FAKTA DAN ASAL USUL TOKOH ANONYMOUS

Cara flexi ----Fakta serta Asal Mula Anonymous-Anonymous adalah kelompok Aktivis atau "Hacktivis" yg dibuat dalam tahun 2003. Para anggotanya dapat dibedakan di depan publik dengan mengenakan topeng Guy Fawkes atau yang biasa dikenal V for Vendetta. Pada tahun 2011, Majalah Time memasukkan nama "Anonymous" menjadi galat satu orang paling berpengaruh di dunia. (Wikipedia.org)

Anonymous dalam awalnya artinya kata menurut bahasa inggris yang mempunyai arti dalam bahsa Indonesia nya sebagai Anonim / Tidak Dikenal, tetapi nama tadi memiliki arti tidak sama di ranah internet / dunia digital, Anonymous ialah nama atau arti yang ditujukan kepada seorang / suatu individu / sekolompok / sekumpulan individu yg mempunyai kemampuan buat meretas atau membobol suatu sistem keamanan, baik itu keamanan pada suatu perangkat digital, situs / website, server, banking, ataupun hal lainya.

Nah lantaran kebanyakan berdasarkan aktivitas yang disebutkan diatas artinya ilegal / mampu dikatakan melanggar hukum, para hacker mengungkapkan pesan melalui video, demo ataupun menggunakan alternatif membutuhkan sebuah topeng buat melindungi identitas mereka pada hal ini Wajah / Muka. Disini dipakailah topeng Anonymous yang aslinya bernama topeng Guy Fawkes, serta topeng ini awalnya dari berdasarkan film berjudul V for Vendetta. Pemakaian topeng ini juga bukan tanpa sebab atau alasan yg tidak kentara, buat singkatnya didalam film V For Vendetta, orang beridentitas V atau Guy Fawkes ( Tokoh Utama ) adalah seorang yg berkeinginan menegakkan keadilan dan menumpas kekuasaan totaliter / kediktaktoran dari para penguasa yg sudah mengakibatkan kekacauan dan krisis dimana-mana. Dalam hal ini V atau Guy Fawkes mengenakan topeng buat menyembunyikan / melindungi identitas aslinya.  

Lebih Jelasnya Guy Fawkes pula dikenal menggunakan nama Guido Fawkes artinya pelaku peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Dia bersama anggotanya melakukan aksi tersebut lantaran ingin membunuh Raja James 1. Namun aksi Guy Fawkes serta sahabat-temannya berhasil di gagalkan oleh pihak keamanan kerajaan. Peristiwa pengeboman sekaligus penangkapan Guy Fawkes dan anggotanya terjadi dalam lima November 1605. Namun anehnya, penangkapan hanya di tunjukan pada Guy Fawkes, 30 anggotanya berhasil meloloskan diri. Peristiwa pengeboman besar itu di kenal dengan sebutan ‘’Peristiwa Bubuk Mesiu’’ atau ‘’ Gun Powder Plot’’. Untuk mengenang insiden tadi masyarakat inggris menggelar seremoni kembang apa setiap lepas 5 November. Topeng Guy Fawkes pula dirancang agar mirip dengan tokoh asli nya Guido Fawkes.


Dan hal ini lah yang ditiru para hacker / hacktivist, lantaran selain tampilan topeng Anonymous yg mengandung makna " senyum mematikan " hacker asli ( yang memang hacker ) memang seharusnya menutupi identitas orisinil lantaran saat melakukan sebuah aksinya pada internet, kehidupan mereka didunia konkret sedang dipertaruhkan. Jadi itulah dari usul topeng Anonymous yg dipakai para hacktivist buat membicarakan pesan - pesan mereka entah melalui video, demo dan alternatif. 

Jadi siapa atau apa sebenarnya Anonymous ini? Berikut empat fakta menarik serta jawaban atas pertanyaan tadi.

Dari mana berasal Anonymous?

Kelompok hacktivis paling ternama ini adalah murni produk berdasarkan internet, awal terbentuk bermula dari forum 4Chan (2003-2007). Lantaran forum ini bersifat sangat bebas, para anggota forum menjaga bukti diri diri mereka menggunakan tak jarang menggunakan nama akun "Anon".

Kelompok yang tergabung dalam lembaga tadi menerima ketenaran setelah melakukan sejumlah aksi yang aneh serta lucu, termasuk 'serangan' terhadap sebuah permainan anak-anak "Habbo Hotel" dimana sang hacker mengumumkan game global virtual tadi "ditutup karena gagal dan AIDS".

Seiiring berjalannya waktu, kemahiran menerobos sistem komputer orang lain yg dipakai buat aksi aneh serta kesenangan mulai menunjuk dalam aksi yg lebih berfokus, serta menggunakan keahlian mereka buat mempertahankan idealisme mereka terhadap dunia maya dan dunia nyata.


Apakah Anonymous mempunyai rencana politik?

Jawabannya bergantung pada siapa Anda bertanya, lantaran setiap anggota Anonymous bebas menganut ideologi mereka masing-masing.

Tak terdapat pemimpin yg memaksakan perintah menurut atas, yg berarti hacktivis sering memiliki kepentingan yg majemuk. Namun, kebanyakan Anons bersatu pada perang melawan penyensoran internet. Karena tidak adanya struktur hirarki pada tubuh Anonymous merupakan kunci berdasarkan sulitnya melacak identitas mereka.

Benarkah Anonymous hanya berisi sekumpulan anak muda?

Tidak. Diperkirakan bahwa sebagian hacktivis berusia antara 12 hingga 40 tahun, meskipun tetap saja tidak mungkin buat mendapatkan gambaran demografis yg jelas menurut Anonymous.
Selama deklarasi perang Anonymous terhadap ISIS, media sosial tak jarang membuat lelucon jika ekstrimis ISIS dikacaukan oleh 72 perawan yang dijanjikan menurut surga , merujuk pada anggapan banyak netizen bahwa anggota Anonymous hanyalah perpaduan para remaja. Pada kenyataannya, anggota Anonymous kemungkinan besar adalah para pekerja IT yang sudah berkeluarga.

Seberapa kuat Anonymous?

Mereka takkan membuat negara runtuh, tetapi mereka bisa memberi tamparan keras pada siapapun.

Senjata mereka antara lain kemampuan mengambil alih kendali serta menutup situs berdasarkan internet dan dengan strategi "doxxing", mereka mempunyai keterampilan membobol serta mengekspos bukti diri asli dari orang-orang yg mereka inginkan.

Apa hebatnya kemampuan tadi? Di dunia yg serba digital waktu ini, kemampuan hacking membawa dampak yang sangat signifikan. Anda bisa membaca kekuatan seseorang hacker sebenarnya pada sini : Perang Cyber: Hacker vs Hacker

Mereka sudah melakukan banyak operasi yg berhasil menciptakan kalang kabut poly pihak. Bahkan Anonynous memegang kiprah krusial dalam gerakan Arab Spring yang berhasil membuat perubahan geopilitik akbar di negara-negara Arab.

Selama perang melawan ISIS, kiprah paling penting mereka adalah waktu Anonymous berhasil membongkar orang-orang yang melakukan rekrutmen online, yg kemudian memungkinkan polisi buat menangkap mereka.

Kadang, pendukung Anonymous berkumpul di global nyata.  "Million Mask March" adalah salah satunya, dimana para pendukung Anonymous pada seluruh dunia melakukan gerakan demonstrasi massal sambil menggunakan topeng si anarkis, Guy Fawkes.


Sumber: en.wikipedia.org, mirror.co.uk

Comments