HASAN CELEBI


Kaligrafer Besar Turki Hasan Celebi

Syeikh Hasan Celebi lahir tahun 1937 pada Provinsi Erzurum Turki sebelah timur Anatolia. Tumbuh sebagai anak desa yang sederhana. Tidak terdapat sekolah didesannya sebagai akibatnya beliau nir menempuh pendidikan formal saat itu. Hanya saja beliau menghafalkan Al-Qur'an dibawah bimbingan pamannya, yusuf Thosy. Waktu itu tidak banyak tersedia kertas dan pensil, sebagai akibatnya dia menciptakan pena serta tinta sendiri.

Kemudian pada tahun 1954 beliau pergi ke Istambul, sebuah kota peradaban serta pendidikan pada Turki. Ia mengikuti daurah penghafal Al-Qur'an, dan sebagai seorang juru adzan (muadzin) di sebuah masjid pada Distrik Uskudar.
Suatu ketika dia tertarik menggunakan hiasan kaligrafi yang ad didinding beberapa masjid yang dikunjunginya. Kemudian dia berkenalan dengan galat seseorang imam masjid yg mempunyai keahlian kaligrafi. Ia diberi model contoh kaligrafi berdasarkan banyak sekali jenisnya, dan mulai berlatih.

Kemudian Hasan Celebi bertemu dengan Hamid Al-Amidi, yg menyuruhnya belajar kaligrafi pad Musthafa Halim. Hanya 4 bulan ia belajar pada Musthafa Halim, karena gurunya itu mengalami kecelakaan mobil serta mangkat global. Maka hasan Celebi kembali lagi kepada Hamid Al-Amidi serta diterima menjadi siswa.

Ia belajar kaligrafi Tsuluts  serta naskh selama dua tahun kepada Hamid Al-Amidi. Selama itu dia hanya mengulang ulang kalimat rabbi Yassir Walaa Tu'assir Wa Rabbi Tammim Bil Khair. Ia jua belajar kaligrafi ta'liq padakaligrafer Kamal Yatanai. Pada tahun 11971 H, kedua ustadznya itu memberikan ijazah kaligrafi padanya. Setelah itu beliau mulai banyak berkarya dan mengajar kaligrafi. Namanya mulai populer, serta beliau didatangi banyak murid.

Diantara siswa muridnya yg paling menonjol dan beliau beri ijazah merupakan : Dawud Bektasy (Turki), muhammad Zakariya (USA), Muhammad Buhairi (Aljazair).

Hasan Celebi memiliki poly karya kaligrafi, terutama yang dia tulis di masjid masjid di bayak negara diantaranya Turki, Kuwait, Arab Saudi, serta lain lain. Ia pula sebagai juri tetap bagi pusat forum kaligrafi IRCICA.

Berikut ini adalah beberapa karya Hasan Celebi :










Comments