ISTILAH DALAM KAPAL PERIKANAN

Istilah dalam kapal perikanan memang tidak berrda jauh denga kata pada kapal kapal yg lainnya. Diantara nya adalah : Lambung kapal, geladak, haluan, buritan, kata dalam kapal dalam umumnya.

Lambung Kapal.
Lambung kapal atau badan kapal umumnya panjang serta simetris terhadap bidang tengah memanjang kapal. Pada umumnya kapal dalam bagian tengah berbentuk persegi panjang memakai kedua sudut yang terdapat dibawahnya dibulatkan. Dihaluan serta  buritan bentuknya mendekati alfabet   v (fi).

Pada bagian depan diklaim Haluan dan  bagian belakang disebutburitan, bagian bawah diklaim alas, serta  ke 2 dinding disamping biasa dipercaya sisi ataulambung. Alas beserta menggunakan lambung kiri serta kanan dianggap jugakulit luar. 

Kulit luar yg berada pada atas bagian atas air atau jeda vertikal semua lambung kapal yg diukur dari tepi deck hingga ke garis muat diklaim lambung bebas (free board).


Kulit kapal baja masing-masing pelatnya sanggup dihubungkan menggunakan cara pada  las atau cara keling. cara las merupakan proses buat menghubungkan pelat yg terlebih dahulu di bagian pelat yg akan disambung dicairkan, dan  cara keling adalah proses penyambungan pelat memakai paku keling.
Geladak.

Geladak atau deckmerupakan lapisan yang menghubungkan permukaan kapal. Geladak ditopang sang balok geladak. Geladak tadi dirancang tidak datar akan namun melengkung ke arah melintang yg biasa disebut konveks geladak dan mendukung ke arah memanjang disebutlengkung geladak atau gaing.

Geladak paling atas yg menerus sepanjang kapal diklaim geladak primer dan geladak yg terletak pada atas ruang muncul disebutgeladak kimbul. Diatas ruang akil disebutgeladak akil dan dalam atas anjungan disebutgeladak jembatandan ad interim geladak buat menempatkan sekoci diklaim geladak sekoci.

Kimbul

Kimbul adalah bangunan yang berdinding tipis serta selebar kapal dalam atas geladak primer yang berada pada bagian buritan, dibagian tengah artinya anjungan serta di depan adalah akil. Di geladak primer dirancang atau dibentuk suatu lubang palka buat lewat barang muatan kapal ke palka serta asal dalam palka. Dan  lubang palka tersebut diberi penutup palka.

Dasar berganda (double bottom)

Dasar berganda (double bottom) ialah dasar yang rangkap 2. Sebelah luar alas kapal serta sebelah dalam alas pada (top tank) digunakan buat :

1.memberikan proteksi tinggi pada keselamatan kapal pada pada pelayaran Jika terjadi kerusakan di dasar kapal.

2.menjadi wilayah “air ballast” Bila kapal berlayar tanpa muatan.

3.menjadi loka menyimpan bahan bakar, air tawar serta minyak pelumas.

4.memperbaiki stabilitas menggunakan mengisi ruang dasar berganda  dengan muatan cair.sebagai ruang pemisah (cofferdam)

Ruangan yg terdapat di dasar berganda buat memisahkan tangki-tangki yg diisi menggunakan cairan yang disharmoni jenis.


Sekat rapat air (bulk head)

Sekat kedap air terdapat dua (2) macam yaitu :

1.sekat rapat air melintang (transversal bulk head)

2.sekat rapat air memanjang (longitudinal bulk head)

Sekat rapat air mempunyai manfaat buat :

1.membagi kapal atas beberapa bagian (kompertment) yg kedap air.

2.menambah kekuatan melintang pada kapal.

3.mencegah api menjalar jika terjadi kebakaran dan mencegah air bila terjadi kebocoran pada keliru satu ruangan.

Sekat kedap air melintang yg harus dipasang dari ketentuan solas sebagai berikut :
1.satu butir sekat pelanggaran (collision bulk head)
2.satu buah sekat kedap air kamar mesin dibagian depan
Tiga.satu butir sekat kedap air kamar mesin dibagian belakang
4.satu butir sekat kedap air belakang (after peak bulk head)tangki ceruk (peak tank).


Tangki ceruk terdapat dua macam yaitu :
1.ceruk haluan (fore peak tank), ialah tangki yg bagian depannya dibatasi oleh linggi haluan dan  di belakang sang sekat pelanggaran. Ceruk haluan digunakan buat tangki ballas atau bak rantai jangkar.

2.ceruk buritan (after peak tank) merupakan tangki yg dibatasi sang linggi buritan dan  dinding sekat rapat air belakang. Ceruk buritan ini berguna buat tangki air ballast.

Linggi

Badan kapal dilengkapi sang bagian depan menggunakan linggi haluan (stem) dan  bagian belakang menggunakan linggi buritan (stern post) yg artinya ujung-ujung yang kokoh buat suatu kapal. 

1.linggi haluan (stem)

Ada beberapa bentuk linggi haluan yang kita ketahui diantaranya :
1.linggi haluan tegak (vertical stem)
2.linggi haluan condong (racked stem)
3.linggi haluan bulba (bulb stem)
4.linggi haluan maier (maier stem)
5.linggi haluan gunting (clipper stem)
6.linggi haluan pemecah es (ice breaker stem)


2. Linggi buritan (stern post)

Ada beberapa bentuk linggi buritan antara lain :
1.berbentuk eliptik.
2.berbentuk jelajah (cruiser) memakai kemudi yg imbang.
3.berbentuk jelajah (cruiser) memakai kemudi gantung.
4.berbentuk balok lintang (transom)kemudi
Kemudi pada kapal berfungsi buat memasak arah gerak kapal. Buat menggerakkan daun kemudi yang berada pada bawah permukaan air, dipakai mesin kemudi yg dihubungkan memakai poros kemudi pada ruang mesin kemudi.
Mesin kemudi ini dapat dioperasikan dari ruang nahkoda yg berada pada anjungan.

Macam-macam bentuk dan jenis daun kemudi diantaranya :
1.kemudi balancir
2.kemudi plat tunggal
3.kemudi plat gandakamar mesin.


Pada kapal suatu mesin kapal memiliki ruangan sendiri dianggap kamar mesin. Dalam kamar mesin ini poly diletakkan mesin seperti mesin induk (main engine), mesin bantu (auxilary engine), pompa-pompa, kompresor serta lain sebagainya. Sedangkan lebar kamar mesin dirancang selebar kapal sedangkan panjangnya sekitar 15 % asal panjang kapal.

Letak kamar mesin pada kapal berada pada belakang atau ditengah-tengah kapal. Di kapal ikan, umumnya ditempatkan di tengah hal ini bertujuan buat membicarakan keleluasaan kepada anak buah kapal agarkan mampu bekerja di bagian belakang pada kapal ikan.

Palka ikan.

Ruang palka (ruang muat) ialah ruangan dibawah geladak yg bermanfaat menjadi loka penyimpanan muatan kapal. Barang muatan wajib   mampu tersimpan menggunakan baik, agar nir rusak serta nir busuk.

Oleh karena itu ruangan palka harus  bisa memenuhi beberapa persyaratan tertentu antara lain :
1.ruang palka harus rapat air, maksudnya barang-barang yg terdapat pada pada ruang palka tadi wajib dapat dijamin tak kemasukan air.

2.ruang palka nir mudah terpengaruh panas berasal luar sehingga es yg terdapat pada pada palka tak simpel mencair atau suhu yg rendah dalam dalam palka tidak mudah berubah naik.


Itulah beberapa Istilah dalam Kapal Perikanan yg sanggup saya sampaikan kali ini serta  semoga saja daftar istilah pada kapal memberi kita ilmu baru atau tambahan didunia perkapalan. 

Comments