JANNAH IZZAT KALIGRAFER WANITA PALING LUAR BIASA


Tidak poly nama perempuan yg ada sebagai master kaligrafi dibandingkan menggunakan laki laki. Diantara sedikit kaligrafer wanita itu, terdapat satu nama yang paling berbakat serta memiliki talenta ajaib. Dia adalah Jannah Izzat menurut Mosul Iraq.


Nama lengkapnya merupakan Jannah Adnan Ahmad Izzat. Ia lahir di kota Mosul Iraq tahun 1965. Ia memiliki seseorang saudara termuda bernama Farah Izzat yang juga seseorang kaligrafer. Mereka berdua menerima didikan eksklusif menurut ayahnya, Adnan Ahmad Izzat yg jua seorang artis kaligrafi dan seseorang sastrawan. Melihat bakat kedua anaknya ini, Adnan meminta seseorang temannya, yang merupakan kaligrafer akbar pada Mosul bernama Yusuf Dzunun buat menaruh pelajaran kaligrafi lebih lanjut.

Ternyata ke 2 anak ini adalah anak anak istimewa. Terutama Jannah oleh abang. Pada tahun 1975, (berarti usianya baru 10 tahun), ia telah menerima ijazah menurut seorang kaligrafer terbesar Turki Hamid Aytac Al-Amidi. Sebuah prestasi yang nir akan pernah lagi ditandingi oleh siapapun. Pada tahun itu juga dia dikirimkan ke Mesir oleh ayahnya buat diuji dan diberi ijazah oleh kaligrafer akbar Mesir ketika itu, Sayyid Ibrahim.
Ada satu lagi kemampuannya yg sangat special yang nir dimiliki oleh orang lain. Ia sanggup menuliskan kaligrafi dengan ke 2 tangannya yang kiri serta yg kanan secara bergantian dengan output yg sama baiknya. Ia pula mampu menggerakkan ke 2 tangannya sekaligus buat membuat kaligrafi mutanadzir (kaligrafi berpantulan) yg simetris dan sama persis pada kedua sisinya. Kemampuan seperti ini amatlah langka terjadi didunia. Dalam sebuah videonya beliau menarik kekaguman poly orang karena ia menulis kaligrafi menggunakan kedua tangannya secara bergantian. Saksikan videonya ini dia :

Dalam videonya yang lain ia memperagakan caranya menulis kaligrafi mutanadzir  dengan mengandalkan tangannya serta sebuah garis tengah :

Karya Kaligrafi Jannah : Mempersatukan Dunia Arab

Berikut ini merupakan beberapa karya Jannah Adnan Ahmad Izzat. Ia sudah melakukan sebuah proyek penggarapan kaligrafi pada bentuk peta negara negara dunia Arab. Kaligrafi kaligrafi berbentuk peta itu beliau persembahkan pada semua dunia Arab. Dalam galat satu suratnya, beliau sangat berharap akan terjadi kesatuan dunia Arab. Berikut ini karya karyanya :


Karya Jannah Izzat dalam kaligrafi Tsuluts Mutanadzir berbentuk segitiga berisi kutipan pasal 43 UUD negara Uni Emirat Arab : 
أن الدفاع عن الوطن فرض مقدس على كل مواطن ومواطنة وأداء الخدمة العسكرية شرف

Saat ini Jannah Adnan Ahmad Izzat hidup pada New Zealand serta masih berkarya.

Adakah sofware kaligrafi yg bisa mendekati karya master kaligrafi ? Baca pada artikel kami : MENJAJAL KEHEBATAN SOFTWARE KALIGRAFI KELK 2010

Comments