JENIS JENIS LAMPU DI KAPAL PERIKANAN

Jenis Jenis Lampu Di Kapal Perikanan - Penggunaan Lampu di kapal perikanan, selain buat penerangan juga pada gunakan buat indera bantu penangkapan ikan. Untuk Penerangan pada kapal, lampu lampu yang pada gunakan merupakan;
- Lampu Sorot
- Lampu kerja deck
- lambu di Kamar mesin
- Lampu kamar ABK

Selain lampu penjelasan dalam kapal perikanan juga ada lampu Navigasi. Lampu Navigasi dapat di artikan menjadi lampu - lampu kapal yg wajib dipasang pada ketika kapal berlayar diantara surya terbit dan terbenam, sedemikian rupa sehingga jenis kapal, letak serta arah kapal bisa diketahui. 

Jenis Jenis Lampu DI Kapal Perikanan

Adapun yang termasuk lampu - lampu navigasi yaitu antara lain :


1. Lampu Lambung ( Side Light )

Jenis Lampu kapal  navigasi ini merupakan Lampu - lampu navigasi berwarna merah sisi sebelah kiri serta warna hijau sisi sebelah kanan, yg dipasang disisi kapal dengan ketinggian sama dengan navigation bridge deck dan sudut sinar 112.lima derajat. 

Kegunaan berdasarkan lampu lambung kapal adalah buat menegetahui disaat bersinggungan atau berhadapap dengan kapal yg lain. Lampu lambung jua di gunakan di ketika memasukin sebuah pelabuhan perikanan. 


2.lampu - Lampu Jangkar ( Anchor Light )

Jenis Lampu navigasu lampu jangkar adalah Lampu isyarat yang dipasang pada ujung haluan kapal, yg menaruh isyarat pada ketika malam hari bahwa kapal sedang lego jangkar. 

Pada kapal Perikanan penggunaan lampu jangkar sangat jarang pada pakai karena posisi malam umumnya kapal perikanan melakukan operasi penangapan ikan.



Syarat Lampu Jangkar diantaranya :

- Warna Lampu Putih
- Jangkuan sinar lampu terlihat berdasarkan jarak 3 mill
- Sudut Dari Sinar 360 derajat dan
- Tinggi menurut geladak 6 Meter

3. Lampu Buritan ( Stern Light )

Lampu navigasi berwarna putih yang dipasang dalam buritan kapal menggunakan sudut sinar 135 derajat, tinggi vertikal pada jeda 15 ft lebih rendah menurut lampu jangkar 15 x 0,3024 = 4,536 meter.

4. Lampu Isyarat Tanpa Komando ( Not Under Command Light )


Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal dalam keadaan nir dikendalikan. Lampu ini dipasang pada tiang agung ( Masthead ) dengan sudur sinar 225 derajat serta berwarna merah.

5. Lampu Tanda Muatan Bahaya ( Dangerous Cargo Light )


Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal membawa muatan atau sedang membongkar dan memuat muatan yg berbahaya. Lampu ini dipasang pada puncak tiang agung dengan sudut sinar 360 derajat serta berwarna merah.

Lampu selain di Gunakan Sebagai indera Penerangan di Kapal jua buat kapal Perikanan pada pakai menjadi alat Bantu penangkapan Ikan. Lampu Yang di Gunakan Sebagai Alat Bantu umumnya digunakan pada jenis kapal perikanan purse seine, kapal ikan cumi serta kapal ikan bagan

Itulah Sebagian dari jenis jenis lampu di kapal perikanan, semoga artikel ini sanggup bermanfaat

Jenis Jenis Lampu Di Kapal Perikanan

Comments