FUNGSI PAKAN DALAM BUDIDAYA IKAN

FUNGSI PAKAN DALAM BUDIDAYA IKAN - Fungsi primer pakan pada ikan merupakan buat membuat tenaga yg dipakai untuk menopang pertumbuhan dan perkembangan ikan. Pakan tersebut bisa diperoleh menurut pakan alami juga pakan buatan. 

Baca Juga ; Mengenal Penyakit Parasit pada Ikan


Secara generik, ikan memanfaatkan protein menjadi asal energi utama, sang karenanya, komponen utama yang wajib tersedia saat membuat pakan buatan merupakan protein.
Namun demikian, pakan nir hanya berfungsi menjadi produsen tenaga, sebagai akibatnya ketersediaan komponen lain pada pembuatan pakan ikan pula sangat penting. 

Beberapa fungsi penting pakan buat menopang pertumbuhan dan perkembangan ikan antara lain:


1. Fungsi Pakan Ikan Sebagai Pengobatan

Dalam Budidaya perianan peranan pakan sebagai krusial dan memiliki bobot seitar 30 % berdasarkan keberhasilan usaha budidaya ikan serta Pada dasarnya dalam anugerah pakan dan menjadikan ikan yg memperoleh kecukupan nutrisi dengan kualitas dan kuantitas yang memadai akan tumbuh dengan baik serta tidak gampang terjangkit penyakit.

Pakan yang di berikan dalam ikan akan membantu terciptanya sistem ketahanan tubuh pada ikan. Semakin poly kandungan nilai gizi suatu pakan maka aan baik sistem pertahanan tubuh ikan.sementara mekanisme sistem hormonal sangat dipengaruhi sang kualitas pakan yang dikonsumsi.

Baca Juga ; Takaran Nutrisi Pada Pakan Buatan


Dimana Sistem ketahanan tubuh tadi akan menciptakan imunitas atau kekebalan terhadap agresi penyakit, serta sangat dipengaruhi sang sistem hormonal. 



Dengan demikian, apabila pakan yang di berikan dan dikonsumsi  memiliki kualitas baik dari kandungan nutrisi serta dengan jumlah yang pas maka sistem hormonal pada ikan pula akan berjalan dengan baik dan dengan sendirinya 

Dimana  sistem hormonal tersebut akan terbentuk sistem ketahanan tubuh yang baik juga.

2. Fungsi Pakan Ikan Untuk Membentuk Warna Tubuh

Salah satu fungsi pakan bagi ikan merupakan menjadi pembentuk rona tubuh atau pigmen. Biasanya fungsi pakan tersebut terkandung pada pakan protesis serta dimanfaatkan pada aktivitas budidaya ikan hias. 

Pakan buatan yg digunakan buat membentuk warna tubuh dalam ikan bila ditinjau dari komponen bahan penyusunnya tidak beda jauh menggunakan pakan protesis lainnya, hanya pada pakan protesis dibubuhi pigmen atau produsen rona.
Secara fisik dan bentuk menurut pakan protesis yang di penuhi serta diperkaya dengan pigmen gampang dibedakan menggunakan pakan buatan biasa, 

karena pakan protesis yg diperkaya menggunakan pigmen umumnya memiliki warna yg spesial , merah atau hijau. Dan Pakan berbahan Figmen sangat pada rekomendasikan buat ikan hias.


Ciri Ciri berdasarkan Pakan berbahan figmen Selain berwarna warni itu biasanya pada kantung atau wadah pakan terdapat informasi yang mengungkapkan adanya tambahan pigmen.


Ikan yg diberi pakan dengan kandungan pigmen yg sesuai serta proporsional akan memiliki rona  serta bentuk tubuh yg lebih cemerlang dan tajam. Serta Warna tadi akan bertahan lama walaupun secara genetik mampu berubah.

3. Fungsi Pakan Ikan Untuk Meningkatkan Cita Rasa


Cita rasa sangat menghipnotis kesukaan konsumen. Ikan yg mempunyai cita rasa jelek atau kurang enak umumnya tidak disuukai konsumen. Cita rasa daging ikan ini sangat ditentukan oleh kualitas pakan yg dimakan ikan itu sendiri. 

Ikan selain menerima pakan berdasarkan hadiah pakan tambahan, pula menerima pakan berdasarkan pakan alami. Kualitas pakan alami sangat dipengaruhi sang lingkungan perairan masing-masing. 


Baca Juga ; WadaH Budidaya Perikanan


Setiap lingkungan perairan memiliki kandungan dan kualitas pakan alami yang bhineka. Dengan demikian, ikan yg memperoleh pakan alami berdasarkan suatu lingkungan perairan akan mempunyai oroma dan citarasa yang tidak sinkron dibanding menggunakan ikan sejenis yg memperoleh pakan alami berdasarkan lingkungan perairan lain. 


Demikian pula apabila ikan yang ditangkap pada suatu lingkungan perairan akan memiliki aroma serta cita rasa yang tidak sama jika dibandingkan dengan ikan homogen yg ditangkap dalam lingkungan perairan yg sama tetapi dalam trend yang tidak selaras.
Dengan pendapat dan asumsi tersebut di atas maka pembuatan pakan protesis sebaiknya pula memperhatikan serta mempertimbangkan komponen dan bahan yang mempengaruhi cita rasa daging ikan yang dihasilkan. 

Sebagai contoh pada hadiah pakan ikan pada negara Amerika yg berupa tepung darah, mempunyai cita rasa yg tidak selaras dengan ikan di Israel yg diberi pakan berupa bungkil kacang tanah. 


Demikian juga dengan ikan di Jepang yg diberi pakan dari kepompong ulat sutra memiliki cita rasa daging ikan tidak selaras dengan ikan pada kedua negera tersebut. 


Tetapi cita rasa daging ikan pada ketiga negara tersebut ternyata memiliki cita rasa daging ikan yang lebih lezat dibanding menggunakan cita rasa daging ikan pada Indonesia yg diberi pakan pellet.

4. Fungsi Pakan Ikan Untuk Mempercepat Reproduksi


Pengangkutan hormon reproduksi menuju organ reproduksi pada ikan sangat ditentukan sang kinerja sistem endokrin. Sistem endokrin dan sistem hormon ditunjang oleh kualitas pakan ikan. 

Sehingga, kualitas pakan ikan yang baik harus sanggup menunjang kerja organ tubuh ikan, termasuk kinerja kedua sistem hormon tadi. Kinerja sistem endokrin yang optimal akan mempercepat proses pematangan gonad atau pematangan kelamin ikan. 


Jika proses pematangan gonad mampu berlangsung lebih cepat, maka proses reproduksi pun sanggup dipercepat. Dengan demikian, galat satu fungsi menurut pakan ikan merupakan buat mempercepat proses reproduksi dalam ikan.
Penambahan vitamin, terutama vitamin E ternyata dapat merangsang pematangan gonad. Vitamin E diketahui mempunyai fungsi buat mencegah oksidasi EPA (eikosapentanoic acid). EPA diubah sebagai prostaglandin yg berperan pada mempercepat pematangan gonad. 

Bersama menggunakan vitamin A yg berperan menjadi antioksidan, penambahan vitamin E juga akan mempertinggi fungsi PUFA (polyunsaturated fatty acid) yg diperlukan dalam proses pembentukan hormon. 


Selain itu, beberapa jenis bahan pembuatan pakan ikan yg bisa meningkatkan kecepatan proses pematangan gonad antara lain, udang, cumi-cumi, kerang, dan kepiting yg masih segar.

5. Fungsi Dari Pakan Ikan Untuk Perbaikan Metabolisme Lemak

Secara umum bahwa pakan ikan bertujuan buat memenuhi kebutuhan energinya berdasarkan protein. Dengan istilah lain bahwa ikan lebih mudah buat mencerna protein untuk membarui energinya dibanding dengan mencerna karbohidrat juga lemak. 

Kondisi akan pemenuhan protrein ini tentu saja bagi petani pembudidaya ikan kurang menguntungkan lantaran buat meningjkatkan nilai protein yang tinggi akan mengingat biaya buat memenuhi kebutuhan protein lebih mahal. 


Bagi pembudidaya ikan pemenuhaan akan nutrisi serta protein yang diberikan pada ikan melalui pakan akan lebih baik dipakai buat menopang pertumbuhan serta perkembangan ikan. 


Sementara itu, energi yang digunakan diperoleh dari hadiah lemak atau karbohidrat. Semisal Dari bahan misalnya Sayuran serta Tanaman Nabati.
Para peneliti dan pakar dalam bidang perikanan budidaya telah melakukan berbagai upaya penelitian menggunakan tujuan buat meningkatkan daya cerna ikan terhadap lemak serta karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energinya. 

Sehingga protein yang diberikan serta wajib disediakan menggunakan porto yang mahal dapat dipakai secara optimal buat menopang pertumbuhan ikan.

Dari output penelitian tersebut maka ada keliru satu bahan yang pada rekomendasikan dan dapat dipakai buat menaikkan kemampuan ikan dalam mencerna lemak buat memenuhi kebutuhan energinya adalah asam bile. 

Asam bile adalah cairan yg dihasilkan sang hati. Senyawa ini poly mengandung garam natrium serta garam kalium. 


Dalam proses pencernaan lemak, kedua jenis garam ini akan menurunkan tegangan permukaan lemak serta mengubah bentuk lemak sebagai bola-bola mini (micelle). 


Lemak berbentuk bola-bola kecil ini relatif larut pada air (membangun emulsi) sehingga mudah diserap sang tubuh.

Upaya lain buat mempertinggi daya cerna ikan terhadap lemak juga dapat dilakukan menggunakan penambahan jenis zat lesitin. Zat Lesitin adalah jenis lemak yg mengandung gliserol serta asam fosfat dimana termasuk senyawa yg baik.

Senyawa ini poly terdapat pada otak, kedelai, biji bunga mentari , jagung, dan kuning telur. 


Selain menjadi asal lemak, lesitin juga berfungsi buat menstabilkan lemak pada saluran pencernaan. Dengan kandungan gliserol yang tinggi, lesitin gampang dicerna sang ikan.

Penambahan jenis pengurai semisal mikroba jenis eksklusif jua diketahui bisa menaikkan kemampuan ikan pada mencerna lemak dan karbohidar. 

Selain dapat menguraikan lemak sehingga gampang dicerna oleh ikan, mikroba pula bisa membantu pencernaan karbohidrat dan protein. 


Beberapa pabrik pakan ikan telah menggunakan jenis dan bentuk mikroba yg dapat menaikkan pencernaan lemak dan karbohidrat dengan menambahkannya dalam formulasi pakan ikan. Dan Mikroba tersebut Masih Terus Untuk di kembangkan.

Sumber : Modul pembuatan pakan ikan protesis, BPPP Tegal.

Semoga Bermanfaat...

Comments