FUNGSI CAPASITOR PADA TWEETER


FUNGSI CAPASITOR PADA TWEETER - kali ini cara flexi akan membahas Seputar capasitor dalam tweeter.
Apa fungsi dalam capasitor tweeter?
Dalam bidang audio kita pasti tidak asing lagi menggunakan kata twitter atau tak jarang kita kenal menggunakan tribble. Dalam dunia audio umumnya renge frekuensi dibagi sebagai beberapa nama yaitu low mid bass dan tribble.
Nah kali ini kita akan membahas Seputar tweeter. Tweeter sangat penting peranannya pada mengeluarkan nada tinggi atau Hight. Sehingga apabila trible nir terdapat, frekuensi akan hilang dalam suatu renge high.
Komponen tweeter pada bagian input load speaker akan ada jenis capasitor yg berfungsi menjadi crossover pasif atau apabila menggunakan satu box seiring dipakai crossover pasif yaitu low mid dan high. Serta tweeter memakai nada high pada sistem pembagi crossover pasif.
Secara umum fungsi menurut capasitor dalam tweeter berfungsi memotong frekuensi rendah dalam suatu suara. Fungsi tweeter mengeluarkan nada tinggi sebagai akibatnya apabila terkena nada bass maka speaker tweeter umumnya akan pribadi mangkat atau tidak tahan usang. Sehingga krusial buat kita memilih berukuran capasitor dalam tweeter. Jika ingin tweeter membentuk nada tinggi yang cantik serta tweeter mampu awat.
Dalam menentukan ukuran capasitor sebuah tweeter kita harus mengetahui range frekuensi dalam komponen tweeter yang akan kita pasang baru kita mampu memilih berapa berukuran yg Aman serta pas untuk tweeter tadi.
FUGSI CAPASITOR TWITTER
Secara sederhananya begini, Semakin mini nomor capacitor maka semakin tinggi frequency yg dilewatkan oleh capacitor, dan kebalikannya semakin besar berukuran capasitor maka semakin rendah frekuensi yang dilewatkan capacitor ke tweeter.
Kemungkinan pengaplikasikanya tweeter di pakai dalam beberapa perangkat misalnya penggunaan pada audio Mobil, speaker aktif, dan profesional sound sistem.
1.    Penggunaan tweeter pada audio Mobil
Tweeter pada audio mobil umumnya sudah dilengkapi dengan capasitor menurut pabriknya sehingga tidak perlu lagi menambahkan capasitor sebagai crossover. Tetapi ada pula yang belum menggunakan capasitor.
2.    Penggunaan dalam speaker aktif
Pada speaker aktif umumnya memakai capasitor ukuran 1uf 50v atau elko. Ini tak jarang dipakai karena suaranya pas sesuai menggunakan spesifikasi load speaker yang digunakan. Seperti contohnya memakai twitter merek acr tipe PCT-2500. Menggunakan elko 1 uf 50v aman twitter tahan usang, tetapi bunyi yg didapatkan sangat tipis, jika ingin nada lebih rendah sanggup diganti dengan dua,2 uf contohnya, dengan konsekwensi twitter nir tahan usang. Tetapi pula tegantung tone control sebagaiman pengaturan nada yg baik akan mendukung kerja load speaker speaker aktif permanen awet.
3.    Penggunaan dalam high power/profesional audio sound
Suara yg lepas dalam nada high sangat diharapkan dalam sound sistem supaya bunyi seimbang dengan nada mid dan low. Penentuan capasitor pada tweeter high power sangat krusial buat memilih kualitas audio yang didapatkan dari paduan nada low mid high, dengan Harapan tweeter tetap awet. Nah buat mengurangi keruskan tweeter dipengaruhi pada pemilihan capasitor tweeter.
Cara menentukanya masih memakai sistem spesifikasi range frekuensi yang pada tuturkan jenis tweeter.
Tweeter umumnya bekerja antara range 500hz hingga 20khz dengan bunyi vocal masih terdengar ini umumnya mempunyai oleh speaker berkualitas contohnya RCF.
Namun apabila kualitas twitter hanya standar hanya memiliki range berdasarkan 1000 hz sampai 20khz akan sangat penting pada menentukan capasitor buat membatasi range mid masuk ke tweeter. Misalnya bunyi mid vocal yang umumnya range 500 hz padahal twitter yg kita pakai nir menjangkau range tersebut maka bila hingga masuk ke tweeter kemungkinan akan mengalami kerusakan. Oleh karenanya maka capasitor dikurangi. Begitu kebalikannya apabila renge twitter terlalu tipis maka ukuran capasitor di tambah. Misalnya menggunakan capasitor 4,7 uf bunyi vocal masuk dengan keras kemungkinan akan menyebabkan tweeter tidak awet. Maka mampu di kurangi menjadi tiga,3 uf. Menggunakan begitu suara renge yg nir seharusnya bisa terpotong demi menghemat aturan load speker tweeter yang boros. Ini nir berlaku dalam beberapa jenis speker yang berkualitas tinggi yg umumnya eksklusif pada suplay dari crossover pasif dari pembagian dalam box speaker.
Nah itulah citra fungsi capasitor pada load speaker tweeter. Semoga menjadi refrensi waktu kan memasang tweeter.

Comments