KALIGRAFI INI DITULIS TANPA HURUF BISAKAH KAMU MEMBACANYA


Kreatifitas tanpa batas !!
Para kaligrafer berfikir sangat jauh, membuat sesuatu yg tidak terfikirkan oleh orang lain.
Termasuk karya karya berikut ini ! Kaligrafi tyanpa huruf ! Yang muncul hanya harokatnya saja. Tapi dibaliknya terdapat ungkapan yang sanggup dibaca.

Ini yang pertama. Penulis tidak diketahui. Dalam karya ini yang terlihat hanya karakter indikasi baca (harokat dan titik) dan hiasan. Padahal sebenarnya karya ini berisi petikan hadis yang sangat populer. Bisakah engkau membacanya ? 


Ini yang kedua. Karya Jazim Nasrullah. Tidak ada huruf sama sekali, hanya terdapat indikasi baca, titik serta hiasan. Dan sebutir telor !! .  Ayo bagaimana cara membacanya !

Untuk kaligrafi pertama, berisi petikan hadis  إنما الأعمال بالنيات  (innamal a'membuat malu binniyyat, sesungguhnya amal itu dengan niat). Lalu kemana karakter huruf alfabet konsonannya ? Kenapa dia tidak ditulis ? Jawabnya adalah : Disimpan didalam hati !. Lantaran temanya adalah niat. Dan niat letaknya didalam hati. 

Boleh juga idenya !

Untuk kaligrafi kedua, merupakan kata بيضة  (baidhoh, telur). Lalu kemana huruf hurufnya ? Cukup diwakili menggunakan sebutir telur. Jika telurnya diambil, tidak akan ada yang mampu membacanya hingga hari kiamat. 

Apakah kamu punya karya menggunakan ide serupa ?
Mudah mudahan menjadi ilham. Terima kasih.

Comments