JADWAL DAN MANFAAT IMUNISASI PADA ANAK

Daftar imunisasi anak - Sebagai orang tua tahukah anda imunisasi harus buat bayi yang wajib diberikan ? Guna menerima anak yang sehat di masa mendatang, menjadi orang tua kita perlu menaruh segala hal yang terbaik keliru satunya menaruh imunisasi pada bayi sesuai jadwal yang telah pada tentukan. Dengan mengetahui jadwal imunisasi harus buat anak kita dibutuhkan bayi kita memperoleh kekebalan tambahan dalam dirinya dari berbagai penyakit yg ada. Untuk itu menjadi orang tua yang bijak setidaknya kita menaruh imunisasi yg telah terdapat pada daftar imunisasi wajib dari pemerintah terlebih lai bila kita menambahkan imunisasi tambahan yang seringkali ditawarkan oleh dokter sekarang ini.
Secara harfiahnya setiap bayi yang baru lahir pada global ini telah memperoleh kekebalan atau perlindungan secara alami berdasarkan mak bayi tadi. Terkadang bayi akan tetap kebal menurut serangan penyakit tertentu lantaran mak bayi mempunyai daya imun terhadap penyakit tersebut akan namun nir pada penyakit yg lain, itu ditimbulkan lantaran kekebalan pada bayi yang baru lahir bersifat sementara. Lalu apakah manfaat bayi diberikan imunisasi sesuai dengan anjuran imunisasi dasar yg sudah dipengaruhi sang idai ? Antibodi pada bayi yg baru lahir nir akan bertahan usang, sehingga penyakit dapat dengan gampang masuk ke dalam tubuh bayi sang karenanya fungsi imunisasi buat meneruskan kekebalan alami kepada bayi yang sudah di berikan oleh ibunya.
Memberikan imunisasi atau vaksin dalam bayi terdapat dua cara yaitu menggunakan cara menyuntikkannya atau meneteskan ke dalam tubuh bayi. Setiap imunisasi pun juga sudah masih ada jadwal diberikannya pada bayi jadi tidak dapat kita menentukan imunisasi yg diberikan sesuai impian kita. Sebagai panduan agar kita nir melewatkan waktu anak kita menerima vaksinasi, kali ini kita akan mencoba menaruh daftar imunisasi anak lengkap dengan jadwal diberikannya. Untuk itu keep reading artikel kami ini agar anda bisa mengetahui jadwal imunisasi serta macam - macam jenis imunisasi pada bayi secara lengkap dibawah ini.

Jadwal Dan Manfaat Imunisasi Pada Anak



Macam - macam imunisasi bayi serta cara pemberiannya :


1. BCG (Bbacille Calmette-Guerin)
  • Imunisasi BCG sebaiknya diberikan sedini mungkin ketika bayi sudah lahir serta diulang pada usia di bawah dua bulan. 
  • Manfaat dari imunisasi  BCG ini adalah buat memberikan proteksi terhadap penyakit TBC. 
  • Dan apabila vaksin BCG akan diberikan sehabis umur 3 bulan, maka perlu dilakukan uji tuberkulin.

2. Hepatitis B
  • Vaksin Hepatitis B diberikan dalam waktu 12 jam sesudah lahir. Suntikan II, 1 bulan setelah suntikan pertama. Kemudian suntikan III diberikan dalam 5 bulan sehabis suntikan ke 2. Dan perlu diberikan suntikan ulangan sekitar lima tahun sehabis suntikan III.
  • Manfaat dari imunisasi hepatitis b adalah untuk menaruh perlindungan terhadap penyakit Hepatitis B. Penyakit kegagalan fungsi hati ini jua menakutkan karena bisa menyebabkan kematian.

3. DPT (Diphteria, Pertusis, Tetanus)
  • Imunisasi DPT memberikan manfaat buat memberi perlindungan terhadap penyakit dipteri, pertusis / batuk rejan / batuk 100 hari, serta juga tetanus.
  • Vaksin DTP diberikan pada umur > 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan Hepatitis B atau Hib. Ulangan DTP umur 18 bulan serta lima tahun.
  • Dan perlu buat anda ketahui umumnya bayi menjadi demam sehabis imunisasi DPT ini, tetapi buat mengatasi bayi demam sesudah imunisasi DPT ini seringkali dokter akan memberikan obat penurun panas.

4. Polio
  • Manfaatnya buat memberi perlindungan terhadap penyakit Polio. 
  • Vaksin Polio diberikan pada kunjungan pertama. Bayi yg lahir pada RB/RS diberikan vaksin OPV saat bayi dipulangkan untuk menghindari transmisi virus vaksin pada bayi lain. Selanjutnya, untuk polio-1, polio-2, polio-3 dapat diberikan vaksin OPV atau IPV.

5. HIB (Haemophilus Influenzae Type B)
  • Manfaat dari imunisasi HIB itu sendiri bermanfaat buat mencegah penyakit radang selaput otak (meningitis), radang paru (pneumonia) yg disebabkan oleh kuman Hemofilus Influenza tipe B.
  • Imunisasi ini diberikan 3x berturut-turut serta umumnya barengan sama imunisasi DPT.
  • Berdasarkan informasi dari bidan puskesmas pada deket tempat tinggal mertua, imunisasi HIB ini telah menjadi imunisasi wajib di tahun 2011. Jadi anak-anak yang lahir 2011 ke depan, wajib diberikan imunisasi HIB. Lagipula imunisasi ini udah combo sama DPT, jadi jarang lupanya.

6. Campak
  • Manfaatnya menaruh perlindungan terhadap penyakit Campak atau Gabag. 
  • Jadwal buat diberikan imunisasi campak merupakan ketika pada usia 9 bulan. Dan nir perlu diulang bila pada usia 15 bulan anak diberi imunisasi MMR.
  • Dan ini dia adalah imunisasi tambahan guna melindungi bayi kita dari membuatkan virus - virus yg ada di negara  kita indonesia kini ini

baca juga :
  1. Review Kelebihan Dan Kekurangan Hp Android Xiaomi Redmi 3s
  2. Cara Menumbuhkan Rambut Bayi Secara Alami Agar Rambut Lebih Lebat

7. MMR (Measles, Mumps, Rubela)
  • Manfaat imunisasi MMR ini bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap penyakit Campak, Gondong, serta Rubella (campak jerman).
  • Vaksin MMR bisa diberikan pada umur 12 bulan, apabila belum menerima vaksin campak umur 9 bulan. Selanjutnya MMR ulangan diberikan dalam umur lima-7 tahun.

8. Hepatitis A
  • Manfaat dari imunisasi hepatitis A adalah buat memberikan perlindungan terhadap penyakit Hepatitis A atau radang hati (penyakit kuning). 
  • Diberikan mulai usia dua tahun atau waktu sedang ada wabah, dan nir perlu diulang.

9. Varisela
  • Manfaat dari imunisasi varisela supaya buat mencegah penyakit cacar air. 
  • Vaksin Varisela dapat diberikan selesainya umur 12 bulan, terbaik pada umur sebelum masuk sekolah dasar. Jika diberikan pada umur > 12 tahun, perlu 2 dosis menggunakan interval minimal 4  minggu.

10. Tifoid
  • Manfaat pada imunisasi tifoid adalah memberikan proteksi terhadap penyakit demam tifus. 
  • Dan diberikan mulai usia 2 tahun atau ketika anak sudah mulai jajan.

11. IPD (Imunisasi Invasive Pneumococal Disease)
  • Banyak yang mengatakan bahwa imunisasi ini sama menggunakan imunisasi PCV. Akan tetapi manfaat IPD dan PCV sama, yaitu untuk menaruh perlindungan terhadap infeksi selaput otak, selaput paru, radang pendengaran, serta infeksi darah sang Pneumococus. 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang jadwal dan jenis - jenis imunisasi pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami di atas bisa memberikan manfaat untuk kita seluruh, sekian dan terima kasih ..

Comments