INILAH CARA CEPAT INSTALASI DAPODIKDASMEN VERSI 2018

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 sudah resmi dirilis pada tanggal 04 Agustus 2017.  Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 terdapat perubahan yg relatif signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, dan perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya buat terus menaikkan kualitas data Dapodik serta juga upaya buat melakukan sinkronisasi terhadap anggaran/regulasi yg berlaku, dan menyelaraskan terhadap mekanisme dan prosedur pemanfaatan data Dapodik untuk aneka macam transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan.

Aplikasi Dapodikdasmen 2017 telah menggunakan Database versi modern sehingga secara tehnik tidak mampu eksklusif diupgrade menurut aplikasi versi sebelumnya, tetapi wajib instal ulang berdasarkan awal. Ini artinya aplikasi Dapodikdasmen yang sebelumnya sudah terdapat pada personal komputer harus diuninstal dulu baru lalu instal Dapodikdasmen Versi 2018. Cara instalnya sama saja misalnya menginstal dapodikdasmen versi sebelumnya.

Untuk mengingatkan pulang apabila terdapat yang telah lupa, pada bawah ini akan dijelaskan langka-langkah instalasi Dapodikdasmen versi 2018 sesuai dengan yang tercantum di Buku pedoman Aplikasi Dapodik Versi 2018.

  1. Persiapkan kode pendaftaran sekolah serta akun yg biasa dipakai sang operator buat login ke dapodik.
  2. Uninstal dulu dapodik versi sebelumnya yg ada komputer.
  3. Unduh pelaksanaan Dapodikdasmen di sini : //dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan . Simpan hasil unduhan pada tempat yang gampang diingat (secara default arsip output unduhan ada pada folder download atau unduhan)
  4. Unduh pula Prefill Dapodik sekolah anda pada alamat yg sama bila akan melakukan registrasi dapodik secara offline.  Simpan hasil unduhan prefill di Local Disc C di folder yg diberi nama " prefill_dapodik " ( tanpa indikasi seru).  Jika anda berniat melakukan pendaftaran dapodik secara online, langkah ini sanggup dilewati.
  5. Sekarang saatnya menginstal Dapodikdasmen V2018. Buka folder loka file installer Dapodikdasmen 2018 disimpan. Klik duakali file installer dapodik 2018, atau klik kanan dan pilih open.
  6. Jendela instalasi Dapodikdasmen 2018 akan timbul. Klik lanjut untuk meneruskan instalasi.
  7. Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih aku sepakat dan klik lanjut.
  8. Selanjutnya akan timbul ventilasi “Pilih lokasi tujuan” serta secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:Program Files(x86)Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  9. Pada ventilasi "Pilih folder Start Menu"  Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  10. Masuk ke ventilasi persiapan memasang pelaksanaan Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi pelaksanaan.
  11. Proses instalasi dapodik akan berlangsung. Tunggu sampai pelaksanaan dapodik terpasang di komputer. Jika aplikasi dapodik sudah selesai diinstal akan timbul ventilasi pemberitahuan. Klik menu terselesaikan di bagian bawah jendela.
  12. Setelah proses instalasi terselesaikan maka akan timbul ikon aplikasi Dapodik di laman desktop. Klik ganda pada ikon buat membuka pelaksanaan.
  13. Jika jendela pelaksanaan dapodik sudah terbuka, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Gunakan no pendaftaran sekolah dan akun dapodik dan password yang sudah digunakan pada aplikasi sebelumnya. Apabila akan melakukan pendaftaran secara online, pastikan jaringan internet aktif terhubung dan frekuwensi internet mengagumkan. Apabila sinyal tidak baik, lakukan pendaftaran secara offline.


Comments