GAMBAR MELENGKUNG TV FUJITEC SERI KAIO SLIM

Hallo sobat CARA FLEXI, gimana keterangan servis TV kalian, lancar-lancar aja kan…? Nah…pada kesempatan kali ini saya akan aku akan memberikan tips cara memperbaiki Gambar Cekung/melengkung TV Fujitec Seri Kaio Slim. Kebetulan kerusakan TV yang aku maksud ini menggunakan mesin persis milik TV sanyo begitu pula dengan remotenya menggunakan chassis FC8-A. TV Fujitec ini juga menggunakan IC tunggal LV761132C. Tepatnya hari ini aku menerima job memperbaiki TV Fujitec Seri Kaio Slim yg kebetulan milik sahabat aku sendiri. Karena pemugaran TV telah terselesaikan, makanya aku ingin membagi pengalaman dengan sobat. Untuk detail nampak  misalnya apa sih kerusakan aku maksud, berikut gambarnya:



Setelah aku coba hidupkan TV tadi, memang gambarnya melengkung misalnya yg anda lihat di atas. Tapi terdapat tanda-tanda lain ada yaitu TV kembali standby selesainya nyala kurang lebih 10-15 menitan. Mungkin karena Pengaruh perlindungan kali ya… yang mendapati adanya komponen TV yg nir beres. Kerusakan gambar melengkung seperti ini umumnya pada sebabkan kinerja bagian horizontal tidak maksimal . Tanpa poly sing-song eksklusif aku buka back covernya serta coba aku lihat dengan teliti apa terdapat komponen yang rusak. Aha….sehabis aku periksa khususnya komponen pada bagian Horizontal dengan akurat, ternyata Lilitan (L) berdasarkan pin - H (yoke) yang menuju ke transistor EW terputus. Letak lilitan (L) tadi berada pada pin L461 dengan tipe LAB24.

Nilai OHM lilitan (L) ini kurang lebih 5 Ohm, jika pada ganti menggunakan nilai ohm yang lebih mini misalnya R1w dengan nilai dua,2 ohm, maka gambarnya akan sangat lebar sekali. Bayangkan bila Cuma di jemper/sambung eksklusif, mampu-bisa gambarnya akan lebar keluar menurut keluar dari TV. Hehehehe…..bercanda gan supaya gak terlalu tegang belajarnya.

Biasanya komponen misalnya lilitan (L) ini susah pada dapatkan bahkan dari mesin TV bekas sekalipun, niscaya nilai ohm lilitan ini tidak sama. Nah solusi terbaiknya adalah menggunakan cara menggulung ulang lilitan tadi. Apabila imail masih terlihat rupawan/nir gosong  itu tandanya niscaya ada yg putus karena korosi.  Yang saya lakukan dengan lilitan (L) ini adalah membuka secara perlahan serta memang benar ternyata kawat emailnya putus lantaran korosi. Saya mengetahuinya ketika melepas lilitan satu-persatu kurang lebih 10x lilit ternyata  imail putus lagi. Lantaran aku nir punya kawat imail buat pengganti saat itu, akhirnya aku membuang imail 10 lilit itu. Kemudian aku solder balik ujung dawai email ke kaki T misalnya semula. Selanjutnya aku coba hidupkan TVnya lagi. Ctee…s… ternyata gambarnya normal dan sudah Gambar Melengkung lagi.

Itu tersebut pengalaman aku tentang cara memperbaiki Gambar Melengkung TV Fujitec Seri Kaio Slim, semoga berguna.

Comments