KALIGRAFI KONTEMPORER MUHAMMAD AMZIL


Seni kaligrafi pada masa ini merupakan seni kaligrafi masa kini . Kaligrafi pada masa ini merupakan seni kaligrafi bebas aktualisasi diri. Ia lebih menekankan dalam kekayaan khayalan dan kreatifitas. Diantara karakteristik cirinya yang menonjol antara lain :
  • Keluar menurut kebiasaan yg telah baku. Kaligrafi kontemporer nir terlalu memperhatikan kepatuhan dalam kaidah penulisan huruf, meskipun kaidah tetap diperhatikan. Sebagian orang melihat kaligrafi kontemporer sebagai jalan keluar menurut kesulitannya belajar kaligrafi baku.
  • Lebih bebas pada menentukan alat, serta media. Tidak lagi terbatas dalam pena, tinta serta kertas 
  • Lebih bebas pada menentukan tema dan gaya. Bisa abstrak, simbolik atau ekspresionis
Dalam batasan yg lebih disederhanakan, poly yg menyamakan kaligrafi kontemporer menggunakan lukisan kaligrafi atau seni lukis kaligrafi. Seni lukis, tapi terdapat kaligrafinya. Seni kaligrafi kontemporer sudah menjadi keliru satu cabang Musabaqah Kaligrafi pada MTQ. Belakangan ini kami pula seringkali menerima undangan untuk mengikuti lomba menggunakan tema kaligrafi terkini, atau kaligrafi kontemporer, atau kaligrafi mural yg dipopulerkan dengan sebutan Muralgrafi.
Tujuannya adalah buat menjaring minat anak anak belia kepada kaligrafi. Jika mereka disuruh menulis kaligrafi murni, mungkin mereka akan kesulitan. Tapi jika dipadukan dengan seni lukis, grafiti, mural, gravir dan yg semacamnya maka diperlukan makin poly anak muda yg mengasihi kaligrafi  


Berikut ini beberapa karya menurut Muhammad Amzil, seorang kaligrafer berdasarkan Magribi (Marocco). Karya karya ini berdasarkan saya sanggup dianggap kaligrafi pada masa ini, meskipun oleh penulis "sangat patuh" pada kaidah. Lukisannya lebih poly berperan menjadi latar belakang menurut kaligrafinya.
(All copyrights of images belong to their respective owners. Thank's to : www.ward2u.com )


Diwani jali dengan tema kuda :
Al-Qur'an Surah An-Nahl ayat 5-6











Comments