HELEN OF TROY ASAL USUL PERANG TROYA

Kisah kelahiran Helen nir begitu pentingbagi kisah perang Troya. Tetapi yang menarik dari kisah kelahirannya adalahbahwa Helen menetas dari sebutir telur. Hal ini nampaknya berkaitan denganmitos yg terjadi dalam budaya lain tentang telur langit yg menghasilkanciptaan. Dalam hal ini telur membangun global Perang Troya. Zeus memutuskanuntuk berafiliasi seks menggunakan Leda (sebagai angsa) buat membuat telurini. Ada yg berkata bahwa Zeus mengambil bentuk angsa sebagai akibatnya diamemanfaatkannya dan memperkosanya. Ada yg berkata bahwa gairah Zeusmengatasi estetika Zeus. Tapi sebenarnya lebih berkaitan dengan sifat agungsuatu kreasi.


Dalam mitologi Yunani, Helen merupakan wanitaterindah menurut zaman pahlawan. Dia adalah istri Menelaus, raja Sparta (salahsatu dari beberapa kerajaan Yunani). Setelah Helen melarikan diri bersama Paris(pangeran Troy) tentara Yunani bertempur pada perang selama sepuluh tahunmelawan Troy buat memenangkannya balik . Dramawan Inggris, ChristopherMarlowe, memanggil Helen, "wajah yg meluncurkan seribu kapal.", representasikeindahan yang ideal.

Asal-Usul Perang Troya     

Dahulu kala, dizaman pahlawan, saat tuhan serta dewi masih memberikan perhatian akbar pada urusanmanusia, sebuah pernikahan akbar direncanakan antara seseorang pejuang terkenalbernama Peleus dan nimfa bahari yg indah yg bernama Thetis. Semua raja danratu hari diundang ke pesta pernikahan, pula semua yang kekal yg tinggal diGunung Olympus - semua itu, kecuali satu yaitu dewi Eris, karena tidak adaundangan yg dikirim ke sang dewi Eris (dewi perselisihan). Dewi Eris sangatkesal lantaran nir pada undang, serta menjadi balas dendam, beliau memutuskan untukmemainkan trik dengki pada para tamu pernikahan tadi. Tepat waktu perayaanberlangsung, dewi Eris timbul di ruang perjamuan berpakaian sebagai pelayan.piring perak terdapat di tangannya, dan pada atasnya terdapat sebuah apel emas yangbertuliskan, "Untuk yg paling anggun". Lalu ditempatkanlah apelemas tadi di atas meja, tempat 3 dewi terindah duduk (Hera, Athena danAphrodite). Begitu mereka melihat istilah-kata pada apel itu, perdebatan terjadi diantara ketiga dewi tersebut.
Hera menyampaikan kepadayang lain, "Saya adalah ratu menurut semua ilahi kekal, serta karenanya sayapasti jauh lebih adil dan anggun daripada kalian berdua, oleh karena itu apelitu milik saya."
"Sayangku yangterkasih," kata Athena, "Anda mungkin ratu, akan tetapi aku merupakan dewikebijaksanaan, oleh karena itu aku memahami sahih-sahih segala hal yang patut diketahui.anda wajib percaya pada aku waktu saya mengatakan bahwa Anda keliru besar .kebijaksanaan adalah estetika, serta keindahan merupakan kebijaksanaan. Merekaadalah satu dan sama, karena itu apel itu milikku. "
"Sayang,"Aphrodite menyela, "Sudah cukup kentara bahwa apel itu milikku. Sayamemiliki kekuatan cinta buat membuatnya relatif sederhana, saya jauh lebihcantik menurut orang lain."
Para dewi terusberargumen terus menerus selama pesta pernikahan berlangsung. Raja semua dewa,Zeus yg perkasa menjadi sangat muak menggunakan mendengarkan pertengkaran mereka. Padaakhirnya Zeus menyarankan pada 3 dewi yg anggun itu, bahwa mereka wajib menyelesaikanpertanyaan itu menggunakan mengadakan sebuah kontes kecantikan. Dan itulah yangmereka lakukan.
Ketiga dewi itumenyetujui satu hal: bahwa mahluk berpakaian yang paling tampan dan gagah yangberjalan pada muka bumi merupakan Paris, Prince of Troy. Mereka tetapkan untukmengejutkannya. Suatu hari saat Paris sedang berburu di kaki Gunung Ida, diamenemukan tiga dewi manis berdiri pada bawah sebatang pohon. Sepanjang hidupnyaia belum pernah melihat estetika yg mempesona itu. Sesaat dia berdiri takjub,kemudian Hermes, utusan ilahi bersayap, terbang ke Paris serta berbicara kepadanyasebagai berikut, "Salam Paris, pangeran Troy yg agung. Dewa Zeus, rajasemua ilahi, akan mengirimkan salam kepadamu. Dia ingin memberi Anda kehormatanbesar. Dia meminta Anda memberi apel ini pada dewi yang paling manis darimereka semua."
Paris, yangbiasanya memiliki mata yg tajam buat kecantikan, merasa sulit buat menentukan.setiap dewi itu begitu manis. Hera memiliki kulit mulus susu paling latif yangpernah ada. Athena mempunyai mata yang paling mempesona dan pandai menari. DanAphrodite mempunyai senyum paling dagi. Mana yg wajib dia pilih?
Akhirnya, melihatbahwa dia gundah, Hera menyampaikan kepadanya, "Pangeran Paris, berikan apelitu kepadaku dan aku akan memberimu karunia kekuatan besar ."
Athena, yg tidakmau kalah dengan tawaran ini, menyampaikan, "Pangeran Paris, berikan apel itukepadaku dan aku akan memberimu karunia kebijaksanaan agung."
Tapi Aphroditetertawa serta mengungkapkan, "Paris sayangku, apa kau tidak mendengarkan keduadewi konyol itu? Apa yg menyenangkan yg akan Anda miliki menggunakan kekuatanatau kebijaksanaan? Berikan apel itu pada saya serta saya akan memberi Andahadiah yang jauh lebih sinkron menggunakan cita-cita Anda. Aku akan memberimu sebuahcinta dari wanita terindah pada dunia ini."
Kini Paris tidaklagi menemukan pilihan yang sangat sulit. Dia telah usang jatuh cinta denganwanita tercantik pada bumi, yg bernama Helen. Kebetulan Helen menikah denganRaja Menelaus, dan Paris berpikir sampai waktu itulah kemungkinan diamemenangkan cintanya melebihi harapan, akan tetapi kini beliau mengerti bahwapeluangnya mampu sangat semakin tinggi - dan Paris memberi apel itu. Ke Aphrodite,Aphrodite pun senang , Dia tertawa terbahak-bahak karena bahagia, akan tetapi dua dewilainnya sangat murka serta langsung terbang balik ke Gunung Olympus dengansangat murka , pada mana mereka mengeluh serta dengan sengit melampiaskankemarahannya kepada Zeus tentang ketidakadilan pemberian sebuah apel yangdilakukan sang Paris. Zeus memiliki perasaan buruk bahwa akan ada bencana bagi kehidupanmanusia.
Paris berlayarmenuju tanah Sparta, loka Menelaus menjadi raja serta tinggal beserta RatuHelen yg cantik. Menelaus menyambut pangeran yang terkenal itu ke istananya,serta ad interim keduanya duduk berbicara mengenai urusan dunia, Ratu Helen turundari kamar wangi-wangi itu, terlihat secantik dewi. Pelayan tadi membawanyake sebuah loka duduk serta menutupinya dengan permadani lambswool yg lembut,dan dia duduk pada depan kotak barang peraknya, tapi sebelum dia mulai menyulam,beliau melirik ke arah pangeran yg berkunjung dan menanyai suaminya,"Haruskah saya menebak nama pangeran ini yang telah datang mengunjungikita? Mari kita lihat apakah saya sahih atau salah ? Saya telah mendengartentang seseorang pangeran dari jauh Troy yg terkenal pada seluruh dunia karenapenampilan serta kegagahannya. Apakah dia, Paris, pangeran Troy yang datang untuktinggal bersama kita? "
"Sayangku,"istilah Menelaus, "Seperti biasa, Anda sahih. Memang, Paris, pangeran Troyyang memberi kami kehormatan atas kunjungannya. "Paris mengakui Ratu Helendengan anggukan kepalanya.
Saat makan malammalam itu, Helen menambahkan ramuan khusus ke dalam anggur, sehingga siapa punyang meminumnya akan melupakan seluruh keinginannya, dan berbahagialah selamasisa malam itu. Mereka berpesta dan berbahagia dan ad interim Menelaus sibuktertawa serta bercanda dengan keliru satu jendralnya, Paris berbicara lembutkepada Helen.
"Ratu yangpaling anggun," katanya, "Saya mohon, temui saya malam ini pada kebunbuah pada bawah dinding istana dan kami akan berlayar beserta di kapal saya, danlangsung menuju Troy, kota terindah di semua global."


Dan lantaran dewicinta, Aphrodite, sangat menginginkannya, Helen tidak bisa menahan diri, danmenyetujui sarannya.
Saat Raja Menelausterbangun di pagi hari, dan dia mendapati bahwa tamunya dan istrinya telahmelarikan diri bersama, beliau mengamuk, menendang perabotan serta meninju dindingkamarnya. Dia bersumpah di hadapan seluruh allah bahwa balas dendamnya akansangat mengerikan - maka dia pergi menemui kakaknya, Raja Agamemnon menurut Argos,serta mengungkapkan kepadanya, "Saudaraku yg terkasih, kehormatan keluarga kamitelah dikepung oleh burung merak asing ini, Pangeran Troy yg gagah ini. Marikita kumpulkan seluruh raja Yunani dan menggabungkan tentara kita ke dalamkekuatan terbesar yg pernah ada sejak awal sejarah, serta marilah kita berlayarke kota Troy yang jauh, dan mengajarkan beberapa tipuan kepada Pangeran Paris."
Walau begituAgamemnon memahami bahwa selalu merupakan kesalahan mengerikan untuk segerabertengkar. Dia menyarankan terlebih dahulu, bahwa mereka mengirim seorang dutabesar ke Troy buat meminta kembalinya Ratu Helen, yg dia konfiden telah diculikmelawan kehendaknya. Dia tahu bahwa ayah Paris, King Priam of Troy adalah orangyang baik, dan beliau konfiden bahwa dia akan memerintahkan anaknya untuk membebaskannya,jadi mereka mengirim pesan ke Troy atas nama perdamaian dan rekonsiliasi, namunHelen tidak melakukannya. Ingin pulang ke rumah, serta Pangeran Paris menolakuntuk mengembalikan ratu anggun itu pada suaminya, dengan berkata bahwamereka telah disatukan oleh Dewi Cinta, Aphrodite sendiri; serta itu berartiperang. Raja Agamemnon, saudara pria Menelaus yang galat, memanggil semuaraja Yunani serta menyiapkan satu angkatan bahari seribu kapal, kekuatan militerterbesar yg pernah berlayar.

Dan begitulahceritanya bagaimana perang akbar antara orang Yunani serta Troya dimulai olehPangeran Paris serta Ratu Helen.

Comments