HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN MENGGANTI MESIN TV CRT

Cara flexi - Mengganti mesin tv sebenarnya gampang apabila kita memiliki pengetahuan dasar mengenai mesin tv. Tetapi jika belum sedikitpun mengetahui seluk beluk mesin tv maka ini sedikit agak ristkan.


Tidak apa apabila anda belum mengetahui sedikitpun mengenai mesin tv .anda niscaya bisa merakit, bila anda mau mengetahui dasar cara yang aku paparkan disini.

Yang pertama. Harus dipahami merupakan keamanan buat anda. Karena mesin TV CRT bukanlah mesin yg spele misalnya ampli. Ini lebih berbahaya.

Perlu anda ketahui bahwa mesin tv memancarkan volt sampai 20.000kv pada transformator step up. Atau disebut flyback. Flyback Merupakan penyuplay tabung gambar.

Untuk menghindari yg tidak diinginkan maka, jangan menyalakan mesin tv dalam keadaan netral, atau belum terhubung dengan tabung CRT.

dan jika tv pada keadaan menyala jangan menyentuh cop flyback secara eksklusif menggunakan tangan..

Mengganti mesin tv yang paling krusial adalah tahu bagaimana awal soket dan kabel yang terhubung sebelum membongkar mesin. Sehingga dalam tahap ini memudahkan anda memahami letak kabel yang perlu dihubungkan.

Perhatikan jenis soket crt. Ada beberapa macam soket crt, terdapat yang akbar 12 pin dan yg mini 7 pin.

Jika bawaan mesin tv baru memakai soket akbar, serta yang akan di pasangi ternyata jenis soket. 7 pin maka perlu penggantian terlebih dahulu. Atau gunakan soket asli bawaan dari bekas mesin tv yang akan diganti.

Untuk masalah urutan pin, sebenarnya kalau tv rona urutanya sama. Dan umumnya dalam pcb soket rgb sudah dilengkapi sang lubang yang telah sinkron menggunakan kebutuhan banyak sekali macam soket. Sehingga memudahkan anda untuk memasang soket meski tidak tau urutanya. Yang terpenting jumlah kaki serta lubangnya tidak tetukar.

Pamasangan kabel penyimpangan yoke.

bagi yg belum tau apa itu defleksi yoke , jika kita lihat ,penyimpangan terletak menempel di tabung berbentuk lilitan melingkar lebih tepatnya di leher tabung crt. Defleksi yoke adalah pembelokan cahaya secara vertikan serta secara horizontal sebagai akibatnya bila terbalik maka akan mengakibatkan kerusakan yg sangat serius.oleh karena itu perlu dipahami.

Defleksi yoke dibagi menjadi dua bagian yaitu def vertikal dan def horisontal.

Untuk menandai mana lilitan vertikal dan mana lilitan horisontal kita mampu melihat,

Lilitan dalam bagian luar merupakan kumparan defleksi vertikal

Sedangkan Lilitan yg terdapat pada pada merupakan defleksi horisontal.

Untuk Menandai kabel yg terhubung menurut masing masing soket bisanya mempunyai empat kabel yg terhung menggunakan penyimpangan yoke yang mana apabila pada lihat kabel buat defleksi horisontal berjajar dengan sepasi soket yang agak jauh, sedangkan vertikal sisanya.

Untuk mengetahui mana pin penghubung yoke vertikal dan horizontal pakai multi, caranya memakai Ohm meter buat mencari mana lilitan yang saling terhubung. Jika sudah ketemu maka itu adalah satu pasang yg dihubungkan ke kabel vertikal juga horisontsl.

Jika terbalik saat p;emasangan maka umumnya akan muncul kerusakan pada ic mauppun terbakarnya dalam bagian lilitan.. Nah buat itu, bagi yg belum mengetahui. Dengan kentara mengenai perakitan defleksi yoke maka pulang lagi bagaimana awal kabel terhubung sebelum dibongkar tersebut. Jika cocok maka anda hanya perlu menghubungkan. Tanpa harus mencari mana lilitan vertikal dsn horisontal.

Sebenarnya merakit tv sangat mudah,, yg sulit itu hanya masalah penyambungan dalam deleksi yoke.

Jika orang yang belum paham,, maka hal ini yg perlu dipahami sebelum memasang mesin ke crt.

Selain itu aku yakin bahwa seluruh orang sanggup memasang mesin tv dengan sangat gampang.

Comments