EXPERIMEN MEMPERBAIKI KERUSAKAN RAGULATOR TV CINA

CARA FLEXI - Bulan puasa di pekan pertama saya mendapat beberapa servisan TV denga keluhan yg bhineka.  Dari beberapa keluhan, hanya satu yg paling membuat iman puasa mau jebol, yaitu sebuah TV tanpa merek.

Awal cerita habis sahur, sholat subuh, planning memang berdasarkan malam aku ingin mengerjakan servis televisi tanpa merek ini setelah sahur. 

Kali pertama aku mendapat servisan televisi nir ada mereknya. Usut punya usut ternyata setelah aku buka Di dalam mesin televisi tersebut mirip dengan chasis TV Cina merek Wecom. 

Tabung gambar yg di pakai ukuran 17 inc. Nampaknya, terbuat menurut daur ulang monitor personal komputer . Terbukti dengan komponen pendukung Tabung nya terlihat ribet, dan terdapat 2  titik penekanan di Katoda. 

#Gejala yang Dikeluhkan User
Ketika TV dihidupkan MCB listrik tempat tinggal pribadi anjlok. Katanya telah pernah servis satu kali , akan tetapi beda keluhan. Keluhan yg dulu hanya layar tidak membuka ke atas serta ke bawah.

#Langkah pengecekan yang saya lakukan.

Langsung ke TKP,!  YAitu AC-Matic.
Pertama saya copot demper yg bernama D5038. Berulangkali transistor ini saya cek akan tetapi masih baik-baik saja.

Meninggalkan transistor ternyata terdapat yg mencurigakan dari capasitor berwarna biru yang terletak Di area colektor transistor D5038  berukuran 681k ( 2kv ) terlihat retak serta telah Pasti itu rusak.
Setelah penggantian dalam bagian C biru tersebut, saya coba memasang TR D5038 ,kemudian aku nyalakan.  Alhasil masih mati akan tetapi MCB nir anjlok. Agak lega. 

Muter-Muter kesana kemari sampai copot TR penguat emitor segala ,Di benak saya pun timbul sebuah inisiatif untuk mengubah TR D5038 tersebut dengan seri yg lebih besar .
,yaitu seri TR ragulator D4998.

#Ekseperimen yang Berhasil

Setelah penggantian transistor  D5038  menggunakan D4998 perseteruan terselesaikan. TV menyala dengan normal. Meskipun dulu Pernah bermasalah satu garis horizontal.
Slesai bayaran.

Tetapi yang sebagai pertanyaan "apa yang mengakibatkan kerusakan dalam AC-Matic tersebut?"Jelas bahwasanya capasitor biru berukuran 681k/2KV retak bisa mengakibatkan tidak berfungsinya TR D5038 atau bisa juga menyebakan short.  Tapi Setelah pada ganti capasitor menggunakan yang sama transistor D5038 nir berfungsi.
 
Menurut aku jika gak galat merupakan TR D5038 1/2 short.
Demikian kawan cerita saya di bulan romadhon menangani televisi mangkat . Ketika di hidupkan MCB listrik Di rumah eksklusif anjlok. 
 
Bila ada pendapat tentang permasalahan ini bisa Di postkan di komentar.
.

Comments