HACKER & CRACKER HACKING & CRACKING

Intermezo aja, jangan lupa beberapa ketika lalu ketika konkow bersama teman-teman, galat seseorang sahabat dengan muka serius gundah bercampur murka , berteriak "Gadget ku pada hacker! Wah ini pasti di hacker!" sambil mlototin gadget. Mendengar itu sarap otak saya jadi tergelitik memaksa aku buat tertawa. Dan akhirnya bhahahahahaha... Verbal aku pun mangap.

Menyadari aku tertawa dampak tieriakan dia, si X pun jadi tambah bingung. Singkat cerita sehabis ngedumel sono sini gadget si X berpindah ke tangan aku . Gadget yang cukup sophisticated menurut berukuran saya, sebab layarnya sudah layar usap. Tidak misalnya gadget saya yang menggunakan layar tonjok.

Bukan berdasar gadget say menulis ini namun bardasarkan celetukan si X yg menciptakan perut saya kaku. "Gadget ku pada hacker!" atau "komputer ku di hacker orang" atau "FB ku pada hacker" istilah itu menurut saya relatif aneh. Apa sih hacker & Cracker itu?

Terus terperinci aku masih awam menggunakan global hacking & cracking, tetapi waktu mendengar kalimat seperti itu ada asa buat meluruskan pengertian hacker & cracker. Sebelum menginjak ke bab hacker, lebih dulu akan aku tulis definisi cracker menurut pemahaman saya.

Cracker adalah:

Cracker berasal berdasarkan istilah crack yang berarti retak. Definisi cracker adalah seseorang yg menggunakan sengaja masuk ke dalam sistem milik orang lain menggunakan tujuan menghambat. Jadi cracker menggunakan sifatnya yg menghambat, menggunakan sengaja memasuki sistem jaringan internet, komputer, website, atau bahkan gadget menggunakan tujuan buat mencuri data, menghapus data, men-deface web, merubah password, merogoh alih akun serta sebagainya. Yang jelas cracker merupakan perusak keamanan jaringan menggunakan menunjukkan bukti diri (biasanya inisial) atau tanpa memberitahuakn bukti diri (tanpa pada ketahui pemilik).

Hacker adalah:

Hacker dari menurut kata hack yg ialah kalau nggak salah terjang. Menurut pemahaman aku hacking adalah aktivitas untuk menerjang atau menerobos atau menjebol sesuatu yg berhubungan dengan teknologi informasi. Baik itu personal komputer , internet,gadget dan sebagainya. Sedangkan hacker merupakan pelaku menurut aktivitas pembobolan. Jadi bagaimana menggunakan kalimat "personal komputer ku pada hacker orang"?

Jadi definisi hacker adalah seorang yang berusaha menerobos, Mengganggu atau menjebol komputer, jaringan internet, situs/website untuk mencari/mengambil data milik orang lain dengan tujuan tertentu.

Ada banyak ragam definisi hacker yang beredar di khalayak umum. Mungkin rekan-rekan terdapat yang pernah mendengar White Hat Hacker serta Black Hat Hacker. Apa maksud istilah itu serta apa disparitas antara keduanya.
  • White Hat Hacker (Peretas Bertopi Putih)
White Hat Hacker adalah mereka yg memfokuskan kegiatannya buat menaikkan kualitas berdasarkan sebuah produk. Mereka yg tergabung dalam white hat hacker umumnya terbagi menjadi dua gerombolan . Satu kelompok memfokuskan diri untuk melindungi sistem, kelompok lainnya memfokuskan diri buat mecari celah atau kelemahan menurut suatu sistem. Mereka berkerja bersama-sama buat menguji suatu sistem eksklusif atas ijin berdasarkan pemilik sistem menggunakan tujuan MENINGKATKAN KUALITAS SISTEM/PRODUK
  • Black Hat Hacker (Peretas Bertopi Hitam)
Black hat hacker adalah mereka yang menfokuskan diri buat meretas atau membobol keamanan sistem atau jaringan untuk merogoh data, merubah data, memata-matai tanpa se-IJIN pemilik buat kepentingan tertentu. Jadi anda termasuk yang mana?

Atau timbul pertanyaan pada benak anda, aku termasuk yg mana? Jawaban aku : "Yang Mana Aja Bolehhh.." heee... Enggak kok, saya orang baik dan mendingan. Nggak pernah begitu-begituan. *tapi sering*     #Jengkang kejedot tembok

Sebenarnya masih poly kata-istilah dalan global Hack & Crack, tetapi saya nggap perlu menulis semuanya di sini, hanya kata umum yang acapkali kita dengar dan kita jumpai sehari-hari.

Jadi, meskipun dalam keadaan panik. Nyeplos pun wajib di pikir dulu agar tidak di tertawakan orang.
And.... Relatif sekian saja buat bab Hacking & Cracking. Salam....


*image: by google

Comments