DEWI ERIS DAN APEL EMAS SEBUAH MITOS YUNANI

Eris,dewi Yunani merupakan dewi berdasarkan kekacauan, perselisihan dan pertengkaran. Diaadalah putri Zeus dan Hera, Menurut mitos lainnya, beliau adalah putri Nyx (malamgelap) saja. Kebalikannya merupakan Harmonia. Dia mempunyai seseorang anak laki-laki ,Strife, yg dia bawa ketika dia menaiki kereta buat berperang beserta Ares.
Erismemainkan kiprah krusial pada peristiwa yg akhirnya mengakibatkan Perang Troya.semua Olympians sudah diundangke pesta pernikahan Peleus dan Thetis, yg akan menjadi orang tua Achilles;Namun, Eris tidak diundang, lantaran kecenderungannya buat menyebabkanperselisihan. Sebagai sarana balas dendam, Eris menjatuhkan Apel emas ke dalam pesta tersebut, yang memiliki kata-kata To The Fairest Oneyang tertulis pada atasnya. Hera, Athena serta Aphrodite mulai bertengkar mengenaisiapa apel itu, Zeus menunjuk Paris, Pangeran Troy, sebagai orang yang harusmenyelesaikan perselisihan tadi. Para dewi memperlihatkan berbagai hadiahkepada Paris, namun akhirnya dia menentukan Aphrodite, yg menjanjikannya menjadiwanita paling anggun di dunia.

Jadi,pertanyaan langsungnya merupakan, siapa yang pantas mendapatkan rabat butir yangtak tertahankan ini? Haruskah Aphrodite, dewi cinta serta kecantikan, dapatkanapelnya? Atau haruskah Hera, Ratu Olimpus, menang? Atau mungkin Athena, dewikebijaksanaan bermata kelabu, seharusnya mendapat hadiahnya. Lantaran merekasemua merupakan dewi anggun, ini bukan keputusan yang mudah.
Untukmenghindari pemandangan yang jelek, seorang fana bernama Paris dipilih untukmemutuskan siapa yg seharusnya memiliki apel emas. Tergoda sang tawaranAphrodite mengenai perempuan fana yg paling anggun, Paris memberikan hadiahkepada dewi cinta. Sayangnya, Helen (perempuan terindah) telah menikah. Dan dariacara yg tampaknya kecil ini - sebuah apel dilemparkan ke pesta pernikahan -Perang Troya yang terkenal dimulai. Eris kentara melakukan tugasnya untukmenciptakan perselisihan sedikit terlalu baik.
Setelahitu Paris memproklamasikan bahwa Aphrodite merupakan dewi paling anggun (karenaHelen), Athena serta Hera sebagai sangat murka di Paris lantaran nir memilihmereka sebagai dewi yang paling indah. Athena dan Hera bertengkar menggunakan Aphrodite.aphrodite sebagai sangat murka pada Athena dan Hera. Jadi, Aphroditemengumumkan Perang Troya. Athena serta Hera berpihak dalam orang Yunani sementaraAphrodite memihak Paris. Eris mengendarai kereta dengan Ares dan Enyo disamping keretanya. Eris berpihak Aphrodite. Tujuan primer Eris adalah melindungiputra Venus serta royalti Trojan, Aeneas. Aeneas melarikan diri menurut perangkemudian menemukan Roma. Setelah perang usai, Athena dan Hera membenciAphrodite.
wikipedia : Eris (mitologi)
Kisah Apel Emas (Sebuah MitosYunani)

Dahulukala, Ratu Hecuba menurut Troy bermimpi. Ratu sedang hamil saat itu, dengan penuhsemangat menunggu kelahiran anak pertamanya. Tapi suatu malam beliau bermimpi diamelahirkan sebuah obor menyala. Ketika beliau memberi tahu suaminya, King Priam,beliau menjadi khawatir serta memanggil putra tertuanya, Aesacus, si pelihat, untukmemberi memahami beliau maknanya.
"Anakmuyang baru lahir akan menjadi penyebab jatuhnya Troy," istilah Aesacus."Dia harus dibunuh buat menyelamatkan orang-orang kita."
Saatbayi laki-laki bernama Paris, lahir, Hecuba dan Priam menatap matanya danbertempur melawan ketakutan mereka. Mereka memahami mereka wajib membunuhnya, tapimereka tidak tahan serta tega buat melakukannya. Raja Priam memanggil pendetautamanya, Agelaus, buat melenyapkan Paris.
Agelausmembawa bayi itu ke Gunung Ida yang sepi. Sesampai di sana, beliau tidak melaksanakantugasnya lantaran beliau nir sanggup membunuh bayi ini, jadi beliau meninggalkan Pariskecil di sana, sendirian, di padang gurun, kemungkinan dari dia pasti akanbinasa.
Tapimalam itu seekor beruang menemukannya serta memberikan kasihan padanya. Diamembuatnya selamat sepanjang malam. Di pagi hari, ketika Agelaus kembali keGunung Ida, dia mendapati anak itu hayati serta aman. Dia menduga ini sebagaitanda: Anak itu dimaksudkan buat hidup. Jadi, secara misteri, Agelaus membawaParis ke rumahnya buat membesarkan anak itu menjadi anaknya sendiri.
Paristumbuh sebagai seseorang pemuda agung, gagah, cantik, cerdas dan bijaksana,dicintai oleh perempuan dan pria. Dia sering berjudi, mengadukan  bantengnya melawan banteng jantan lainnya,supaya mendapatkan hibah.
Suatuhari, dia memberikan sebuah tantangan: bantengnya akan melawan banteng siapapun buat berperang. Pemenang akan mendapat mahkota emas.
KetikaAres, dewa perang, mendengar ini, dia mengganti dirinya menjadi seekor bantengdan mendapat tantangan itu. Tentu saja, Ares dengan mudah menang, serta Parismembuktikan betapa adilnya dia ketika dia menggunakan mudah mendapatkan mahkota Ares.
Dengancara itulah para yang kuasa mulai mengerti bahwa Paris merupakan seorang laki-laki yangmenepati janjinya, dan inilah bagaimana dia menjadi hakim buat salah satukontes paling luar biasa yg pernah dilancarkan.
Sementaraitu, pada Olympus, tempat tinggal para yang kuasa, Zeus merencanakan pesta pernikahan untuknimfa bahari, Thetis, serta kekasihnya, raja Peleus yg fana. Zeus mengundangsemua ilahi dan dewi kecuali dewi Eris. Ini lantaran dimanapun dewi Eris, sangdewi perselisihan itu pulang, beliau hanya menimbulkan kekacauan dan kesengsaraan.
TapiEris mengetahui pesta pernikahan itu, dan dia sangat marah. Di tengahkegembiraan pernikahan itu, beliau menyerbu masuk ke aula besar dan melemparkansebuah apel emas ke kerumunan. Apel itu bertuliskan kata kallisti, yg berarti"untuk yang paling manis."


Tentu,setiap dewi bergegas maju buat mengklaim buahnya. Segera mereka berdebat danmemperebutkan apel itu, namun pada akhir pertempuran kacau ini, hanya 3 dewiyang tersisa: Aphrodite (dewi kecantikan), Athena (dewi kebijaksanaan danperang), dan Hera (dewi pernikahan) istri Zeus.
Ketigadewi berpaling dalam Zeus serta mengatakan, "Anda wajib memilih siapa yangmendapatkan apel emas? Manakah berdasarkan kita yang paling anggun?"
Zeusmengerti bahwa tidak peduli wanita mana yg dipilihnya, 2 lainnya akanmenciptakan kesedihan yg mengerikan. Maka beliau tetapkan bahwa masalahnyaakan diputuskan sang hakim paling adil pada negeri ini. "Gembala Paris dariTroy akan memilih dewi yg paling anggun," Zeus memproklamirkannya.
Zeusmenginstruksikan anaknya, Hermes oleh utusan, buat memimpin dewi ke GunungIda. Saat Hermes menyebutkan tugasnya, Paris nir mampu menolak. Tidak terdapat yangmenolak perintah menurut Zeus. Maka dia berdiri di hadapan dewi, memeriksa dengansaksama masing-masing, bertanya-tanya bagaimana mungkin dia bisa memutuskannya.
Paradewi mulai menawarkan suap. "Saya mampu mengakibatkan Anda raja Eropa danAsia," kata Hera. "Pilih saya serta Anda akan termasuk orang palingkuat di bumi."
Athenamelangkah maju ke depan. "Saya akan memberi Anda kebijaksanaan, dan sayaakan mengakibatkan Anda prajurit terbaik yang pernah hidup."
Terakhiruntuk maju adalah Aphrodite. Dia telah menaikkan daya tariknya denganbunga-bunga berserakan pada rambutnya. Dia menatap pemuda ganteng itu."Paris," ucapnya, "Saya menawari Anda bantuan gratis yg paling menarikdari semuanya Saya menawari Anda cinta Helen dari Sparta, wanita fana terindahdi global, akan jatuh cinta pada Anda Saya akan memastikan beliau nir dapatmenolak daya tarikmu. "
Helenterkenal menggunakan kecantikannya yg luar biasa, serta selama bertahun-tahun diamemiliki pelamar kemampuan luar biasa - pria menggunakan kekuatan dan kebijaksanaandan kekuatan. Itu adalah ayahnya, Tyndareus, yang akhirnya menentukan suaminya:King Menelaus menurut Sparta.
KetikaHelen serta Menelaus menikah, Tyndareus mengeluarkan sebuah janji menurut semuamantan pelamar tadi, menuntut agar mereka melindungi dan mempertahankanpernikahan putrinya menggunakan Raja Menelaus selamanya. Masing-masing pelamarbersumpah mereka akan selalu membela pernikahan ini.
Tapidi Gunung Ida, Paris tidak mampu menolak tawaran Aphrodite. Dia menyerahkan apelemas Eris padanya. Dan saat beliau menggerebek tempat tinggal Raja Menelaus dan mencuriHelen ke Troy, beliau mendapat hadiah afeksi milik Aphrodite.
Padasaat Raja Menelaus menemukan ratunya sudah pulang, dia memanggil seluruh mantanpelamarnya. Setiap orang melangkah maju serta bersumpah buat mengembalikan Helenke Sparta, nir peduli apa yg terjadi. Tanah Troy akan hancur!

Danbegitulah karena Eris dan apel emas itu maka Perang Troya yg panjang danmengerikan akan dimulai.

Comments