GAMPANG DIAPLIKASIKAN BEGINI CARA MEMBUAT HEMBUSAN KIPAS ANGIN JADI SESEJUK AC AIR CONDITIONER

Kipas angin sebagai indera penyejuk udara yg sangat populer di rakyat. Selain lantaran harganya murah, hembusan kipas angin cukup bisa diandalkan untuk menyejukkan suhu ruangan.
Tapi sayangnya, di cuaca yg sangat panas, eksistensi kipas angin justru dirasa semakin menyiksa. Pasalnya, udara yang dihembuskan bukanlah udara sejuk akan tetapi justru udara panas.

Wajar itu yang terjadi lantaran dalam dasarnya teknologi sederhana yg dipakai kipas angin adalah menghisap udara di belakang baling-baling dan menyalurkannya ke depan. Jadi wajar bila suhu di pada ruangan tinggi, maka suhu udara yg dihembuskan kipas angin jua tinggi.
Berbeda menggunakan AC (air conditioner). Sesuai dengan fungsinya, alat ini memang sahih-benar bisa diandalkan sebagai pendingin ruangan.
Dengan aneka macam komponen di pada air conditioner, udara panas yang diserap dimungkinkan diolah menjadi udara dingin atau sejuk. Dan, ini yang membuat AC menjadi alat yang sangat diandalkan sebagai pendingin ruangan sampai sekarang.
Jenis AC
Ada 3 jenis atau tipe AC yg perlu Anda ketahui. Setiap tipe tentu memiliki keunggulan masing-masing.
1. AC konvensional

AC jenis ini merupakan air conditioner yang paling poly dijumpai. Biasanya AC konvensional di tempel pada dinding buat menyejukkan ruangan.
2. AC portable

Sesuai menggunakan namanya, AC portable bisa diletakkan pada mana pun Anda senang. Pasalnya, jenis AC ini bisa diangkat ke mana saja.
3. Air cooler

Meski tidak secanggih AC, akan tetapi ari cooler cukup mampu diandalkan menjadi pendingin ruangan.
Namun sayang, harga air conditioner sampai sejauh ini masih dirasa kurang bersahabat menggunakan rakyat kecil. Alat ini pula tergolong boros listrik.
Tapi jangan berkecil hati. Dengan menambahkan sedikit alat sederhana, Anda mampu membuat hebusan udara menurut kipas angin sebagai sesejuk AC atau air conditioner.
Teknologi sederhana ini mengadopsi teknologi dasar yang diterapkan pada air cooler. Begini caranya.
1. Siapkan botol plastik

Botol plastik ini nantinya akan digunakan sebagai tempat buat menampung es batu atau bunga es. Anda sanggup menggunakan botol plastik bekas air mineral atau soda.
2. Potong tak hingga putus

Agar lebih mudah pada memasukkan es batu atau bunga es, potong bagian bawah botol pastik secara horizontal, tapi jangan hingga putus.
3. Lubangi botol plastik

Tepat 0,lima sentimeter di bawah garis potongan, lubangi sisi botol dengan menggunakan solder listrik. Jeda lubang satu menggunakan lubang pada atasnya sekitar 1 sentimeter. Buat 3 atau empat lubang pada setiap sisi. Lubang ini sangat krusial perannya supaya udara dingin berdasarkan es batu atau bunga es bisa terserap baling-baling kipas angin dan dapat dihembuskan ke depan.
4. Pemasangan

Pasang botol yg tersebut ke bagian belangan kipas angin dengan bantuan tali atau rafia. Pasang botol plastik secara terbalik. Pastikan tutup botol telah diputar kencang agar air yg es batu yg meleleh tidak hingga menetes atau tumpah.
5. Aplikasi

Lewat bagian bawah botol yang sudah dipotong serta dipasang terbawalik pada bagian belakang kipas angin, tambahkan es batu secukupnya.
Nah, Anda tinggal menyalakan kipas angin dan rasakan udara yg dihembuskan kipas angin akan sebagai sesejuk udara yg dihembuskan AC atau air conditioner. Ini video tutorialnya:

Nah, setelah es batu mencair, Anda mampu menampung airnya dengan cara membuka tutup botol pada bagian bawah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa pada share ke yang lain ya!

Comments