KALIGRAFI RIQAH


Ruq'ah dalam bahasa Arab berarti qith'ah (rabat). Sepotong kain, kayu, atau tanah semuanya disebut ruq'ah. Dalam kaligrafi Islam, Ruq'ah adalah nama untuk keliru satu jenis kaligrafi. Tetapi dia lebih populer menggunakan sebutan riq'ah. Dinamakan ruq'ah atau riq'ah karena dia biasa dituliskan diatas rabat kulit (riq'atun minal jildi).

Tulisan Riq'ah atau Khat Riq'ah adalah goresan pena sehari hari rakyat umum. Ia merupakan jenis goresan pena yg mampu ditorehkan dengan cepat. Penulis nir perlu susah susah memutar mutar tangannya misalnya jika dia menulis tsuluts. Riq'ah sporadis sekali dikreasikan dalam bentuk bentuk yg majemuk. Ia cukup ditulis lurus saja menggunakan gerakan menulis menurut atas ke bawah.

Asal usul Riq'ah tentu saja dari goresan pena Kufi. Bahkan diantara jenis jenis kaligrafi yang lain, riqáh adalah yang paling seperti Kufi.
Baca disini buat mengetahuinya : Kaligrafi Kufi
Riq'ah menagmbil bentuk kaku dari tulisan Kufi, pula merogoh bentuk melingkar dari tulisan naskhi. Ia adalah output penemuan original bangsa Turki Usmani.

Disebutkan dalam poly literatur, bahwa yang menemukan dan membuat kaidah kaidah Riq'ah adalah kaligrafer Abu Bakar Mumtaz bin Musthofa Afandi (Mumtaz Bik Al-Mustasyar) dalam masa pemerintahan Sulthan Abdul Majid Khan tahun 1280 H atau tahun 1863 M. Sedangkan artis yg memiliki karya Riq'ah yg sangat mengagumkan merupakan Muhammad Izzat.

Ke-khasan goresan pena Riq'ah adalah :
  • Huruf hurufnya pendek pendek, sebagai akibatnya gampang digoreskan dan dipelajari dalam saat singkat.
  • Tidak menggunakan harokat kecuali darurat
  • Terfokus pada satu garis lurus, menggunakan arah goresan pena miring kekiri berdasarkan atas ke bawah
Pada masa kini Riq'ah telah menjadi font spesifik yg digunakan buat koran koran, iklan iklan, judul judul kitab dan spanduk spanduk.
Secara generik Riq'ah dibagi dua :
  1. Riq'ah Fanny  : Adalah kaligrafi ri'qah yg ditulis menjadi karya seni. Riq'ah Fanny harus ditulis menggunakan pena yang telah dipotong miring, serta harus mengikuti kaidah kaidah yang sudah ditetapkan
  2. Riq'ah Darij   : Adalah goresan pena riq'ah yang dibuat sang masyarakat generik. Tidak memerlukan pena yg dipotong, dan tidak mengikuti kaidah kaidah tertentu.







Referensi  :
  • //en.wikipedia.org/
  • //ar.wikipedia.org/
  • //www.almaany.com/
  • //m-arbas.com/
  • Kurosah Riq'ah karya Ustadz Mukhtar Alim




Comments