GAMBAR BERGARISGARIS SELURUH LAYAR TV LG

Selamat siang sobat CARA FLEXI, ketemu lagi menggunakan saya yang akan membahas seputar elektronik, khususnya mengenai reparasi TV. Kali ini aku akan coba membahas tentang bagaimana cara mengatasi Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV LG. Pada topik sebelumnya, saya juga telah membahas mengenai Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas. Sperti yang kita memahami, kerusakan semacam ini kebanyakan pada akibatkan karena kinerja bagian vertical kurang maksimal /tidak normal. Kebetulan yang akan saya jadikan contoh merupakan TV LG menggunakan Chassis MC 994a.

Sebenarnya kerusakan TV ini sebelumnya merupakan Susah Hidup. Mesti tombol Power sudah pada pencet berulang kali permanen gak bisa nyala bahkan bisa sampai 30 mnt. Setelah aku memperbaiki kerusakan yang membuat TV susah hidup menggunakan mengganti beberapa Elco besar yang telah relatif kembung. Termasuk elco di bagian Vertical yg pada TV LG umumnya 35v/2200uf.

Setelah elco pada bagian Vertical yang relatif rusak tadi saya ganti, kemudian saya hidupkan TVnya... Jbree…t, TV telah eksklusif bisa nyala. Tapi terdapat perkara lain ada yaitu Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar (melintang), misalnya Gambar dibawah ini:


Saya sempat resah juga sih dengan kerusakan Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV seperti ini. Maklum baru pertama kali aku menemui kerusakan semacam ini. Yang lebih bingungnya lagi, kata pemiliknya bila TV sudah nyala, gambarnya masih bagus seperti tidak terdapat kerusakan sama sekali alias normal. Nah…lo…puyeng 2 kali kan saya jadinya.

Selanjutnya saya periksa kembali beberapa elco yg telah saya ganti tadi, terutama elco besar pada blok vertical. Akhirnya ketemu pula biang keroknya yg mengakibatkan Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar. Ternyata Elco di dekat IC Vertical  yang saya pasang tersebut short kaki negatif ke GND. Saya pikir jalur pada PCBnya memang nyambung, pribadi aku jamper menggunakan kabel. Tapi ternyata seharusnya tidak sambung ke GND, lantaran jalur sudah kabur dan gak kentara gitu. Kira kira sperti inilah penampakan PCB yg saya maksud:



Sekian penjelasan dari aku tentang Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV LG, semoga bermanfaat.

Comments