EKSPERIMEN MENGGANTI DEVLEKSI YOKE LAYAR 21 INC DENGAN 14INC

CARA FLEXI - Kali ini aku mendapat servisan TV Digitec Canghong layarnya ukuran 21 inci dengan keluhan layar bergetar dan menyempit tersisa layar lebih kurang lima inc. Setelah aku coba nyalakan, bahwa yang dikeluhkan benar terjadi, akan tetapi ada yang aneh yaitu terdapat asap yg mengepul di sela-sela casing TV dan berbau khas persis seperti plastik terbakar.

Dengan penuh duga, firasat aku mengatakan bahwa ini merupakan bau spesial devleksi yoke yang terbakar. Hal ini terbukti, Setelah aku coba membuka defleksi yoke terdapat satu bercak berwarna hitam.  Dengan syarat terbakar serta telah terdapat yg terputus.
Dengan demikian sayapun bergegas mencari yoke pada persediaan saya. Lantaran tidak terdapat yg sama persis, aku menerima sebuah yoke bekas TV 14 Inci yang kebetulan lubang leher tabungnya sama menggunakan Digitec 21 Inc.
Saya pikir ini merupakan eksperimen aku pertama kali mengganti penyimpangan yoke 21Inc dengan 14 Inc. Coba coba ini ceritanya.


Setelah pemasangan dengan penuh keyakinan TV pun aku nyalakan,  kemudian apa yg terjadi?, yup TV menyala normal nir terdapat pertanda kelebaran layar. Demper pun panas normal. Tapi kesalahan aku adalah mencopot cincin konvergensi tidak hati-hati sebagai akibatnya tampak gambar warna yang berhimpit. Yah, sudah aku menyerah jika setting Hal ini seharianpun sayang tetap gak nemu setingan yang pas. Hal ini saya jadikan pelajaran besok bila menemukan kerusakan seperti membokar komponen pendukung tabung.
Demikian eksperumen pertama aku menangani yoke yg terbakar dan mengganti dengan yoke yang sama lubang leher tabungnya tapi impedansinya sedikit tidak selaras yang penting Demper normal serta vertikal normal juga. Saya bahkan tidak mengukur impedansinya berapa.

Jadi kesimpulanya merupakan sbb;

1. Mengganti yoke TV 21 inc sanggup asalkan lubang leher tabung sama akbar,dan jenis tabung sama sama konveks. 

2. Penggantian yoke 21'mampu menggunakan bekas tabung TV 14 INC asalkan Demper horizontal dan vertikal panas normaal, ini mengindikasikan bahwa mereka tidak kelebihan beban. Dan yg nir kalah penting layar juga wajib normal.

3. Hati hati saat mencopot cincin konvergensi yg terdapat di belakang yoke jangan hingga bubar. Jika bubar yah sudahlah mungkin sanggup di setting ulang bila sanggup.

Entah kebetulan atau pasti. Yang penting TV bisa menyala normal sampai kini . Itu sedikit catatan aku hari ini semoga menjadi ingat di lalu hari. See you!!

Comments