KAPAL BERBAHAN FIBER GLASS

Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass - Kapal yg terbuat dari Fiber glass merupakan type kapal cepat , dipakai sebagai kapal Patroli, kapal eksklusif, atau kapal buat transportasi laut atau sungai, 

Saat ini Kapal Fiber atau 
perahu fiberglass juga sudah poly dipakai dalam kapal perikanan. Diera menteri susi Pekerjaan Pembuatan kapal atau perahu fiber glass bahan sudah ratusan kapal dengan ukuran tiga, lima, 10 serta 20 Gross Ton.

Penggunaan
kapal fiber di dasari atas cara menciptakan yg mudah, lantaran bobot yang ringan serta cukup bertenaga, Sera Bahan fiber glass yg gampang di dapatkan.

Karena alasan tadi sehingga kerja berdasarkan motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas bekerja secara aporisma ,mesin kapal fiberglas menggunakan mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal .atau mesin bensin tempel. Semua jenis perairan bisa pada masuki oleh kapal berbahan fiber glass.

Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass


Penjelasan mengenai  fiberglass:


Secara theory, fiberglass itu kalo pada bahasa ilmiahnya jarang ditemui, yang dimaskud fiber/serat adalah penguatnya saja, yg termasuk dalam hal ini pula carbon fiber, atau aramid, 

Jadi barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau CFRP. Dan itu memang yg di gunakan menjadi bodi atau frame dalam sebuah kapal atau mampu jua buat tunggangan,indera – indera rumah tangga seperti tangki air serta sebagainya.

Jadi yg liquid itu plastiknya (matrik), ratusan jenisnya, cuman yg biasa dipakai merupakan Epoxy resin, umumnya orang menyebutnya resin saja. 

Bahan Resin ini belum berupa polymer jadi wajib dijadikan polymer umumnya dicampur apa yang diklaim menjadi katalis/hardener (keduanya terjual terpisah).

Hardener ini yang akan membantu resin sebagai polimer dan menjadi keras. Buat memperkuatnya ditambahkan fiber( woven roving/mat) didalam campuran resin +hardener = jadilah apa yang bisanya disebur fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tadi.

Karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yg aneh (tahan temperature) ketika mencetak, makanya cetakannnya (mold) mampu apa ajah pada dasarnya mampu jua kayu atau plat, akan tetapi klo buat cetakan membikin kapal usahakan digunakan berdasarkan kayu memakai teriplex disamping pleksible bahannya murah dan gampang didapat.


Sebelum memulai mempelajari atau membahas cara menciptakan kapal fiber/ menciptakan kapal berdasarkan bahan fiberglass, usahakan kita mengenal terlebih dahulu bahan bahan yang akan dipakai :

Membuat Kapal Fiber glass

Bahan – Bahan :

1. Minyak Resin( epoxy resin ) : 

minyak resin bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi serta sisa flora

2. Katalis (catalis) : 

cairan kimia buat campuran minyak resin agar terjadi pengerasan secara kimia atau seringkali pula di sebut hardener. Semakin banyak menggunakan katalis maka adonan atau campuran fiber glass akan semakin cepat mengering.
Gambar : Katalis/Hardener


3. Talk (tepung khusus) :

 talk diguna untuk membuat lem fiber(jackcoat) serta buat membuat campuran cat plincoat

4. Mat/mesh (serat halus) : 

terbuat dari bahan polyester,bermanfaat sebagi media lapisan permukaan sebuah plat fiber


Gambar : 




5.roving (serat kasar) : terbuat dari bahan polyester/epoxy,dipakai sebagi media
Lapisan tengah berdasarkan plat fiberglass.


6. Kayu serta Triplek glossi : dipakai buat membentuk mold (wadah cetakan) bentuknya dibentuk sebanyak gambar/design bagian atas luar menurut lambung kapal.

7. Cat Plincoat : digunakan buat mewarnai sekaligus menghaluskan bagian atas lambung kapal.

8. Bahan-Bahan pelengkap lainnya : seperti mesin penggerak kipas,dinamo listik,indera nafigasi,indera komunikasi dan lain-lain sinkron kebutuhan.

Peralatan pembuatan perahu fiberglass yg digunakan :

1. Kuas Roll/& Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Alat indera pekerjaan Kayu / Perkakas Tukang kayu.

Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal berdasarkan Fiber:

Langkah dalam pengerjaan kapal fiber sama menggunakan pembuatan kapal pada biasanya. Dimana tahapan pembuatan kapal fiber di mulai menurut pembuatan gading, pembutan lunas serta pembuatan lambung seluruh mengacu dalam gambar dan bentuk yang pada inginkan. 

Adapun Langkah langkah pengerjaan atau cara membuat kapal Fiber adalah sebagai Berikut :

1. Pertama kita buat dahulu mold (wadah cetak) sebuah lambung kapal (sebaiknya dibentuk di lokasi dekat bahari/sungai besar ) memakai kayu dan teriplek seperti gambar no 1 (mold/cetakan). Biasanya dalam pembuatan cetakan kita wajib menerima sebuah bentuk yg paripurna. Jika cetakan tidak sempurna maka hasil menurut cetakan pun akan kurang baik. 



2. Setelah mold (cetakan) selesai , terlebih dahulu bagian atas pada berdasarkan mold (cetakan) dilumasi dahulu memakai polish buat memudahkan pembukaan mold sesudah proses pembuatan kapal terselesaikan , 

kemudian cat dengan cat plincoat sebagai proses pewarnaan lambung kapal ( warna cat disesuaikan memakai virtual), cat plincoat dihasilkan menurut adonan talk, 


cat acrilic serta minyak resin (dalam proses ini penggunaan katalis pada campur pada adonan cat plincoat pada saat dipakai saja / saat proses pengejaan saja).


Selesainya cat plincoat pada cetakan kemarau & sudah dihaluskan dengan amplas disc menggunakan menggunakan gerinda, proses pembuatan lambung kapal pun siap dimulai,lapisan pertama menggunakan balutan mat/mesh (serat halus) 

dan yang ke 2 dengan roving (serat kasar) serta balutan terakhir menggunakan mat lagi,semua lapisan balutan serat itu dilumuri/dicor menggunakan minyak resin yang sudah dicampur katalis memakai memakai kuas roll, 


takaran campuran minyak resin+katalis tergantung lamanya proses pengeringan yang hendak diinginkan,contoh: 5 liter minyak resin dilaruti sang 5 cc cairan katalis memerlukan waktu pengeringan 3-5 menit(memakai asumis cuaca cerah), 


ketebalan lambung kapal tergantung menurut akbar  dan kecilnya ukuran kapal yang dibentuk ,


semakin lebar serta besar   sebuah kapal harus semakin tebal pula lambung kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal merupakan sbb : mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara kontinyu harus sekaligus jadi jangan pada sambung kecuali buat proses penebalannya.


3.setelah proses termin pekerjaan Perahu berbahan fiber pada no dua selasai lambung kapal diberi tulang tulang fiber buat memberi kekuatan dalam lambung kapal, 

selanjutnya kepada tahap pembuatan ruangan-ruangan dalam kapal sinkron menggunakan design gambar yg dibuat menggunakan pembuatan pulang  mold atau bisa pula menggunakan pribadi dibuat menggunakan plat fiber,


pembuatan plat fiber pula tulang fiber sama menggunakan proses pembuatan lambung kapal  atau bahtera tetapi mold (cetakan) sebuah flat fiber bentuknya misalnya sebuah lantai & mold dari tulang fiber bentuknya contohnya tiang kayu.


4. Ruangan yang perlu dibentuk didalam lambung kapal adalah tangki bahan bakar,ruangan mesin (jika memakai mesin dalam) instalasi kemudi (haluan) lainya, buat tangki air higienis sebaiknya dibentuk diatas atap kapal.

5. Aksesoris tambahan lainnya bisa dibentuk diluar badan kapal menggunakan cetakanya misalnya menciptakan pintu,tangga,teralis,bingkai ventilasi & lain-lain. 

Contoh dibawah merupakan proses pembuatan pintu kapal,atau  pintu bahtera berbahan fiber


A. Mold / cetakan yg permukaannya telah diberi polish ( pelicin

B.mold/cetakan di kasih cat plincoat

C. Seluruh bagian atas cetakan dibalut menggunakan mat+woven & di cat (dicor)menggunakan resin yg telah pada campur katalis/hardener memakai kuas roll/biasa.

D. Proses penyiraman campuran minyak resin telah selesai & tunggu hingga kemarau.

E. Pintu Perahu fibergalss sudah di tanggal berdasarkan cetakannya & bagain pada serta pinggirnya siap dihaluskan memakai gerinda.

F. Pintu fiberglass sudah terselesaikan dihaluskan dengan gerinda.

G. Pintu berbahan fiberglass sudah terselesaikan pada buat dan siap dipasang

6. Proses terakhir yaitu finishing body kapal (pendempulan & pengecatan) dan memasang mesin ( buat mesin penggerak yg di instalasi didalam lambung kapal wajib  disertai dengan pemasangan blower atau kipas pendingin) , dan kasesoris lainya.

Kapal Berbahan Fiber Glass

Comments