INSTAL ULANG APLIKASI PMP TANPA KEHILANGAN DATA ISIAN RESPONDEN

Bagi operator yang sedang mengerjakan kuisioner di pelaksanaan PMP, sebaiknya setiap saat selalu membackup data PMP agar terhindar menurut peristiwa yg nir dibutuhkan. Ini sekedar unttuk berjaga-jaga, karena sanggup saja terjadi sesuatu yg di luar kendali kita. Misalnya pelaksanaan PMP nya eror sehingga wajib menginstal ulang aplikasi PMP.

Jika hal demikian terjadi, maka seluruh data responden yang telah diisi akan hilang tanpa bekas. Mendingan jika pengisiannya baru sedikit, bila telah banyak maka mampu tertekan operator sekolah. Tapi hal tadi bisa dihindari bila kita senantiasa melakukan backup data PMP setiap saat dan menyimpan arsip backupnya pada loka yang kondusif. 

Untum membackup data responden PMP caranya cukup mudah. Tinggal login ke pelaksanaan PMP melalui akun operator. Klik menu `Kirim Data`, serta klik menu `Backup Data`. Simpan output backup pada tempat kondusif ( jangan pada Local Disk C, lantaran bila laptop diinstal ulang, seluruh data di Local Disk C akan terhapus).
Nah, kini bagaimana cara merestore data responden PMP tersebut di pelaksanaan PMP baru ? Inilah langkah-langkahnya:

1. Uninstal aplikasi PMP yg sudah rusak di laptop anda.
2. Instal pulang aplikasi PMP 
3. Jika pelaksanaan sudah terinstal, login ke pelaksanaan PMP misalnya biasa. Selanjutnya pribadi saja klik menu `Kirim Data`. Pilih pilihan menu `Restore Data`.
4. Akan timbul jendela eksplore. Cari file backup PMP di komputer. Kemudian jika sudah ditemukan klik arsip tadi. Selanjutnya klik open.

5. Di jendela Restore Data, klik simpan. Akan muncul pemberitahuan bahwa file berhasil di restore. Klik Ok. Semua data responden yg sudah mengisi kuisioner akan masuk ke aplikasi PMP. Refres pelaksanaan PMP (tekan Ctlr serta F5 Bersamaan) kemudian log out dulu dari aplikasi PMP. Kemudian login balik . 


Comments