KALIGRAFI MUHAQQOQ

Kaligrafi Muhaqqoq merupakan salah satu jenis kaligrafi berumur tua yang muncul sejak zaman Khalifah Al-Makmun (abad ke-9 masehi), dan tersiar dan digunakan menjadi goresan pena mushaf Al-Qur'an selama berabad abad antara abad ke-13 sampai abad ke-16 Masehi. Kemudian dia disempurnakan sang Ibnu Muqlah dan Ibnu Bawwab. Kaligrafi ini adalah kaligrafi mushaf (kaligrafi yang dipakai buat menulis mushaf Al-Qur'an), terutama untuk mushaf mushaf berukuran besar . Yang masuk pada kategori kaligrafi mushaf merupakan, kaligrafi yang mempunyai tingkat keterbacaan relatif kentara, tidak mempunyai bentuk bentuk rumit, dan memungkinkan buat diberi tanda baca. Lantaran itu, kaligarfi yg nir menggunakan pertanda baca misalnya kaligrafi farisi, nir populer sebagai kaligrafi mushaf. Meskipun ada seseorang kaligrafer Iran yg menulis Mushaf Al-Qur'an dengan gaya Farisi.

Kaligrafi Muhaqqoq mempunyai bentuk yg seperti dengan kaligrafi tsuluts, sehingga acapkali antara keduanya tidak dibedakan pada penyebutan. Sehingga, waktu ini, kaligrafi muhaqqoq dipercaya sebagai salah satu bagian variasi pada kaligrafi tsuluts. Keduanya diklaim Tsuluts Muhaqqoq. Ada satu lagi kaligrafi yang mirip dengan muhaqqoq yaitu kaligrafi Rayhani. Hanya saja ukuran alfabet hurufnya lebih mirip kaligrafi naskhi. 
















Seorang kaligrafer menurut Turki, Showash dan beberapa kaligrafer lain mencoba mendevinisikan perbedaan kaligrafi Tsuluts serta kaligrafi muhaqqoq. Beberapa poin perbedaannya bisa kami rangkumkan sebagai berikut  : 

  • Pada kaligrafi Muhaqqoq, huruf alfabet yg mempunyai ekor dibawah garis, ekornya dibentuk misalnya pedang. Sementara pada kaligrafi tsuluts, ekornya dibuat melengkung lentur keatas. Perhatikan contoh Basmalah tsuluts dan basmalah muhaqqoq ini dia :  


  • Lafadz Jalalah dalam kedua kaligrafi ini jua tidak sama. Lafadz Jalalah (Lafadz Allah) Muhaqqaq ditulis tertutup, sedangkan Lafadz Jalalah Allah Tsuluts dibuat terbuka melengkung keatas.
  • Huruf alfabet Muhaqqaq baik yang vertikal juga yg horizontal lebih panjang kira kira dua titik daripada huruf huruf tsuluts. Bila berukuran alif tsuluts tingginya 7 titik, maka alif muhaqqaq tingginya 9 titik.
  • Kepala huruf ha' pada tsuluts berbentuk membulat, sementara pada muhaqqoq tidak.
  • Kaligrafi muhaqqaq memiliki ciri ufuqy (tegak keatas) ad interim karakteristik tsuluts merupakan ma'íly (agak condong atau miring). Ini mampu dipandang berdasarkan karya karya terdahulu. Adapaun kini , disparitas ufuqy serta ma'ily nir terlalu terlihat
  • Kaligrafi muhaqqaq ditulis mengikuti garis serta dibuat sederhana, tidak dikreasikan dalam bentuk bentuk bertumpuk lantaran ia merupakan kaligrafi mushaf. Sedangkan tsuluts, mempunyai versi jaly, yg bisa dikreasikan dalam bentuk bentuk lebih luas dan lebih rumit. Perbedaan ini dalam saat ini juga tidak terlalu dipatuhi. Intinya, kaligrafi tsuluts dan muhaqqaq pada waktu ini eolah olah telah melebur sebagai satu.



Comments