta api, terlalu lebar buat jembatan, pada seberang sungai. Contoh dari kapal ro-ro adalah Firth of Forth feri yang mulai beroperasi dalam tahun 1851. 

KAPAL FERRY RO-  RO

Rel diletakkan pada kapal sehingga sanggup dihubungkan dengan yang pada darat. Kereta A kemudian akan bergulinglah ke kapal serta lalu gulingkan turun pada ujung lainnya.

Ada banyak sekali jenis kapal ro-ro, seperti kapal feri, kapal feri kapal pesiar, kapal kargo, serta tongkang. Kapal ro-ro yang khusus dipakai buat mengangkut mobil serta truk pada samudera yg dikenal menjadi Murni Car Carriers (PCC) dan Murni Truk & Mobil Carriers (PCTC) masing-masing. 

Tidak misalnya kargo lainnya yang diukur pada metrik ton, kargo ro-ro diukur dalam unit yg diklaim jalur pada meter (LIMs). 


LIM dihitung menggunakan mengalikan panjang kargo di meter dengan jumlah deck dan menggunakan lebar dalam jalur. 


Lebar lajur akan berbeda dari kapal ke kapal serta ada sejumlah baku industri.

Feri penumpang terbesar ro-ro merupakan MS Color Magic. Beratnya 75.100 GT (Gross Ton). Memasuki layanan pada September 2007 buat Color Line. 

Dibangun pada Finlandia oleh Aker Finnyards. Feri adalah 223,70 m panjang, lebar 35 m dan mampu membawa 550 mobil serta 1.270 meter jalur kargo.

Feri penumpang ro-ro dengan kapasitas mobil pembawa terbesar merupakan Ulysses. Feri ini dinamakan sebuah novel oleh James Joyce dan dimiliki oleh Kapal Irlandia. 

Masuk layanan pada lepas 25 Maret 2001 dan beroperasi antara Dublin serta Holyhead. Beratnya 50.938 GT dan 209,02 m panjang dan lebar 31,84 m. Hal ini bisa membawa mobil 1342 dan 4101 meter jalur kargo.


Keuntungan menurut sebuah kapal ro-ro


Sebuah kapal ro-ro menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan menggunakan kapal tradisional. Beberapa keuntungan adalah menjadi berikut:

Untuk pengirim, laba adalah kecepatan. Sejak kendaraan beroda empat dan truk bisa mendorong langsung ke kapal di satu port serta kemudian mengusir di pelabuhan lainnya pada beberapa menit menurut docking kapal, menghemat poly ketika shipper.

Hal ini pula dapat berintegrasi dengan baik dengan pembangunan transportasi lainnya, misalnya kontainer. 

Penggunaan unit Bea-disegel sudah memungkinkan perbatasan harus menyeberang menggunakan minimum penundaan. Oleh karenanya, mempercepat dan efisiensi buat pengirim.


Kapal ini pula sudah terbukti sangat populer menggunakan para produsen liburan dan pemilik mobil langsung. Ini telah menaruh kontribusi akbar terhadap pertumbuhan pariwisata. 

Seseorang dapat merogoh mobilnya berdasarkan satu negara ke negara lain melalui laut menggunakan bantuan kapal ro-ro.

Variasi eksklusif menurut sebuah kapal ro-ro adalah sebagai berikut:

1. ROPAX

ROPAX adalah singkatan roll on / roll off penumpang. Ini adalah kapal ro-ro yg dibangun buat pengangkutan barang tunggangan dengan akomodasi penumpang. Kapal dengan fasilitas buat lebih dari 500 penumpang yang sering disebut sebagai pelayaran kapal feri.

2. ConRO

Kapal ConRo adalah hibrida antara ro-ro dan kapal kontainer. Jenis kapal menggunakan area pada bawah geladak buat penyimpanan sementara tunggangan angkutan kemas menumpuk di atas geladak.

3. RoLo

RoLo merupakan singkatan roll-on lift-off kapal. Ini juga merupakan jenis kapal hibrida menggunakan landai melayani deck geladak kendaraan tetapi kargo lainnya hanya mampu diakses sang crane

Semoga Bermanfaat...

Comments